Berita Wisata

Mengunjungi Tujuh Air Terjun di Curug Cilember Bogor yang Dipercaya Sebagai Tempat Pemandian Putri Prabu Siliwangi

Liputan6.com, Bogor – Kota Bogor memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Salah satu destinasi wisata alam yang dimiliki kota ini adalah Curug Cilember.

Curug Cilember terletak di Desa Cilember, tepatnya di Jalan Raya Puncak No KM 15, Kecamatan Megamendung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Seperti namanya, tempat wisata ini menawarkan keindahan dan kesegaran wisata air terjun.

Awalnya, Curug Cilember bukanlah tempat wisata. Pada tahun 2000-an, air terjun ini mulai dibuka untuk umum dan hingga saat ini menjadi salah satu tujuan wisata di Bogor yang paling banyak dikunjungi.

Curug Cilember memiliki daya tarik utama yang cukup menarik yaitu adanya tujuh air terjun. Ketujuh air terjun ini berada di tempat yang berbeda.

Jarak air terjun satu dengan air terjun lainnya sekitar 150 hingga 800 meter. Untuk dapat berpindah dari satu air terjun ke air terjun lainnya, Anda harus mendaki terlebih dahulu.

Tak hanya jumlah air terjunnya saja, tempat wisata Bogor ini juga memiliki legenda. Konon, tempat wisata ini dulunya merupakan tempat pemandian putri-putri Kerajaan Siliwangi.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya beberapa makam keramat keturunan Prabu Siliwangi yang berada di atas lokasi air terjun. Ada juga kepercayaan bahwa orang yang mandi di air terjun akan awet muda, mudah menikah, dan bisa sembuh dari penyakit.

Selain keindahan air terjunnya, destinasi wisata ini juga terasa lebih sejuk dengan hutan pinus yang asri. Saat memasuki kawasan wisata Curug Cilember, pengunjung akan disambut oleh taman hutan raya Agathis seluas 2 hektar yang di dalamnya terdapat hutan pinus.

Beberapa pohon pinus ini bahkan sudah berumur puluhan hingga ratusan tahun. Lokasi hutan pinus bisa Anda gunakan sebagai tempat perkemahan.

Tak hanya itu, Curug Cilember juga memiliki taman konservasi kupu-kupu. Taman ini menjadi tempat penangkaran puluhan spesies kupu-kupu dalam bentuk kubah jaring raksasa dengan konsep ketat. Taman seluas 500 meter ini juga ditumbuhi bunga.

Untuk menambah kelengkapan perjalanan Anda, di sini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menantang. Anda dapat memainkan berbagai wahana keluarsebagai rubah terbangmemanah, selancar layang, target tembakdan lain-lain.

Pengarang: Resla Aknaita Chak

Rencana pembukaan atraksi cahaya sebagai bagian dari proyek wisata Glow night di Kebun Raya Bogor di Jawa Barat menuai kritik. Lima mantan Kepala Kebun Raya Bogor yakni Made Sri Prana, Usep Soetisna, Suhirman, Dedy Darnaedi, dan Irawati bahkan pernah menerbitkan…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button