Tempat Wisata

Menjelajahi Stonehenge, destinasi wisata unik di Yogyakarta

Stonehenge Jogja merupakan destinasi unik yang menarik perhatian. Situs ini merupakan replika Stonehenge asli di Inggris, yang dibangun pada Zaman Perunggu dan Neolitikum. Berbeda dengan aslinya yang berusia ribuan tahun, Stonehenge Jogja dibangun dari bebatuan hasil letusan Gunung Merapi tahun 2010, namun tetap menawarkan daya tarik yang memikat.

Stonehenge YogyakartaStonehenge Yogyakarta

Keunikan Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja terletak di Stonehenge Cangkringan, di kaki Gunung Merapi, di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Berbeda dengan candi kerajaan, bentuknya terdiri dari batu-batu besar yang disusun seperti kusen pintu besar.

Meski hanya replika, namun daya tariknya tak kalah dengan Stonehenge asli di Inggris. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri datang ke sini untuk menikmati suasana di kaki Gunung Merapi dan pemandangan Stonehenge Jogja.

Wisata Stonehenge JogjaWisata Stonehenge Jogja

Lokasi dan rute

Stonehenge Jogja berada satu kawasan dengan objek wisata Bukit Klangon yang sering digunakan sebagai jalur ski downhill. Jarak menuju Kota Yogyakarta hanya sekitar 30 km yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar satu jam.

Rutenya meliputi Jalan Kaliurang, Jalan Kaliadem, melewati Bebeng, Dusun Petung dan Kopi Merapi sebelum akhirnya sampai di Stonehenge Jogja. Untuk menuju lokasi anda juga bisa mengikuti Google Maps: Lokasi Stonehenge Jogja

Jam operasional dan harga tiket

Stonehenge Jogja buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kunjungan terbaik adalah saat cuaca cerah, terutama di musim kemarau, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang mempesona.

Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 per orang. Fasilitas yang ada di dalamnya meliputi tempat parkir yang luas dan toilet.

Destinasi wisata lain di dekatnya

Selain Stonehenge Jogja, masih banyak destinasi menarik lainnya di kawasan tersebut. Penggemar kopi dapat mengunjungi Kedai Kopi Merapi. Ada juga Mini Museum Remnant My Treasure yang memamerkan sisa-sisa bencana letusan Merapi. Selain itu wisata kuliner di kawasan tersebut juga sangat beragam.

Stonehenge Jogja menawarkan pengalaman unik dan mendidik, terutama bagi mereka yang tertarik dengan sejarah dan keajaiban kuno. Dengan harga terjangkau dan lokasi yang mudah dijangkau, tempat ini menjadi pilihan tepat untuk liburan keluarga atau sekedar bersantai menikmati keindahan alam.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button