Berita Wisata

Menjelajah Wisata Khusus Pendaki Gunung di Kabupaten Pangandaran

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Selain memiliki tempat wisata laut dan sungai, Kabupaten Pangandaran juga memiliki tempat wisata khusus untuk para pendaki gunung.

Panorama alam pegunungan Kabupaten Pangandaran juga sangat eksotis dan bisa dijadikan wisata khusus bagi para pemanjat tebing.

Pegiat pendakian gunung asal Pangandaran, Acep mengatakan pegunungan di Kabupaten Pangandaran cocok untuk pendaki pemula. “Pendaki gunung umumnya melakukan kegiatan pendakian karena ingin menyatu dengan alam,” kata Acep, Senin (14/11/2022).

Berikut beberapa gunung yang cocok sebagai medan pendakian bagi pendaki pemula:

Pegunungan Bukit Pilar.

Pegunungan Bukit Pilar terletak di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Suasana pegunungan ini menampilkan berbagai pemandangan alam seperti sawah, hutan, dan pemandangan pantai barat Pangandaran.

Sangat jelas melihat alam Pangandaran dari lokasi Pegunungan Bukit Pilar. Untuk menuju tempat ini, dari Alun-Alun Parigi dibutuhkan waktu 45 menit berkendara ke arah utara Jalan Kecamatan Cigugur menuju Kecamatan Langkaplancar.

Gunung Godogan.

Gunung Gedogan terletak di Dusun Cimenjeti Kaler, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jarak dari Bundaran Pangandaran Marlin hanya 1 jam 41 menit (53,2 km) melalui Jl Raya Cijulang menuju Jalan Parigi kemudian di traffic light belok kanan menuju Langkaplancar.

Perjalanan Anda akan disuguhkan dengan panorama persawahan dan hutan pinus di kanan kiri jalan. Penduduk setempat setuju bahwa nama Gedogan berarti stabil.

Memang sangat cocok untuk mendaki gunung ini, namun tidak sebanyak gunung indah lainnya di Jawa Barat yang sering dikunjungi para pendaki. Memuncak di Gunung Godogan akan semakin eksotis karena masih jarang dijamah oleh para pendaki.

Gunung Harendong.

Gunung Harendong terletak di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Hal yang paling unik dari Gunung Harendong adalah letaknya yang berdampingan dengan Kabupaten Ciamis.

Lokasi sangat direkomendasikan untuk sampai ke puncak Harendong Pangangonan atau puncak PHP. Tempat ini juga sering disebut bumi perkemahan.

Gunung Haur

Gunung Haur terletak di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Gunung Haur merupakan geologi yang berasal dari singkapan batuan breksi Formasi Jampang yang diperkirakan terbentuk 18 juta tahun yang lalu.

Gunung Cigugur ini menawarkan panorama keindahan saat Anda melihat matahari terbit dan terbenam. Bagi pendaki yang menginap bisa menikmati keindahan alam sambil berkemah. Meski memiliki jalur yang cukup terjal, pendaki bisa disuguhkan panorama bebatuan breksi yang indah.

Gunung Parang

Gunung Parang terletak di Desa Jayasari, Kecamatan Lkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Gunung Parang paling sering digunakan oleh para pendaki dari berbagai daerah. Selain panorama alamnya yang eksotis, Gunung Parang memungkinkan untuk melihat keindahan pantai Pangandaran.

Gunung setinggi 758 MDPL ini memiliki magnet bagi pecinta alam di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Apalagi di puncak Gunung Parang terdapat makam keramat bersejarah yang dikenal dengan nama Astana Panjang tempat dimakamkannya Sendora dan Sembada, yang erat kaitannya dengan sejarah Kabupaten Pangandaran dan wilayah Sunda.

**)

Dapatkan update berita pilihan dari TIMES Indonesia setiap hari dengan bergabung di grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan daftar. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button