Berita Wisata

Menikmati Kesegaran Ciblon di 9 Mata Air Alami Sendang Senjoyo Semarang

Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang memiliki sirkuit air yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, namanya Sendang Senjoyo. Mata air ini tepatnya berada di Jalan Senjoyo IV, Boto, Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk pengelolaannya, Wisata Senjoyo didukung oleh Pemdes setempat.

Sendang Senjoyo memiliki sembilan mata air. Air dari setiap mata air sangat jernih sehingga dasar mata air terlihat jelas.

Mata air ini diapit oleh rerimbunan pohon tinggi berumur seabad, di tengah mata air terdapat petilasan yang ramai dikunjungi orang pada hari-hari tertentu. Suasana alam sangat terasa ketika sesekali terdengar suara jangkrik dari rimbunnya pepohonan.

Tak hanya jernih, kolam air dinginnya pun menyambut pengunjung. Ada juga kolam yang dipenuhi ratusan ikan warna-warni. Ikan-ikan tersebut sengaja dipelihara untuk menambah daya tarik wisatawan.

Pengunjung Sendang Senjoyo tidak hanya warga lokal. Namun banyak juga yang berasal dari daerah sekitarnya, seperti kota Salatiga, Boyolali dan Semarang. Mereka datang secara massal untuk menikmati kejernihan mata air.

Pemantauan detikJateng di mana terlihat pengunjung datang dan pergi. Dari pagi hingga malam, pemandian Senjoyo tidak pernah sepi. Meski hujan, masih ada pengunjung yang datang. Pengunjung yang datang pun sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Sumber Senjoyo, Tegalwaton, Kabupaten Semarang.Sumber Senjoyo, Tegalwaton, Kabupaten Semarang. Foto: Ria Aldila Putri/ detikJawa Tengah

Pihak pengelola spa juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang rekreasi. Mulai dari ban karet, ruang ganti dan laundry, hingga warung yang menawarkan aneka jajanan dan makanan.

Sendang Senjoyo sendiri terdiri dari 3 kolam besar. Kolam pertama berukuran kurang lebih 5 meter kali 10 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Lalu ada kolam sekitar 30 meter persegi dengan kedalaman 1 meter berisi ratusan ikan. Pengunjung bisa berenang dan bermain dengan ikan di kolam.

Lalu ada kolam seluas 50 meter persegi yang bisa digunakan untuk kano dan bebek.

Menariknya, pengunjung bisa menikmati jajanan dan duduk-duduk di tengah sungai yang membelah umbul Senjoyo.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya….

Simak video “Cerita Warga Terdampak Banjir Bandang Semarang, Properti Laku”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button