Berita Wisata

Menparekraf menemukan ‘Raja Ampat’ yang baru, ada di sini!

INDOZONE.ID – Bagi Anda pecinta wisata alam, tentu tahu keindahan Raja Ampat di Papua Barat. Namun, menuju ke sana membutuhkan biaya yang cukup tinggi dan jarak yang jauh.

Tapi ketahuilah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, baru saja menemukan ‘Raja Ampat’ baru yang begitu mempesona. Menurut Sandiaga, lokasi baru Raja Ampat berada di Gugusan Pulau Tawale, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Gugusan Pulau Tawale baru-baru ini didampingi Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik. Lokasinya berada di Pulau Kasiruta dan dapat ditempuh sekitar satu jam dari Pulau Bacan.

Baca Juga : Wah! Kepulauan Widi di Maluku Utara Akan Dilelang?

Berenang dan Kayak

Menparekraf Sandiaga Uno sedang berkayak di gugusan pulau Tawale.Menparekraf Sandiaga Uno bermain kayak di Raja Ampat Baru, gugusan pulau Tawale. (Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Sandiaga tentu tak melewatkan kunjungan ke Raja Ampat belakangan ini. Di sana ia pun berenang untuk melihat dengan mata kepala sendiri keindahan kehidupan bawah laut di sekitar gugusan pulau Tawale.

Menparekraf mengaku memang pernah menemukan pulau dengan atraksi kipas yang tak kalah indahnya dengan Raja Ampat di Papua Barat. Menurutnya, wajar jika kawasan itu dijuluki Raja Ampat Baru oleh para pendatang.

“Pulau Tawale sangat mengesankan karena menampilkan hamparan hutan hijau dan air laut biru jernih,” kata Sandiaga, dikutip indozone pada Kamis (1/12/2022).

Selain berenang, ia juga mencoba mengayuh kayak mengelilingi gugusan pulau Tawale. Ia mengatakan, pengalaman berkunjung ke Raja Ampat baru ini tidak akan terlupakan.

“Ini pengalaman yang tak terlupakan. (Kelompok pulau Tawale) luar biasa indah, benar-benar merupakan “pintu gerbang ke surga”. Selain itu, Halmahera Selatan merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia,” ujarnya.

Baca juga: Tolak Dijual Pulau Widi, TNI Kibarkan Bendera Merah Putih di Pantai

Tidak hanya gugusan pulau Tawale

Suasana alam kawasan Raja Ampat Baru di gugusan pulau Tawale.Suasana alam kawasan Raja Ampat Baru di gugusan pulau Tawale. (Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Sandiaga mengatakan Halmahera Selatan tidak hanya memiliki gugusan pulau Tawale sebagai destinasi wisata bawah laut. Masih banyak lagi destinasi wisata bawah air di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan.

Hal ini, kata Sandiaga, dapat menghidupkan kembali perekonomian dan menciptakan lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

“Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung saat ini, kita juga perlu mengembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera selatan meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja, ” dia berkata.

Sandiaga mengatakan keindahan Maluku utara mengingatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai kekayaan alam, terutama kekayaan biota laut. Jadi bukan hanya gugusan pulau Tawale saja yang bagus.

“Khususnya di kawasan Indonesia Timur, ternyata masih banyak kawasan lain di Indonesia Timur yang memiliki potensi wisata bawah laut yang indah dan kaya, contohnya di Provinsi Maluku Utara”, tambah Menparekraf.

Bagaimana, apakah Anda tertarik memasukkan ‘Raja Ampat’ baru ini ke dalam daftar wisata yang akan dikunjungi?

Artikel menarik lainnya:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button