Berita Wisata

Menyenangkan! 9 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Antv – Ada banyak tempat wisata di Cirebon yang bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk dikunjungi saat liburan, baik akhir pekan maupun libur panjang. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong menjadikan Cirebon sebagai tujuan wisata.

Cirebon sendiri adalah sebuah kota di Jawa Barat. Wilayah yang dijuluki kota udang pada abad ke-15 ini, mata pencaharian masyarakatnya didominasi oleh para pencari udang rebon.

Tak heran jika banyak kuliner khas Cirebon yang dibuat dari bahan dasar dan medley udang rebon. Apalagi kota ini juga terkenal dengan buah mangga gedong gincu yang cocok sebagai oleh-oleh.

Sejak dibukanya tol Cipali, jarak tempuh Cirebon juga semakin cepat, yang berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan. Karena memudahkan wisatawan untuk berwisata ke kota ini.

Tempat wisata Cirebon didominasi oleh wisata alam karena kota ini memiliki keindahan pemandangan alam yang luar biasa, mulai dari perbukitan, danau hingga waduk. Selain itu, ada juga wisata budaya yang kaya akan sejarah.

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber rangkaian tempat wisata di kota cirebon yang wajib dikunjungi saat liburan.

Taman Sari Goa Sunyaragi

img_title

Taman Gua Sunyarugi, Cirebon. (Foto: disparbud.jabarprov.id)

Tempat wisata di Cirebon yang pertama adalah Taman Sari Goa Sunyaragi. Objek wisata ini merupakan situs cagar alam dengan luas 15 hektar di wilayah Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.

Pada awalnya kompleks candi ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pertapaan oleh Sultan Cirebon. Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat pertunjukan budaya.

Keaslian bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi masih tampak murni hingga sekarang. Penduduk setempat sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk berfoto. Pengelola tempat wisata ini juga meluncurkan wahana balon udara yang tentunya akan menarik wisatawan.

Setu Pasak

img_title

Setu Patok Cirebon. (Foto: momsoleman.net)

Bagi masyarakat sekitar, Setu Patok sering disebut Danau Toba Cirebon. Hal ini sangat wajar karena Setu Patok merupakan danau terbesar di wilayah Cirebon.

Tempat wisata di Cirebon ini sering dijadikan sebagai tempat bersantai dan berfoto oleh penduduk setempat. Setu Patok paling banyak dikunjungi pada sore hari karena pemandangan matahari terbenam.

Pemandangan indah yang dikelilingi perbukitan bukanlah satu-satunya daya tarik objek wisata ini. Di tempat ini, pengunjung dapat mencoba berbagai aktivitas menarik, mulai dari memancing, piknik, hingga berkeliling danau.

Akses menuju danau ini juga sangat mudah karena terletak di pesisir utara kawasan Mundu yang hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat kota.

Hutan Plangon

img_title

Hutan Plangon Cirebon. (Foto: correcto.id)

Hutan Plangon merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang unik dan dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Konon hutan ini merupakan tempat sepi bagi dua pangeran keraton Cirebon.

Banyak juga yang mengatakan bahwa kedua pangeran tersebut dimakamkan di hutan ini. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke hutan Plangon untuk berziarah ke makam tersebut.

Destinasi wisata Cirebon ini terletak sekitar 3 kilometer dari pusat kota yang dihuni oleh ratusan kera dan berbagai jenis flora. Pengunjung yang datang ke hutan ini bisa berbaur dengan kera atau sekedar menyediakan makanan.

Namun perlu diingat bahwa sebagian besar monyet Hutan Plangon masih agresif, jadi wisatawan harus berhati-hati.

Danau Niren

img_title

Danau Niren Cirebon. (Foto: JejakPiknik.com)

Danau Niren atau Danau Nilam adalah sebuah tempat wisata di Cirebon yang terletak di Desa Kaduela, Kabupaten Pasawahan, Jawa Barat. Danau ini memiliki suasana yang sejuk dan menawarkan pemandangan yang indah.

Danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang dapat membuat suasana menjadi teduh dan damai. Airnya yang begitu jernih juga menjadi daya tarik tersendiri. Karena ada beberapa lusin ikan mas yang bisa diajak berfoto.

Situs web sedong

img_title

Lokasi Sedong Cirebon. (Foto: NativeIndonesia.com)

Situ Sedong merupakan destinasi wisata alam yang cocok untuk liburan keluarga di Cirebon. Tempat wisata ini merupakan danau buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan irigasi pertanian disekitarnya.

Tempat ini berada di ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sini cukup sejuk dan menyegarkan. Selain itu panorama yang disuguhkan juga selalu sangat alami. Apalagi jika Anda berkunjung pada sore hari, suasananya akan jauh lebih indah dengan adanya sunset.

Situ Sedong memiliki kedalaman 5 hingga 10 km dan luas sekitar 150 hektar. Banyak sekali ikan yang menghuni danau ini sehingga banyak orang yang berkunjung tidak hanya untuk menikmati pemandangan tetapi juga untuk memancing.

Pantai Kejawanan

img_title

Pantai Jawa. (Foto: Javatravel.net)

Pantai Kejawanan merupakan tempat wisata di Cirebon yang sayang untuk dilewatkan. Juga bagi Anda yang merindukan semilir angin pantai dan deburan ombak laut, pantai ini menjadi favorit warga Cirebon.

Pasalnya, tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota. Seringkali warga sekitar menghabiskan sore hari di pantai ini karena pemandangannya yang begitu memukau saat senja.

Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi bagi wisatawan untuk bermain di pinggir pantai bahkan jauh ke laut, seperti bermain voli pantai, jalan-jalan atau bermain pasir pantai.

Tidak hanya panoramanya yang indah, di panti asuhan ini juga banyak terdapat perahu nelayan yang terparkir dengan baik. Perahu warna-warni ini juga menambah keindahan tersendiri di pantai ini.

Perahu-perahu ini digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut, tidak hanya itu, perahu ini juga melayani wisatawan yang ingin menjelajahi lautan. Wisatawan akan disarankan untuk mengambil tur sekitar satu kilometer dari pantai.

Pierre Lawang

img_title

Lawang Batu Cirebon. (Foto: NativeIndonesia.com)

Batu Lawang merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Cirebon. Bagaimana tidak, wisata alam Batu Lawang menyuguhkan hamparan pemandangan yang indah di balik ketinggiannya yang mempesona.

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, pengelola juga menawarkan fasilitas lengkap dengan harga yang sangat terjangkau, seperti taman bermain anak, gazebo untuk bersantai, panggung hiburan, kantin, mushola, toilet, dan area parkir.

Tak hanya itu, Batu Lawang juga menawarkan area camping yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menyegarkan diri dan bermalam di sana. Apalagi ada juga wahana exiting yang cocok buat kamu yang suka memacu adrenalin.

Makam Sunan Gunung Jati

img_title

Makam Sunan Gunung Jati Cirebon. (Foto: aroengbinang.com)

Makam Sunan Gunung Jati merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang paling populer. Tempat ini sering dijadikan tujuan wisata religi bagi wisatawan asal Jawa.

Saat Anda berada di objek wisata ini, Anda akan merasakan suasana khusyuk karena lantunan syair-syair suci yang bergema di seluruh kompleks pemakaman. Gaya arsitektur khas Cina, Jawa dan Arab juga menambah keunikan dan menjadi simbol keragaman.

Ada juga sembilan gerbang yang disusun berjenjang, yang menjadi daya tarik lain di tempat ini. Namun, wisatawan hanya diperbolehkan masuk hingga gerbang kelima.

Karena gapura lainnya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jl. Astana Gunung Jati Alun-alun 53, Kecamatan Gunung Jati.

Istana Kanoman

img_title

Keraton Kanoman Cirebon. (Foto: Javatravel.net)

Keraton Kanoman merupakan tempat wisata bersejarah di Cirebon yang layak untuk dikunjungi. Meskipun telah mengalami banyak pemugaran, namun Kraton ini tetap mempertahankan gaya arsitektur khas Jawa dan Cina yang mengandung nilai sejarah besar tentang Kerajaan Islam Indonesia.

Istana ini menyimpan berbagai koleksi artefak sejarah, seperti lukisan, kerajinan tangan, dan kereta legendaris Paksi Naga Liman yang bisa Anda temukan di sini.

Sejak didirikan pada tahun 1678, tempat wisata di Cirebon ini masih mempertahankan kebiasaan dan adat istiadatnya. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan, seperti Ritual Panjang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button