Berita Wisata

Mitos pantai Semukan Wonogiri, konon gerbang ke-13 ratu selatan | Wisata di Jawa Tengah

Semukan adalah salah satu dari puluhan pantai di pesisir selatan Wonogiri. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengadakan ritual. Via detik_jateng

Semukan adalah salah satu dari puluhan pantai di pesisir selatan Wonogiri. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengadakan ritual.

Pantai Semukan diapit oleh tiga bukit. Di bukit sebelah kiri adalah Sanggar Tri Sila Weda atau Pesanggrahan Utama. Sedangkan di bukit sebelah kanan (belakang) terdapat masjid yang dibangun oleh mantan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi. berukuran 3×3 meter persegi,” kata Dwi.

Menurut Dwi, sejumlah orang datang ke Pantai Semburan pada hari istimewa untuk melakukan ritual. Biasanya mereka melakukan ritual pada hari Selasa Kliwon, Kamis Pahing dan Jumat Kliwon. “Mereka ada ritual di sini, ada yang tinggal beberapa hari. Minta petunjuk kepada Tuhan. Ya, untuk pengobatan penyakit, ada saran agar pekerjaan mereka lancar saat menjalankan tugas,” katanya.

Baca lebih banyak:
detik.com »

KTT ASEAN berlanjut tanpa Myanmar – ANTARA News

ANTARA – Pertemuan Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN Summit 2022 di Phnom Penh, Kamboja, mempertemukan Indonesia dan negara-negara undangan … Baca selanjutnya >>

Anggota FPKS minta pendapat tentang motor baru Kades, bupati Jekek: sudah dihitung!Bupati Wonogiri Joko Sutopo memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan menyediakan kendaraan sepeda motor dinas baru kepada kepala desa/kelurahan di Wonogiri pada tahun 2023.

41 ASN Wonogiri Ikuti Porprov Korpri, Acara Reuni Mantan Atlet Hebat di JatengSebanyak 41 atlet dan ofisial Pegawai Negeri Sipil (ASN) Wonogiri mengikuti kompetisi Porprov Korpri yang dibuka di Gimnasium Jatidiri, Semarang sejak Selasa hingga Jumat (8/11/2022).

11 orang ini lolos seleksi administrasi untuk 3 kepala dinas di WonogiriSebanyak 11 calon pengurus senior (JPT) pratama dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Potong gaji untuk menghindari PHK, Apindo Wonogiri tidak bisa campur tangan di perusahaanKebijakan pengurangan tenaga kerja serta gaji dan fasilitas direksi menjadi tanggung jawab masing-masing perusahaan.

Kisah Seorang Veteran Wonogiri Saat Operasi Seroja di Timor TimurSirun, 77, tampak khusyuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Giri Krida Bakti Wonogiri, Kamis (10/11/2022).

Prakiraan cuaca untuk Wonogiri Jumat ini: hujan lebat di sore hariPrakiraan cuaca Wonogiri pada hari Jumat, 11 November 2022 disajikan dalam artikel ini secara keseluruhan.

Misteri Candi Tugu Semarang, Benarkah Batas Majapahit-Pajajaran? Pantai Semukan diapit tiga bukit Motor dinas baru lurah/kelurahan di Wonogiri tahun 2023 (2022/11) Tiga kepala dinas yang lowong di Wonogiri antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil ) dan Biro Perumahan dan Permukiman dan Pertanahan (Dispera KPP).

Di bukit sebelah kiri adalah Sanggar Tri Sila Weda atau Pesanggrahan Utama. Sedangkan di bukit sebelah kanan (belakang) adalah masjid yang dibangun oleh mantan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi. Sriyanto mengatakan, pemerintah kabupaten tidak boleh terburu-buru mengambil kebijakan. “Jika dia berada di ujung bukit (kanan depan), di sana dia diabadikan dengan ujung mata panah. Promosi “Dari senam, bola voli, tenis meja, tenis meja, bulu tangkis dan catur. Namanya Patuk Ngasem. Jangan sampai anggaran pengadaan program prioritas lain yang lebih tinggi terganggu. Ada pelataran keramik berwarna merah berukuran 3×3 meter persegi,” kata Dwi. Sementara itu, ada tiga calon kepala Disdukcapil.

Menurut Dwi, sejumlah orang datang ke Pantai Semburan pada hari istimewa untuk melakukan ritual. Apa yang harus didahulukan, dibutuhkan, apa yang tidak atau tidak dibutuhkan. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Wonogiri (KONI), Muhammad Eko Budi Santoso mengatakan, kompetisi Korpri ini baru pertama kali digelar. Biasanya mereka melakukan ritual pada hari Selasa Kliwon, Kamis Pahing dan Jumat Kliwon. “Ada ritual di sini, ada yang tinggal beberapa hari. Tapi perlu ditinjau ulang. Mohon petunjuk Allah. Nanti apakah akan berlanjut secara nasional atau tidak, kami tidak tahu,” kata Eko kepada Solopos. Ya untuk pengobatan penyakitnya ada saran-saran agar pekerjaannya bisa berjalan dengan baik dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya melalui telepon WhatsApp (WA), Jumat (11/11/ 2022). Masing-masing Kepala Bidang Perindustrian KUKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Joko Waluyo; Sekretaris KPP Dispera, Purwadi; dan Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi dan Wilayah Bappeda Wonogiri, Siti Suryani.

Dwi mengatakan, kegiatan ritual tersebut sudah dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Beberapa berasal dari Papua. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten tidak boleh terlalu menekankan pembelian kendaraan dinas jika anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak mencukupi. Bahkan ada yang datang dari luar negeri. Karena ada prasasti kemuliaan di area penyembuhan. Baca juga: Keren Lur! Bisa dinilai besok Minggu, pedagang CFS Wonogiri mulai menggunakan QRIS. “Bisa ke arah itu, bermuatan politik menjelang Pilkada 2024,” katanya. “Orang asing yang datang ke sini, katanya, berdasarkan pantauan satelit di sini ada cahaya biru. Setelah itu, mereka akan melalui tahap wawancara,” kata Djoko.

Ada tiga di Jawa, Kraton Yogyakarta, Keraton Solo dan Semburan di sini. Ia hanya khawatir pemkab lalai dan memotong anggaran lain yang seharusnya untuk program yang lebih besar. Tapi kalau di sini, di mana tepatnya Anda tidak mengerti. Ada yang bilang intinya di studio sana,” kata Dwi. Menurut dia, kendaraan dinas lurah/kelurahan itu kini berusia belasan tahun, jadi sangat memungkinkan untuk diganti. Baca juga: .

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button