Berita Wisata

Menikmati Kesunyian di Pantai Pudak, Blitar Selatan

Blitar memiliki banyak destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Dengan pemandangan dan atraksi yang berbeda, mengunjungi semua pantai di Blitar tidak akan membuat Anda bosan. Salah satu pantai yang menjadi permainan tersembunyi atau surga tersembunyi di Blitar adalah pantai Pudak Blitar.

Berkunjung ke Pantai Pudak Blitar tidak akan membuat Anda menyesal, karena pantai ini selalu sangat indah dan menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang.

Nah, sebelum berkunjung ke Pantai Pudak Blitar, yuk baca dulu beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Pantai Pudak!

1. Sekilas Tentang Pantai Pudak

Menikmati Kesunyian di Pantai Pudak, Blitar SelatanPantai Pasir Putih Pudak (Instagram/kentonganblitar)

Pantai Pudak merupakan salah satu pantai yang terletak di Blitar Selatan yang memiliki pemandangan indah karena belum terjamah oleh tangan manusia. Pantai Pudak memiliki keindahan alam yang menawan dengan suasana yang tenang, sehingga nyaman untuk dijadikan tempat menenangkan diri dan mencari inspirasi.

Pantai Pudak tidak terlalu luas, namun memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang biru. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi. Meski jalan yang harus ditempuh untuk mencapai Pantai Pudak tidaklah mudah, namun pemandangan alam yang tersaji di pantai ini dijamin akan membayar segala pengorbanan untuk sampai ke Pantai Pudak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bumi Perkemahan di Blitar, Dari Lereng Gunung hingga Pantai

2. Lokasi dan Rute Menuju Pantai Pudak

Menikmati Kesunyian di Pantai Pudak, Blitar SelatanAkses Jalan Pantai Pudak (Instagram/fani.cahya)

Secara administratif, Pantai Pudak terletak di Ds. Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Bagi yang belum tahu, desa Ngadipuro berada di sebelah selatan desa Ngeni jika melewati Sutojayan atau Lodoyo.

Jalan menuju Pantai Pudak dari arah Kota Blitar bisa langsung menuju selatan menuju Lodoyo – Ngeni – Ngadipuro. Akses jalan menuju desa Ngadipuro cukup mudah. Namun, setelah sampai di Desa Ngadipuro menuju pantai, medan yang akan ditempuh akan cukup sulit.

Anda harus melintasi sawah, hutan, jalan berbatu. Pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju lokasi Pantai Pudak. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, pengunjung harus memarkirnya di warga desa Ngadipuro kemudian berjalan kaki sekitar 15 menit.

3. Jam Operasional, Tiket Masuk dan Fasilitas

Menikmati Kesunyian di Pantai Pudak, Blitar SelatanPengunjung Pantai Pudak (Instagram/satria_yogi69)

Pantai Pudak merupakan pantai yang belum banyak dijamah orang, sehingga tidak ada batasan jam buka. Untuk memasuki tempat ini tidak memerlukan tiket alias gratis.

Namun sayang Pantai Pudak belum memiliki fasilitas, baik kamar mandi maupun penjaja. Sehingga akan mengurangi kenyamanan pengunjung untuk berwisata ke Pantai Pudak.

4. Atraksi dan aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Pudak

Menikmati Kesunyian di Pantai Pudak, Blitar SelatanBerkemah di Pantai Pudak (Instagram/davidindr_)

Pantai Pudak merupakan pantai yang masih sangat asri karena belum banyak yang menjamahnya. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dan pasir putih bersih dengan tekstur yang lembut, sehingga sangat nyaman untuk bermain atau berlari tanpa alas kaki di atas pasir. Hamparan Pantai Pudak juga tidak terlalu luas, sehingga akan memudahkan pengunjung untuk mencapai ujung pantai ini.

Berkunjung ke Pantai Pudak di hari biasa akan membuat Anda serasa mengunjungi pantai pribadi karena hampir tidak ada orang yang datang ke pantai ini. Namun, pada akhir pekan, pantai ini biasanya hanya akan dikunjungi oleh beberapa orang saja.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini antara lain berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi pantai, bermain, berbaring atau berjemur di pasir pantai hingga camping. Anda juga bisa bermain air di pantai, namun pastikan airnya surut terlebih dahulu. Saat air surut, Anda juga dapat melihat hewan laut kecil seperti kepiting, bintang laut, bulu babi, kelomang, kerang dan ikan-ikan kecil di sekitar terumbu karang.

5. Tips Berkunjung ke Pantai Pudak

Menikmati Kesunyian di Pantai Pudak, Blitar SelatanPengunjung bersantai di Pantai Pudak (Instagram/apandis_s)

Sebelum ke Pantai Pudak, sebaiknya perhatikan tips mengunjungi Pantai Pudak berikut ini.

  • Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat jika Anda masih tidak tahu bagaimana menuju ke Pantai Pudak.
  • Gunakan kendaraan roda dua agar tidak perlu berjalan kaki lagi untuk sampai ke pantai.
  • Pantai Pudak sangat panas di siang hari dan hanya beberapa tempat yang teduh, sehingga membawa penutup kepala atau tabir surya akan sangat membantu.
  • Gunakan sandal gunung atau sandal non-slip lainnya untuk tracking.
  • Saat ombaknya besar atau airnya tinggi, jangan berenang meski tepat di pantai.
  • Bawa makanan dan minuman sendiri karena di Pantai Pudak tidak ada warung.
  • Jaga kebersihan Pantai Pudak agar nyaman untuk dikunjungi kembali.

Demikian informasi terkait Pantai Pudak Blitar yang juga merupakan surga permainan destinasi tersembunyi di pantai selatan. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya juga?

Baca Juga: Intip 5 Daya Tarik Destinasi Wisata Pantai Jolosutro Blitar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button