Berita Wisata

Menyerap banyak ilmu, ratusan peserta mengharapkan media Summit lokal diadakan setiap tahun

Berita Jakarta, Batam – Acara besar lokal Media Summit 2022 (LMS 2022) yang digagas Suara.com dan International Media Support (IMS) berjalan sukses. Kegiatan ini resmi ditutup pada Jumat malam (28/10/2022) di aula Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Lebih dari 300 peserta, eksekutif media lokal, CEO dan editor, agensi, bisnis, lembaga donor, manajer platform global, pemerintah, berpartisipasi baik offline maupun online.

Acara penutupan ditandai dengan konferensi dengan tema “Reinventing local media: find Opportunities and overreach challenge”, dengan narasumber dari Redaksi Radar Selatan Sunarti Sain, Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro, Danone Corporate Communications Director Arief Mujahidin, dan Managing Partner Inventure Yuswohady.

Sesi menarik ini menghasilkan banyak diskusi, terutama mengenai tantangan media lokal dan masa depan media digital pada umumnya.

Seluruh kegiatan dipusatkan di Perpustakaan Nasional RI selama dua hari, 27-28 Oktober 2022. Acara tersebut meliputi dua kuliah, 9 workshop, dua sharing session, 3 coaching clinic, pameran dan malam networking.

Pembahasan meliputi keberlanjutan industri media, cara mendapatkan donatur atau pendanaan, strategi bisnis media lokal, distribusi konten, penggunaan teknologi pada platform dan produksi konten yang menarik dan up-to-date. .

“Perkembangan di industri media digital sangat pesat, bisa berhari-hari. Ini perlu diantisipasi, agar media lokal tetap adaptif, mengikuti evolusi audiens dan menjalin kolaborasi. Media lokal yang kami maksud bukan hanya jangkauan geografis, tapi juga media yang memiliki segmen audiens khusus,” kata Suwarjono, CEO PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com.

Dalam sesi Networking Night yang dipandu oleh Inaya Wahid dan tim Hamburger Podcast, beberapa perwakilan media lokal bahkan berkesempatan tampil di hadapan para tamu dari berbagai lembaga donor, perusahaan, instansi, kedutaan asing, untuk menyampaikan konsep media mereka.

Para profesional media lokal ini, seperti Yulianus Ario Jempau dari Floresa, Siti Latifah (Kutub.id), Nuril Arifin (Sukabumi Update) dan lain-lain, rata-rata setuju bahwa membangun kolaborasi dan jaringan adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan media lokal, oleh karena itu. bersyukur bisa mengikuti kegiatan seperti LMS 2022.

Hal yang sama diakui oleh peserta lain, dalam berbagai kesempatan percakapan di sela-sela kegiatan.

“Ini acara yang sangat bagus dan bermanfaat. Kami salut kepada Suara.com yang bisa menyelenggarakan acara seperti ini Pak. Media belum pernah menyelenggarakan acara ini sebelumnya. Harusnya rutin diadakan setiap tahun”, ujar bos Kabar. Papua, Syamsuddin Levi, dalam salah satu acara yang dibagikan oleh banyak peserta lainnya.

Usulan dan harapan agar kegiatan ini dapat diadakan kembali tahun depan dan bila perlu setiap tahun memang menjadi salah satu perbincangan hangat sepanjang kegiatan, terutama antara peserta dan penyelenggara.

Menariknya, bahkan dalam beberapa kesempatan, petinggi media lokal pun tak mau kalah dengan mengusulkan agar lokasi kegiatan ke depan dipusatkan di wilayahnya, entah itu di Sukabumi, Banyuwangi, Pekanbaru, Batam, atau bahkan Manado.

Karena merasakan pentingnya dan manfaat dari kegiatan ini, sejumlah peserta media lokal bahkan sengaja hadir bersama timnya atau bahkan lebih dari 1-2 orang.

Penyelenggara sendiri berjanji untuk menyambut mereka dengan senang hati, bahkan sampai menerima pendaftaran di tempat bagi mereka yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Batasannya hanya selama tidak melebihi kapasitas tempat acara.

Fakhrurrodzi dari RiauOnline, misalnya, akan membawa dan mendaftarkan anggota tim IT-nya, untuk mengikuti, belajar dan berdiskusi langsung dalam berbagai sesi yang diselenggarakan selama LMS 2022.

“Kesempatan yang bagus ya, kita jelas tidak mau menyia-nyiakannya. Jarang belajar banyak hal secara langsung, termasuk masalah teknis seperti server, programmatics, video monetization dan lain-lain, d kegiatan besar seperti ini,” dia berkata. dikatakan. .

Memang banyak sekali ilmu yang ringkas dan bermanfaat yang bisa diserap oleh para peserta sepanjang kegiatan ini. Diskusi dan wawasan tentang ekosistem bisnis dan masa depan media digital – terutama media lokal – misalnya, mencakup topik-topik yang diliput oleh pembicara yang berpengetahuan luas dari sesi pertama seminar. Begitu pula pada sesi penutupan seminar, ratusan peserta masih merasa nyaman ditemani ratusan peserta.

Selama ini, dalam sesi workshop yang berlangsung, para peserta mendapatkan berbagai wawasan dan pengetahuan, mulai dari paparan IMS, tentang strategi penggalangan dana, model bisnis podcast, monetisasi video, segala macam hoax dan peran media dalam mengatasinya, cara mengatasi serangan siber, memaksimalkan aspek media sosial dan SEO, pengembangan komunitas lokal dan ide kolaboratif lainnya.

Lokal Media Summit 2022, selain mendapat dukungan dari ratusan media lokal, juga merupakan hasil kerja sama berbagai pihak sebagai kolaborator. Diantaranya Kedutaan Besar Norwegia, Kedutaan Belanda, Yayasan Kurawal, Bank Rakyat Indonesia (BRI), BNI, Bank BTN, Bank BTPN, AWS, Daily Motion, Notix, MGID, Danone, Telkom, Pertamina, Chandra Asri, Adaro, Djarum Foundation, Sinarmas dan Merdeka Copper Gold.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button