Berita Wisata

Menjadi favorit, Tamansari dikunjungi oleh dua ribu wisatawan sehari • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Jogjakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Beragam destinasi dipilih, termasuk spot wisata yang bernuansa heritage. Hal ini dapat ditemukan di tempat tujuan wisata Tamansari.

Pembina pariwisata Tamansari Jogjakarta Ridwan Syam mengatakan, kenaikan tersebut cukup signifikan. Setiap hari, setidaknya 2.000 wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, mengunjungi Tamansari. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan awal pandemi Covid-19.

Saat kasus Covid-19 sedang tinggi, jumlah kunjungan hanya berkisar 400 hingga 500 orang setiap harinya. Meski tidak membatasi jumlah kunjungan, Ridwan memastikan pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Wisatawan kita lepas tapi kita selalu pakai jalan satu arah. Agar tidak terjadi penumpukan di wisata Taman Sari. Tamu tidak boleh pulang agar tidak menumpuk atau jalan macet,” kata Ridwan sembari bertemu di Wisata Tamansari pada Kamis (29/12).

Menurutnya Tamansari masih menjadi tujuan wisata favorit masyarakat. Ini karena Tamansari memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain itu, bangunan-bangunan yang masih terjaga keasliannya juga menarik untuk dijadikan latar foto.

“Gedung Tamansari dibangun tahun 1758 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Banyak orang berwisata ke Tamansari mungkin karena nyaman juga,” ujarnya.

Vivin, turis asal Kalimantan Barat, mengaku baru pertama kali mengunjungi Taman Sari. Menurutnya, destinasi wisata heritage ini harus menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat liburan. Terutama karena bangunannya masih estetis.

Ketertarikan Vivin juga karena nilai historisnya. Baginya nilai sejarah Tamansari penting untuk diketahui masyarakat, terutama generasi muda. Selain itu, menurutnya harga tiketnya terjangkau, hanya Rp5.000.

“Tempat yang terjangkau. Banyak spot foto yang bagus, tempat yang bagus. Ini rekomendasi untuk para pelajar atau mahasiswa Jogja. Sekarang sepertinya agak ramai karena waktu liburan,” kata Vivin.

Wisatawan Bogor lainnya, Isna Amalia, juga mengaku baru pertama kali dan sengaja menghabiskan liburannya mengunjungi Tamansari. Mengunggah foto ke media sosial membuatnya penasaran dengan kecantikan Tamansari.

“Pertama kali saya lihat di media sosial, saya penasaran ingin melihat tempat itu, saya ingin tahu sejarahnya. Ternyata bagus, sejak dulu di Jawa sudah banyak bangunan indah seperti ini,” ujarnya. kata (isa/dwi)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button