Tempat Wisata

Misteri, berkemah, dan tiket masuk

Dataran Tinggi Bandung tidak pernah kekurangan pesona untuk memikat wisatawan untuk berkunjung.

Objek wisata di sana selalu membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk bersenang-senang akhir pekan atau liburan panjang di tempat yang sejuk dan menyenangkan setelah seharian bekerja di kantor.

Pemeran utama kali ini Gunung Putri Lembang yang juga sering disebut sebagai lawan Sonnenstern. Gunung ini semakin menjadi bahan perdebatan publik, karena keindahan dan eksotisme kawasan ini seakan menggoda setiap orang yang pernah mendaki dan mencapai puncaknya.

Ya, salah satu destinasi wisata alam di Lembang atau Bandung pada umumnya memang sedang hangat dan menjadi perbincangan. Apalagi setelah tak henti-hentinya membagikan foto-foto kawasan yang terlihat begitu indah.dorongan di media sosial, yang membuat tempat ini semakin dikenal dan virus.

Fasilitas Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang Itu dimaksudkan sebagai tempat pengasingan, jauh dari kehidupan kota yang bising dan tercemar. Nah, jika Anda sedang berada di Lembang Bandung, maka jangan lewatkan momen untuk menikmati indahnya liburan di Gunung Putri.

Di atas Anda bisa berkemahmenikmati matahari terbenam Dan matahari terbit, off-roadsampai berburu Foto untuk koleksi gambar Instagram Dia.

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri atau Geger Bintang Matahari adalah salah satu gunung yang berada di dataran tinggi Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu yang dikeramatkan, yang sarat cerita masa lampau.

Gunung ini awalnya tidak dikenal dan jarang dikunjungi, namun setelah demam media sosial merebak, foto-foto kawasan tersebut mulai bermunculanmembagikanBanyak turis mengetahuinya dan datang ke Gunung Putri.

Gunung Putri memiliki ketinggian sekitar 1.587 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak, pendakian membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Rute Gunung Putri Lembangmelalui Instagram/alfakei7

Jalur penghubung kawasan puncak dari bawah cukup mudah. Itu sebabnya gunung ini juga menjadi tempat yang populer untuk pendakian pemula.

Biasanya para pemula terlebih dahulu melatih teknik dan fisiknya di Gunung Putri sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi dengan medan yang sulit.

Gunung ini tentunya sangat direkomendasikan untuk kegiatan wisata. Suasana yang ditawarkan di puncak memang mempesona. Dari puncak gunung ini, Anda tak hanya bisa menikmati sejuknya udara Dataran Tinggi Lembang, tapi juga memandang hamparan indah kota Bandung dengan segala hiruk pikuk penduduknya.

Pada malam hari suasana menjadi semakin romantis, kelap-kelip lampu yang berasal dari gedung-gedung di bawah sangat eksotik untuk disaksikan sambil menikmati secangkir kopi atau teh panas.

Jangan lagi noda Ada hal lain di kawasan pegunungan ini yang menunggu untuk dijelajahi. Gunung Putri Lembang akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sejarah Gunung Putri Lembang

Selain popularitas gunung ini sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Bandung, kisah-kisah masa lalu yang mengiringi keberadaannya masih mengemuka. Namun, gunung ini memiliki hubungan yang erat dengan Gunung Tangkuban Parahu yang kita kenal sebagai peninggalan sejarah Sangkuriang.

Sunrise Gunung Putri Lembangmelalui Instagram/indakurnia13

Cerita diawali dengan Sangkuriang mengungkapkan rasa cintanya kepada ibu kandungnya sendiri, Dewi Sumbi. Saking terpesonanya dengan kecantikan wajah ibunya, Sangkuriang bertekad akan menikahi ibunya sendiri.

Dewi Sumbi yang tidak ingin anaknya terus terpuruk dalam perasaan cintanya akhirnya memutuskan untuk meninggalkan desanya dan memilih Gunung Putri sebagai tempat persembunyiannya.

Sangkuriang yang tidak dapat menahan rasa cintanya pada Dewi Sumbi, segera pergi ke Gunung Putri. Singkat cerita, karena kecewa pencariannya tak kunjung membuahkan hasil, Sangkuriang pun menendang perahu yang ia buat sendiri dengan amarah membara hingga mencapai posisi Gunung Tangkuban Parahu.

Konon, entah benar atau tidak, Gunung Tangkuban Parahu yang kini kita lihat berdiri gagah itu adalah perahu Sangkuriang.

Baca juga: Gunung Pankar Bogor Sentul

Lokasi Gunung Putri Lembang

Gunung Putri terletak di kawasan perbukitan Lembang, Bandung Barat. Alamat lengkap Gunung Putri adalah Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bandung, perjalanan sejauh 20,8 kilometer hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Cara termudah menuju Gunung Putri Lembang adalah melalui jalan tol Lembang kemudian menuju kawasan wisata Tangkuban Parahu.

Biaya Mountain Camping Putri Lembangvia instagram/bandunginframe

Anda hanya perlu mencari lokasi Grand Paradise Hotel lalu berkendara menuju Villa Osmond, titik awal menuju kawasan wisata Gunung Putri.

Dari Villa Osmon silahkan ikuti terus jalan yang ada hingga menemukan ruko dan tempat parkir mobil. Parkirkan kendaraan Anda di sini. Jika Anda bepergian dengan kendaraan sendiri, Anda masih perlu berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Gunung Putri.

Lanjutkan berkendara dari tempat parkir hingga Anda menemukan pertigaan. Dari tempat parkir Anda akan menemukan dua pertigaan. Untuk menuju Gunung Putri harus melalui pertigaan kedua ini.

Di pertigaan kedua, belok kanan, jalan setapak mengarah ke hutan pinus. Teruslah berkendara melalui hutan pinus sampai Anda menemukan sepetak rumput. Dari sini belok kiri ke Jalan Sepak yang merupakan pintu masuk kawasan Gunung Putri.

Jika menurut Anda rute di atas membingungkan, jangan khawatir karena pada prakteknya nanti Anda bisa langsung menanyakan kepada pihak kelurahan setempat mengenai rute yang tepat untuk menuju kawasan Gunung Putri Lembang.

Baca juga: Grafis Cikole Lembang

Tiket Camping Gunung Putri Lembangmelalui Instagram/kemengsquad08

Harga tiket masuk Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang merupakan kawasan wisata murah. Untuk menuju ke sana, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp. Hanya 5000 ditambah biaya parkir beberapa ribu rupiah.

Gunung ini dikelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang dan bekerjasama dengan pemuda di kawasan wisata. Juga di tempat parkir, pemuda desa yang tergabung dalam karang taruna bertanggung jawab atas keamanan kendaraan Anda.

Para pemuda ini juga menjadi pelindung dan penjaga keamanan Anda saat mencapai puncak Gunung Putri.

Baca Juga: Kebun Begonia Lembang Bandung Barat

Fasilitas Gunung Putri Lembang

Sayangnya, belum ada fasilitas umum yang dibangun di kawasan Gunung Putri Lembang. Jadi untuk memenuhi semua kebutuhan Anda seperti makan dan minum atau peralatan memasak dll Anda perlu membawa sendiri dari rumah.

Namun, tidak menutup kemungkinan fasilitas di Gunung Putri akan tersedia di masa mendatang. Karena melihat jumlah wisatawan yang terus meningkat, tentu salah besar jika pihak pengelola tidak segera membangun fasilitas.

Harga tiket gunung putri Lembangmelalui Instagram/andregiovana_116

Obyek dan aktivitas menarik di Gunung Putri

Tentunya seperti tempat wisata lainnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Gunung Putri. Di sebelah berkemah Ini adalah aktivitas umum yang dilakukan pengunjung di gunung ini.

Ada trek buat kalian yang suka motor ngebut atau biasa disebut itu off-road. Kadang-kadang Anda juga bisa melihat pertunjukan oleh klub motor dan mobil pertemuan off-road di gunung ini.

Untuk berkemah Anda tidak perlu membayar atau membeli tiket. Yang perlu Anda siapkan hanyalah bahan dan peralatan berkemah karena disini belum ada tempat sewa alat berkemah.

Kemudian Anda bisa mengakhiri hari di Gunung Putri dengan melihat-lihat pemandangan matahari terbenam fenomena indah di kemudian hari matahari terbit Juga dari gunung ini Anda bisa menikmatinya dengan jelas.

Ada pula benteng yang diyakini sebagai peninggalan Belanda saat pertama kali menjajah Indonesia. Benteng ini disebut Benteng Jayagiri dan juga dikenal dengan Benteng Gunung Putri. Anda dapat menjelajahi situs benteng ini untuk melihat sisa-sisa benteng, atau merancangnya untuk melakukannya latar belakang foto diri.

terakhir Pekerjaan Yang tak kalah menarik dan digemari pengunjung adalah kawasan hutan pinus yang terletak di depan puncak Gunung Putri. Di hutan ini anda bisa bersantai menikmati suasana alam pegunungan diantara pepohonan pinus dan anda juga bisa berfoto di hutan ini.

Oh iya, selain tidur di tenda berkemah Gunung Putri LembangBagi Anda yang memiliki budget terbatas dan menginginkan akomodasi yang lebih baik, Anda bisa menginap di beberapa villa yang tersedia. Harga sewa villa per malamnya cukup terjangkau, dan fasilitasnya tidak kalah dengan hotel.

Baca juga: Wisata baru di Lembang, Lembang Wonderland

Camping Gunung Putri Lembangmelalui Instagram/biila

Baca juga tempat wisata menarik lainnya di Jawa Barat seperti Taman Bunga Nusantara

Kehidupan kota yang sibuk dan panas serta kesibukan perkantoran terkadang membuat kita bosan dan membutuhkan tempat istirahat yang nyaman. Jika itu yang Anda alami maka Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan Anda. Selain murah, suasana di gunung ini tidak kalah dengan tempat wisata lainnya.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button