Berita Wisata

Menjadi Tuan Rumah F1H2O, Inilah 8 Tempat Wisata Paling Keren di Sekitar Danau Toba!

Medan

Indonesia menjadi tuan rumah acara ke-40 Perahu motor F1 (F1H2O) Tahun ini. Ajang balap perahu bertaraf internasional ini akan digelar di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Balige adalah sebuah kota di pinggiran Danau Toba dengan pemandangan yang indah. Untuk menuju kawasan ini, Anda hanya perlu menempuh waktu 30 menit dari bandara Silangit, atau kurang lebih 4 jam dari Medan.

Nah, buat detikers yang nonton acara F1 H2O, kamu juga bisa eksplor delapan rekomendasi tempat wisata di sekitar Danau Toba berikut ini. Direkomendasikan dan semuanya keren!

1. Desa Daging

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Desa daging. (Kartika Sari/ detikSumatra)

Tempat wisata yang direkomendasikan pertama di sekitar Danau Toba adalah Kampung Daging. Obyek wisata ini terletak di kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Saat memasuki Kampung Daging, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan sawah yang memanjang langsung ke Danau Toba. Anda bisa mencium udara pedesaan yang segar yang akan menenangkan wisatawan yang berkunjung.

Tak hanya itu, jika dilihat lebih detail, rumah warga Desa Daging setempat memiliki alat tenun yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai penenun.

Maka dari itu desa ini menawarkan paket wisata yaitu paket A (1 hari) dengan harga Rp 665.000 per orang.

Adapun paket ini menawarkan berbagai rute menarik antara lain spot selfie Tuktuk Simundi, desa adat Ragihotang, interaksi dengan penenun, rice walk, snack dan makan siang, serta tempat guide.

Tidak puas hanya dengan satu hari? Desa Wisata Daging juga menawarkan paket B (2 hari 1 malam) seharga Rp 1.460.000 per orang.

Untuk Paket B, wisatawan akan menikmati fasilitas jalan-jalan di desa adat Ragihotang, interaksi dengan penenun, kuliner naniura, spot Tuktuk Simundi, jalan-jalan di sawah, menyusuri pantai dengan kano dan tamu merasakan sensasi memandikan kerbau.

2. Makam Pahlawan Nasional Sisingamangara XII

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Makam Sisingamaraja. (Foto: Istimewa)

Detikers tak luput mengunjungi makam pahlawan Sisingamangaraja XII saat berkunjung ke Balige, Toba. Lokasinya berada di dalam Kompleks Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja, di Jalan Soposurung, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir.

Dilansir situs directorypariwisata.id, awalnya makam Sisingamangaraja XII berada di Kota Tarutung. Kemudian Presiden Soekarno berinisiatif memindahkan makam tersebut ke Balige karena Balige merupakan tempat pecahnya perang pertama antara pasukan Sisingamangaraja XII dengan pasukan Belanda.

Kompleks pemakaman Sisingamangaraja XII cukup asri dan rindang dengan pepohonan rindang yang menaungi kompleks pemakaman ini. Pintu masuk ke area pemakaman ditandai dengan pintu dengan gubuk kecil beratap ijuk dalam arsitektur tradisional rumah Batak.

Di dalam kompleks pemakaman juga terdapat perpustakaan serta Museum Sisingamangaraja yang berisi berbagai biografi Sisingamangaraja XII. Gedung perpustakaan dibangun dengan arsitektur khas Batak Toba dan mendapat ukiran gorga.

3. Museum Batak TB Silalahi Center

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Museum TB Silalahi (Foto: Istimewa)

Museum TB Silalahi Center terletak di Jalan Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Balige. Terdapat dua bangunan di museum ini yaitu Museum Batak yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah dan kemudian ada Museum TB Silalahi yang menyimpan koleksi Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi.

Di museum ini, detikers bisa melihat koleksi Al-Qur’an kulit kayu, serta berbagai replika rumah adat yang menggambarkan sejarah masa lalu.

Selain itu, detikers juga bisa melihat koleksi Penaluan Single Stick dengan kisah legendarisnya yang fenomenal.

Jadi, detikers yang ingin masuk bisa merogoh kocek antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang.

4. Desa Wisata Tarabung

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Desa Wisata Tarabung. (Foto: Istimewa)

Desa Tarabunga terletak di tepi Danau Toba di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Desa ini memiliki 5 (lima) dusun, yaitu Dusun 1 (satu), Dusun 2 (dua), Dusun 3 (tiga), Dusun 4 (empat) dan Dusun 5 (lima).

Desa Tarabunga memiliki atehe (spot foto dan pemandangan alam) yang sangat indah, terutama pada sore hari, terutama saat matahari hendak terbenam (sunset). Obyek wisata ini tentunya sangat indah dan tidak boleh dilewatkan.

Selain itu, dari puncak Tarabunga, detikers bisa melihat keindahan alam Danau Toba, dengan angin 360 derajat.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan perbukitan yang indah. Hamparan telaga biru, serta hamparan sawah yang berada di sisi jalan menuju ke bukit ini.

Tiket masuk objek wisata Desa Tarabung dipatok sebesar Rp 20.000 per orang.

5. Perbukitan Gibeon

Tempat wisata di sekitar Danau Toba selanjutnya adalah Bukit Gibeon yang terletak di Desa Sibisa Kabupaten Toba. Tempat wisata ini terkenal dengan air terjun dengan kolam yang airnya langsung berasal dari pegunungan di bawahnya. Dengan demikian, detikers bisa melakukan wisata religi sekaligus wisata alam.

Bukit Gibeon memiliki luas 20 hektar yang memiliki banyak bangunan ibadah dengan desain cantik seperti kastil. Selain itu, detikers juga bisa melihat pemandangan deretan perbukitan yang indah.

Jadi, detikers yang ingin berwisata bisa merogoh kocek Rp20.000 per orang dan biaya parkir Rp2.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil).

6. Pantai Lumban Bulbul

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Pantai Lumban Bul-bul (Foto: Istimewa)

Pantai Lumban Bul Bul terletak di Desa Bul Bul, Kecamatan Balige, Toba. Pantai ini terletak persis di pinggiran Danau Toba.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Bul Bul rasanya air tawar dengan pasir putih yang landai.

Nah, pantai Lumban Bul Bul sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga. Pantai ini merupakan icon yang menampilkan keindahan pesona perbukitan dan pepohonan yang mengelilingi Danau Toba, kemudian juga terdapat tempat bersantai yaitu Danau Toba dan sunset.

Selain itu, pantai Lumban Bulbul menawarkan wahana seperti banana boat, solu-solu dan perahu yang bisa disewa untuk berkeliling Danau Toba.

Harga tiket masuk pantai Bul Bul adalah Rp 5.000 per orang.

7. Air Terjun Sigura-Gura

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Air Terjun Sigura-Gura. (Foto: Istimewa)

Detikers yang berkunjung ke Toba tidak boleh melewatkan pesona Air Terjun Sigura-gura yang terletak di Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Toba.

Air terjun ini berada di pinggiran Danau Toba dengan ketinggian 250 m. Detikers bisa merasakan sensasi sejuk di sekitar air terjun ini. Tak hanya itu, detikers juga akan melihat pemandangan alam yang indah menghadap ke Danau Toba yang berada tidak jauh dari air terjun ini.

Nah, detikers yang ingin mengunjungi wisata ini tidak boleh melewatkan momen di air terjun raksasa ini.

Detikers yang ingin mengunjungi objek wisata ini hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 per orang.

8. Taman Eden

Lokasi wisata keren di sekitar Danau Toba.Taman Eden. (Foto: Istimewa)

Mengakhiri daftar tempat wisata yang direkomendasikan di sekitar Danau Toba, Taman Eden 100 bisa menjadi pilihan tujuan liburan masyarakat saat liburan sekolah.

Terletak di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Eden Park 100 menawarkan pesona alam yang indah di atas lahan seluas 40 hektar yang dikelilingi oleh 100 jenis pohon.

Tentunya wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Eden 100 dapat menikmati paket wisata yang lengkap, antara lain paket wisata andaliman dan wisata edukasi.

Sedangkan untuk tiket masuknya, wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang ingin menggunakan jasa guide bisa mengeluarkan biaya Rp 100.000 per jam.

Nah, buat para detikers yang berada di kawasan Balige, sempatkan juga untuk mengunjungi delapan tempat wisata di sekitar Danau Toba di atas. Jika ditanya, tempat yang paling ingin kamu kunjungi?

Simak Videonya “Surga Tersembunyi Bak, Air Terjun Situmurun Pikat Wisatawan”
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button