Tempat Wisata

Menikmati kesejukan hutan pinus di Wana Wisata Desa Ciherang Sumedang

Jawa Barat rupanya punya surga tersembunyi yang tiada habisnya. Kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata alam yang masih tergolong baru yaitu objek wisata Desa Ciherang di Sumedang Jawa Barat. Berkat viralnya penyebaran di media sosial, kawasan wisata ini semakin populer.

Tempat wisata di Desa Coherang ini sebenarnya sedikit berbeda dengan tempat wisata alam lain yang ada di Jawa Barat. Lokasinya memang cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas kepenatan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari dengan menikmati indahnya hutan pinus tinggi dan sejuknya udara pegunungan.

Awal mula berdirinya kawasan wisata Desa Ciherang bermula dari kekhawatiran warga sekitar akan kehadiran kendaraan offroad liar yang menyerbu kawasan hutan pinus, sehingga terciptalah taman alam di dalam hutan tersebut.

Melihat permasalahan tersebut, Perum Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sedang mencari investor yang bersedia bekerja sama dengan masyarakat untuk mengembangkan kawasan wisata ramah lingkungan.

Ternyata jumlah pengunjung kawasan wisata Desa Ciherang sejauh ini meningkat di luar dugaan. Oleh karena itu, manajemen akan mempercepat pembangunan berbagai fasilitas tersebut. Pada saat artikel ini ditulis, pembangunan fasilitas tersebut baru selesai sekitar 50%.

Banyaknya pengunjung melebihi ekspektasi pengelola pariwisata. Rupanya objek wisata Ciherang ini sudah viral di berbagai media sosial. Dan banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah seperti bekasi, tangerang, bandung. Rata-rata mereka datang karena mendapat informasi dari media sosial.

Selain pemandangan alam yang indah, pihak pengelola juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat memacu adrenalin Anda seperti: keluar, motorcross miniAtraksi air, persewaan berkuda, rumah pohon, taman bermain anak, Tempat selfiedan paviliun. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan toilet bersih dan musala bagi pengunjung muslim.

Selain pilihan permainannya yang banyak, bagi yang suka bermain air juga terdapat beberapa kolam yang airnya sangat jernih, karena air di sini berasal dari pegunungan yang jauh dari polusi, maka tak heran jika ini adalah air yang sangat jernih. kasusnya sangat segar.

Di kawasan ekowisata Kampoeng Ciherang, pengunjung diperbolehkan membawa makanan dari laut. namun bagi yang tidak membawa bekal. Di sini juga banyak terdapat warung makan yang memanjakan perut Anda. Di sini juga banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Ciherang.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berbeda, Pengelola Wisata Kampoeng Ciherang memperbolehkan pengunjung untuk berkemah di tempat wisata tersebut. Pengunjung diperbolehkan membawa perlengkapan berkemah sendiri. Atau, jika Anda ingin menghindari kerepotan, pengelola akan menyediakan perlengkapan berkemah yang bisa Anda sewa untuk perjalanan ke pegunungan.

Rekomendasi wisata

Biaya masuk kawasan wisata Desa Ciherang relatif murah, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang, sudah termasuk asuransi. Ini belum termasuk tempat parkir antara 5.000 dan 7.500.

Diharapkan ke depannya pemerintah daerah memperhatikan akses jalan menuju ekowisata di Ciherang, karena ekowisata ini memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Sumedang khususnya bagi warga sekitar ekowisata di Kampoeng Ciherang.

Source: piknikasik.com

Related Articles

Back to top button