Berita Wisata

Meninjau dermaga di Pantai Kalibaru, Heru mengatakan masih banyak yang harus diperbaiki

Jakarta: Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau tanggul pantai di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Heru membenarkan proyek tersebut Pembangunan Pesisir Terpadu Ibu Kota Negara (NCICD) terus bekerja untuk mengatasi banjir rob di wilayah pesisir.

“Hari ini kita berdiri di Kalibaru berjarak 3,5 km, ini akan dilanjutkan nanti. Memang ada titik-titik yang agak sulit seperti di Muara Angke dan nanti akan kita diskusikan dengan masyarakat,” kata Heru kepada tim pers venue, Jumat. 20 Januari 2023.

Meski sudah rampung, Heru menilai sejumlah sarana dan prasarana masih perlu diperbaiki. Diantaranya, pelelangan dan penimbunan air sementara atau polder mini di tanggul laut pantai Kalibaru.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

“Tempat pelelangannya perlu diperbaiki. Lalu area parkir air yang perlu disempurnakan atau mini polder. Lagi-lagi mini polder itu untuk penampungan air sementara, masih ada bangunan kiri kanan. Tolong jaga mini polder juga,” katanya.

Ia mengatakan, pembangunan tanggul pantai Kalibaru sebenarnya sudah selesai. Namun, masih dibersihkan untuk area sekitarnya. Setelah itu pembangunan tanggul pantai dilanjutkan ke arah Penjaringan, Muara Angke, hingga pemukiman warga Kali Adem.

“Pembangunan breakwater pantai Kalibaru sudah selesai, tinggal cerobongnya saja. Tinggal lanjut ke Penjaringan, Muara Angke, hingga Perumahan Kali Adem,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu.

Heru mencontohkan, dalam proyek NCICD ini terdapat dua tahapan, yakni tahap pembangunan pemecah gelombang pantai dan tahap pembangunan pemecah gelombang raksasa.

“Namanya NCICD, ada pembangunan tanggul pantai dan ada NCICD yaitu tanggul di tengah laut, namanya tanggul pantai di Kalibaru yang waktu itu saya penyataan peresmian waduk di bogor merupakan tugas pemerintah daerah sekitar 22 km. Sekarang sudah dilaksanakan, sampai tahun 2027 nanti,” ujarnya.

Dalam pembangunan pemecah gelombang pantai, Heru memastikan akan ada ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang publik terbuka. Dengan demikian, dapat dimanfaatkan untuk ruang hijau dan ruang interaksi antar penghuni.

Panjang jejak tanggul pengaman pantai adalah 46.212 km. Dari jumlah tersebut, 12.664 km dibangun dan 33.548 km tidak dibangun.

Dari total sisa yang akan dibangun, 11.080 km menjadi tugas Kementerian PUPR dan 22.468 km menjadi tugas Pemprov DKI Jakarta. (Mohammad Farhan Zhuhri)

(AZF)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button