Tempat Wisata

Menu bakso dan mie Senayan Shooting Range yang legendaris

Pernah dengar Bakso Lapangan Tembak Senayan? Rumah makan bakso ini didirikan oleh Ki Ageng Widyanto Suryo Buwono saat pindah ke Jakarta dari Wonogiri. Bakso adalah salah satu makanan tradisional yang paling terkenal di Wonogiri.

Di Jakarta, Pak Widyanto diizinkan membuka toko bakso pada tahun 1982. Lokasinya yang tadinya di depan Lapangan Tembak Senayan, kini menjadi Hotel Mulia.

Pada tahun 1998 restoran ini sudah memiliki 7 cabang. Di Bakso Tembak Lapangan Senayan tidak hanya tersedia menu bakso, tapi juga menu mie, chinese food, nasi, daging sapi, ayam bungkus, dll. Berikut informasi lengkapnya.

Menu Bakso

Salah satu menu yang menjadi daya tarik restoran Bakso Field Shoot Senayan adalah menu bakso. Restoran ini mengklaim mereka tidak menggunakan bahan kimia apa pun untuk pengawetan. Bakso terbuat dari daging segar dan persentase bakso hampir 90% daging.

Berikut beberapa Menu Bakso di Rumah Makan Bakso Lapangan Tembak Senayan yang bisa Anda coba.

1. Bakso Campur Spesial

Bakso Campur Spesial

Salah satu menu bakso yang paling populer di Bakso Field Shoot Senayan adalah bakso campur spesial. Isi menu yang satu ini cukup banyak, ada bakso urat dan bakso polos, bihun/mie, tahu isi 2 buah dan pangsit goreng 2 buah.

Review dari mereka yang sudah mencoba menu ini mengatakan kalau Bakso Campur Spesial ini enak banget. Bakso penuh daging dan tidak banyak tepung. Padahal, klaim tersebut sempat disinggung Bakso Field Shoot Senayan bahwa bakso mereka 90% daging. Meski dicampur dengan tetelan, baksonya tidak kenyal.

Sesuai keterangan, isi tahu juga harus benar-benar enak pengulas. Tekstur tahunya lembut dan isiannya tidak pelit. Pangsit gorengnya benar-benar renyah, membuat makan bakso jadi lebih nikmat. Yang tak kalah enak adalah kuahnya. Kuah kaldunya enak banget, seperti sup daging sapi.

2. Bakso Malang

Bakso Malang

Bakso Malang merupakan salah satu menu bakso yang paling populer di Indonesia. Ciri utama yang membedakannya dengan jenis bakso lainnya adalah isiannya yang beragam, seperti: B. Bakso Goreng, Bakso Tendon, Bakso Halus, Bakso Tahu, Pangsit dan Siomay. Mie yang digunakan berwarna biru dan terbuat dari umbi ganyong.

Bakso Field Shoot Senayan juga menawarkan menu populer ini. Isinya beragam seperti bakso malang pada umumnya. Satu porsi bakso malang berisi mie kuning, 2 bakso empuk, 1 bakso tahu, 1 risol goreng, 1 pangsit malang goreng dan 3 potong irisan daging sapi.

Menurut penggemar Bakso Lapangan Tembak Senayan, sop bakso malang rasanya enak dan gurih. Tekstur baksonya lembut dan padat. Selain itu, pangsitnya juga renyah. Pokoknya tak kalah enak dengan bakso malang di restoran atau toko lain.

3. Bakso Sup

Bakso Sup

Tidak semua orang suka makan bakso dengan pasta atau bihun. Ada juga yang tidak suka menambahkan sayuran ke dalam baksonya. Nah, Bakso Field Shoot Senayan memiliki menu yang sesuai dengan selera Anda. Nama menunya adalah Bakso Kuah. Bisakah Anda menebak apa yang ada di dalamnya?

Jadi, makanan bakso ini disajikan tanpa pasta atau bihun. Ini hanya berisi 5 bakso dan irisan daging sapi. Makan bakso yang enak dengan kuah yang gurih sangat cocok untuk cuaca dingin. Apakah Anda tim bakso tanpa pasta?

4. Bakso dengan kuah spesial

Bakso sop spesial

Seperti menu spesial lainnya, Kuah Bakso Spesial di Bakso Tembak ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari menu Kuah Bakso miliknya. Kalau bakso kuah hanya ada bakso dan irisan daging, menu ini lebih hidup.

Dalam satu porsi Bakso Spesial, Anda mendapatkan 3 jenis bakso yang berbeda, 2 bakso tahu, 2 pangsit goreng, dan tentunya irisan daging. Dan tentunya menu ini disajikan tanpa pasta atau bihun.

5. Bakso Goreng

Bakso goreng

Anda mungkin akrab dengan bakso goreng. Bakso goreng biasanya ada di menu bakso Malang. Bentuknya bulat, berwarna kuning kecoklatan dan tekstur bagian luarnya renyah sedangkan bagian dalamnya agak berlubang.

Bakso ini menyerupai tahu bulat. Namun ala bakso goreng di Bakso Field Shoot Senayan berbeda bentuk dan teksturnya dengan bakso goreng di Bakso Malang.

Bakso ini adalah bakso biasa yang dipotong-potong menjadi mengembang saat digoreng. Konsistensinya sama dengan bakso matang karena terbuat dari daging sapi.

Meski namanya bakso goreng, Anda tetap akan menemukan saus di dalam masakannya. Hanya saja penyajian kuahnya terpisah. Anda bisa mencelupkan bakso goreng Anda ke dalam saus atau memakannya secara terpisah.

Baca juga: Yuk cek 10 Tempat Bakso Enak di Jakarta ini

menu pasta

Bakso Tembak Lapangan tidak hanya menawarkan menu bakso saja. Restoran bakso ini menawarkan berbagai macam makanan termasuk nasi, ayam, dan mie. Menu bakmi disini bervariasi, ada bakmi tek-tek, bakmi godok, bakmi nyemek, bakmi jawa, kwetiaw siram, dll.

1. Mie Masak Tek Tek

Tek Tek memasak mie

Ada berbagai macam masakan mie di Indonesia. Salah satunya mie Tek-Tek dari Purwadadi, Jawa Tengah. “Tek-tek” mengacu pada suara atau kebisingan yang dibuat oleh pedagang yang menggedor kuali saat dia menjual barang dagangannya. Mie ini disajikan dalam bentuk kuah dan digoreng.

Mie Tek Tek disajikan dalam bentuk sup yang disebut Mie Rebus Tek Tek di restoran ini. Selain mie, ada juga telur orak arik, suwiran daging dan ayam yang porsinya cukup besar. Porsi pasta pas untuk satu orang.

Demikian pengulas Yang sudah pernah mencoba masakan ini, rasa Mie Tek Tek Rebus ini enak banget. Kuahnya begitu kental. Menunya juga cukup banyak. Lebih nikmat jika mie ini disantap dengan nasi hangat.

2. Nyemek pasta

Nyemek pasta

Jenis pasta lain yang bisa Anda temukan di restoran bakso legendaris ini adalah Mie Nyemek. Bagi yang masih asing dengan masakan ini, mie nyemek adalah salah satu jenis masakan mie yang berasal dari Jawa Tengah, Indonesia.

Ekspresi “mengisap“mengacu pada proses memasak mie dengan cara direbus sebentar kemudian di bakar atau diaduk dengan bumbu khusus.

Menu Mie Nyemek di Reso Bakso Tembak terdiri dari mie yang dimasak dengan sayuran dan suwiran ayam. Ada juga irisan tomat, timun dan beberapa potong daun selada hijau sebagai lauk Lauk paukmenjadi

Mie ini memang ada sausnya, tapi rasanya enak banget. Rasanya lebih kuat, apalagi dengan tambahan sambal.

3. Mie Godok

Mie Godok

Jangan bingung dengan pasta Tek Tek Rebus. Kalaupun ada kuah di keduanya, menu yang satu ini namanya Mie Godok. “Godok” artinya merebus dalam bahasa Indonesia, jadi mie godok dimasak dengan cara direbus di air mendidih. Hidangan ini khas dari daerah Jawa, khususnya Yogyakarta.

Mie kuah godok tergantung dari asal mienya. Di Bakso Tembak biasanya kuah Mie Godok bening. Kaldu dalam kaldu sangat lezat. Ini berisi pasta, sayuran hijau, tomat, dan ayam suwir. Berbeda dengan Mie Rebus Tek Tek, Mie Godok tidak mengandung telur. Untuk tingkat ketajaman bisa memerintah Sesuai dengan selera Anda.

4. mie rebus jawa

mie rebus jawa

Hidangan ini merupakan varian mie rebus yang berasal dari Jawa. Mie ini memiliki rasa yang khas dan biasa ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Umumnya mie rebus Jawa menggunakan mie kuning atau mie telur sebagai bahan dasarnya.

Jika Anda memesan Mie Rebus Jawa seporsi, Anda akan mendapatkan mie yang hampir mirip dengan Mie Godok, dengan mie, sayuran, dan suwiran ayam. Yang membuatnya berbeda adalah warna kuahnya. Kuah mie rebus Jawa warnanya agak kemerah-merahan. Rasanya sama enaknya dengan menu mie rebus lainnya karena kuahnya terbuat dari daging yang dimasak.

5. Siram Kwetiaw

Kwetiaw merupakan salah satu menu yang berasal dari masakan Cina. Di Indonesia, kwetiaw umumnya disajikan dalam berbagai varian, misalnya. B. sebagai kwetiaw goreng, kwetiaw siram atau kwetiaw kuah. Di Bakso Lapangan Tembak Senayan tersedia salah satu menu Kwetiaw yaitu Kwetiaw Siram.

Menu kwetiaw siram terdiri dari kwetiaw rebus dengan topping kuah yang didalamnya terdapat sayuran seperti sawi putih, wortel, sawi, jamur, kembang kol, ayam, bakso, dan telur dadar.

Konsistensi sausnya agak kental. Rasanya benar-benar enak dan lezat. Porsinya lumayan besar, jadi bisa dimakan berdua. Ini menunya direkomendasikan demikian pengulas.

Aneka menu yang ada di Bakso Tembak Lapang membuat resto ini digemari banyak pengunjung. Selain itu, banyaknya cabang memudahkan orang untuk menemukan restoran ini di daerah mereka.

Bakso di Lapangan Tembak Senayan juga telah mendapatkan sertifikasi Halal MUI. Kamu tahu! Jadi pengunjung tidak perlu khawatir dengan makanan halal. Jadi. Menu bakso mana yang paling ingin kamu coba?

Source: keluyuran.com

Related Articles

Back to top button