Berita Wisata

Meninggalkan Kontingen Porwanas XIII Jatim, Gubernur Doakan Sukses Acara dan Prestasi

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa resmi melepas kontingen Jatim pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 yang akan digelar di Grand Malang, 21-27 November 2022. Khofifah berharap Jatim sukses tidak hanya dalam pengorganisasian, tetapi juga dalam keberhasilan.

Acara pelepasan kontingen Jatim digelar di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (19/11) siang. Dalam Prosesi Pelepasan Atlet Jatim untuk Porwanas, Gubernur Khofifah menyerahkan spanduk Jer Basuki Mawa Beya kepada Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil sedangkan bendera Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diserahkan kepada Presiden. PWI Jawa Timur Lutfil Hakim.

Dalam sambutannya, Khofifah berharap Jatim menjadi tuan rumah yang baik. Hal ini memberikan pelayanan terbaik kepada kontingen dari daerah lain. “Selain itu, karena Jatim juga mengirimkan kontingen, kami berharap pelaksanaannya berjalan dengan baik, seluruh proses Porwanas berjalan dengan baik dan kita harapkan hasil yang terbaik. Jatim juara umum,” ujar Khofifah yang disambut dengan tepuk tangan dari para atlet, pelatih dan ofisial kontingen Jawa Timur.

Porwanas XIII 2022 akan mempertandingkan sepuluh cabang olahraga dan karya tulis serta foto jurnalistik. Mulai dari sepak bola, futsal, esports, atletik, catur, bridge, badminton, tenis lapangan, tenis meja, billiard. Serta pameran tenis meja Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

FOTO BERSAMA: Gubernur Khofifah Iindar Parawansa berfoto bersama kontingen Porwanas Jatim saat pelepasan di pelataran Gedung Negara Grahadi, Sabtu (19/11) (ISTMEWA/JATIM PR)

“Saya berharap semuanya berjalan baik dan sukses. Selain memberikan yang terbaik untuk Jawa Timur dan Indonesia. Mari kita lepaskan kontingen Jatim dengan Basmalah,” kata Gubernur Khofifah.

Sementara itu, Presiden PWI Jatim Lutfil Hakim menjelaskan Porwanas XIII 2022 akan mempertemukan 2.200 atlet dan official dari seluruh Indonesia. Ini belum termasuk kelompok sorak yang diperkirakan mencapai ribuan.

Kontingen PWI Jatim sendiri diperkuat 109 atlet dan akan mempertandingkan 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, serta lomba karya tulis dan foto jurnalistik, serta pameran IKWI. Kontingen Jatim akan dipimpin oleh Ketua DPRD Jatim sebagai komandan kontingen.

Lutfil menambahkan, Porwanas XIII 2022 bukan sekadar ajang olahraga bagi jurnalis. Sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata Jawa Timur. Pasalnya, selama gelaran Porwanas XIII 2022 yang digelar mulai 21 hingga 27 November 2022, juga akan digelar pameran produk UMKM di Kota Wisata Batu dan Kota Malang.

Akan ada area karaoke terbuka. Serta sejumlah kios yang menjajakan berbagai oleh-oleh khas Malang dan Jawa Timur. Yang nantinya bisa ditangani oleh kontingen dari daerah lain. Selain itu, ada juga warung yang menawarkan paket wisata.

“Kebanyakan dari mereka adalah perjalanan yang terorganisir. Karena Malang Raya memiliki GDPR (Produk Domestik Regional Bruto) sekitar seperempat persen dari kontribusinya ke provinsi. Ini didukung oleh pariwisata dan agrowisata,” jelas Lutfil.

“Kemudian ada paket investasi pariwisata. Agar event ini membawa keberkahan bagi perputaran ekonomi. Tidak hanya di masa kini, tapi juga di masa mendatang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim Muhammad Nabil mengatakan akan memberikan dukungan sebesar-besarnya kepada PWI Jatim untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional Wartawan (Porwanas).

“KONI Jatim mendukung dan telah membantu penuh PWI Jatim dalam pelaksanaan Porwanas XIII, baik untuk kontingen maupun pelaksanaan. Mudah-mudahan nanti atlet Jatim bisa meraih medali seperti yang diharapkan,” kata Nabil. (rak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button