Berita Wisata

Meski “berbahaya”, pesona Karimunjawa tak tertandingi

jepara

Cuaca buruk di Karimunjawa menjebak 356 wisatawan di sana. Meski memiliki cuaca ekstrim, Karimunjawa tetap menjadi incaran karena sangat menawan.

detikTravel pernah berkesempatan ke Karimunjawa beberapa waktu lalu. Karimunjawa adalah sebuah pulau di Jawa Utara yang dapat diakses dengan perahu melalui Jepara, Jawa Tengah. Julukannya adalah Laut Karibia Indonesia.

Sebagai kebanggaan Jawa Tengah, Karimunjawa memiliki segudang prestasi wisata. Yang tertinggi adalah cagar biosfer baru yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2020.

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

Karimunjawa yang merupakan taman nasional memiliki banyak pulau kecil, wisata bahari paling populer disana. Sepertinya liburan tidak ada artinya jika belum menyelam atau snorkeling.

Spot Dibing Indonor di KarimunjawaTempat menyelam Indonor di Karimunjawa Foto: Melissa Bonauli

Ada banyak tempat menyelam, mulai dari bangkai kapal Indonor (kapal) hingga taman terumbu karang. Hampir semua perairan di Karimunjawa bisa diselami.

Dari permukaannya saja, airnya sangat jernih seperti kaca. Traveler bisa melihat keindahan terumbu karang tanpa perlu menyelam.

Cagar Biosfer Karimunjawa-Jepara-MuriaCagar Biosfer Karimunjawa-Jepara-Muria Foto: UNESCO

Deretan pantainya tak kalah indah. Yang paling populer adalah menikmati sunset di Pantai Ujung Gelam. Matahari yang hendak terbenam di atas tempat tidur memberi semburat jingga ke langit dan ke permukaan laut.

Taman Nasional Karimunjawa juga memiliki kawasan hutan mangrove yang dilindungi. Di kawasan ini, traveler bisa sekadar jalan-jalan di pagi hari dan berfoto-foto.

Bukit Cinta di KarimunjawaBukit Cinta di Karimunjawa Foto: Ipon Susanti/dTraveler

Menjelajahi kawasan perbukitan, ada Bukit Cinta. Terdapat menara observasi dengan beberapa spot foto dengan latar belakang pemandangan Karimunjawa. Kemanapun mata memandang hanya ada pepohonan dan lautan, sungguh memanjakan mata.

Inilah mengapa banyak wisatawan yang siap datang ke Karimunjawa meski “bahaya”. Cuaca buruk merupakan salah satu tantangan yang sudah ada sejak lama.

Tonton video “Pacu adrenalin saat berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa”
[Gambas:Video 20detik]
(bulan/wanita)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button