Tempat Wisata

Mitos, taman labirin & tiket

Berlibur ke objek wisata alam masih menjadi pilihan yang paling menggiurkan. Alasannya mungkin karena di tempat-tempat ini kita dapat menemukan kedamaian yang paling sempurna.

Walaupun setiap orang memiliki hobi dan kesukaannya masing-masing dalam memilih destinasi wisata, dapat dipastikan setiap orang akan tetap menyukai objek wisata alam.

Berangkat dari hal tersebut, kali ini kami akan menulis deskripsi atau lebih tepatnya rating tempat wisata alam Coba Rondofitur air terjun di Kota Batu, Jawa Timur.

lengan coban rondo

Mengapa tempat ini menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Malang? Anda bisa mendapatkan jawabannya dalam teks deskripsi lengkap di bawah ini.

Sekilas tentang Coban Rondo

Coba Rondo merupakan salah satu air terjun yang ada di Kota Batu. Sebelum Kota Batu menjadi kabupaten sendiri, termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang, maka coban atau air terjun ini dikenal juga dengan namanya. Coban Rondo Malang.

Coban diprakarsai sebagai satu Tempat wisata di Malang pada tahun 1980. Meski terhitung sangat lama, pesonanya tidak pernah berkurang, terbukti dengan jumlah wisatawan yang berkunjung tidak berkurang.

momen akhir pekan Saat musim liburan panjang tiba, kawasan Coban Rondo akan dipenuhi puluhan bahkan ratusan wisatawan yang datang dari berbagai kota di Jawa Timur.

Coban yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter ini berada di ketinggian sekitar 1.135 meter di atas permukaan laut. Alhasil, kawasan di sekitar air terjun memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

air terjun coban rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Selain itu, tempat yang berada di lereng Gunung Kawi ini juga dikelilingi hutan belantara pegunungan yang eksotis berkat tumbuhnya berbagai tumbuhan dan pepohonan hijau.

Coban Rondo mengalirkan air dari mata air Cemoro Dudo. Debitnya cukup besar, yaitu 90 liter per detik di musim panas dan 150 liter per detik di musim hujan.

Karena debit airnya yang besar, sungai yang airnya berasal dari air terjun ini juga difungsikan sebagai kawasan wisata di sepanjang aliran sungai atau tabung lucu.

Tak hanya itu, pesona alam Coban Rondo terletak pada penyediaan beberapa area bermain.

Tak jauh dari lokasi air terjun Anda akan menemukan kebun buah dan kebun binatang serta berbagai wahana keluar bagaimana bola warnaSepeda gunung, ATV hingga Flying Fox.

Misteri dan Mitos Coban Rondo

Obyek wisata alam biasanya memiliki misteri dan mitos yang menyertai kemunculannya, seperti halnya obyek wisata Coban Rondo.

Maka dari itu, saat Anda berkunjung ke sana, jangan heran jika Anda juga menemukan cerita dari warga sekitar atau turis lain tentang misteri dan mitos Coban ini.

Misteri dan mitos yang terkenal dari Coban Rondo adalah tentang asal usul keberadaannya yang terkait dengan kisah pasangan suami istri bernama Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati.

Di lokasi inilah keduanya disebut-sebut terpisah karena perkelahian antara Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono.

Mitos Coban Rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Cerita dimulai ketika Raden Baron Kusumo dan istrinya Dewi Anjarwati melakukan perjalanan ke Gunung Anjasmoro untuk menemui mertuanya.

Maka dalam perjalanan mereka bertemu dengan Joko Lelono yang jatuh cinta pada kecantikan Dewi Anjarwati.

Tak ingin istrinya dicuri oleh Joko Lelono, Raden Baron Kusumo kemudian menyembunyikan istrinya di lokasi Coban Rondo sebelum melanjutkan pertarungan dengan Joko Lelono.

Setelah perjuangan yang keras dan pahit, akhirnya kedua orang itu meninggal dunia, hanya menyisakan Dewi Anjarwati yang menunggu kedatangan suaminya di gedung pengadilan.

Meninggalnya Raden Baron Kusumo otomatis membuat Dewi Anjarwati menjadi janda. Namun kemana perginya Dewi Anjarwati masih belum diketahui secara pasti.

Hanya keberadaan Coban Rondo yang bisa dipastikan, yang namanya berasal dari kata “coban” dan “rondo” yang artinyaMenerjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “air terjun janda”.

Menurut cerita di atas, saat ini di Coban Rondo juga konon Dewi Anjarwati terlihat pada malam-malam tertentu.

Selain itu, ada juga mitos bahwa jika Anda datang dengan pasangan Anda sebelum menikah, biasanya hubungan tersebut akan putus atau tidak bertahan lama.

Aktivitas dan wahana di Coban Rondo

Sebagai Coba Talon atau Coban Rais, Coban ini menarik untuk dikunjungi karena tidak hanya keindahan air terjun yang disuguhkan kepada kita.

Selain itu, jika Anda bosan menghabiskan waktu di lokasi air terjun, Anda bisa pergi ke area lain untuk menjelajahi berbagai wahana dan permainan. Pekerjaan foto yang ada.

Nah, buat kamu yang belum pernah ke Coban Rondo, berikut beberapa wahana dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana:

1. Air terjun dan fun tubing

Fun tubing coban rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Akan ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di sekitar lokasi air terjun. Jika ingin mencoba aktivitas yang menantang, kita juga bisa mencoba olahraga tabung lucu.

Menyenangkan disemprot atau river cruise di Sungai Coban Rondo yang cukup seru dan menantang adrenalin karena jalurnya berkelok-kelok dan diapit oleh berbagai tumbuhan dan pepohonan hijau.

2. Kebun binatang dan kebun buah

kebun-hewan-coban-rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Di wahana ini kita bisa mencicipi cita rasa apel malang yang terkenal dengan kelezatannya. Tanaman toga yang konon banyak manfaatnya juga tumbuh di sini.

Selain bisa melihat langsung tanaman toga, dengan tiket masuk 5.000 rupiah kita juga bisa belajar cara menanam tanaman toga yang benar.

Kemudian, di daerah lain yang masih dalam kawasan satwa dan kebun ini, kita juga menemukan berbagai jenis satwa, termasuk rusa.

Kita bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut bahkan bisa ikut memberi makan rusa tersebut.

Jika Anda datang dengan anak-anak, mereka juga menawarkan penyewaan kuda poni yang dapat digunakan di taman.

3. Labirin Taman

Tanam Labirin Coban Rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Selain digunakan sebagai media permainan, taman labirin juga digunakan sebagai tempat bermain Pekerjaan Foto. Di sini, pengunjung bisa bermain petak umpet atau memasuki labirin sendirian untuk menemukan titik tengah.

Labirin ini juga sangat indah untuk dijadikan objek foto. Kami dapat memotretnya dari platform tampilan yang ditentukan.

4. Game drive

wahana-keluar-coban-rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Obyek wisata Coban Rondo juga menawarkan berbagai macam wahana. Wahana bisa kita lakukan jika bosan di tempat air terjun dan ingin mencoba suasana yang berbeda.

Antara lain game drive di tempat wisata ini rubah terbangsepeda gunung dan ATV.

5. Perkemahan

perkemahan-coban-rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Suasana asri dan alami bisa dinikmati lebih baik lagi berkemah satu atau dua hari di daerah tersebut tempat perkemahan Coba Rondo.

Ada 5 area yang bisa dipilih berkemah disediakan oleh pengelola yaitu kawasan tempat perkemahan Daerah Damar, Cemara, Mangir, Karpa dan Rasamala.

Baca juga: Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur

6. Nongkrong di Kafe Dancok

dancok-cafe-coban-rondoinstagram.com/ayodolan

Jika anda hobi menikmati keindahan alam sambil minum kopi Pekerjaan sangat unik Pekerjaan Dancok Cafe (Leaf Chocolate Cafe) adalah tempatnya.

Ada kafe terbuka yang menghadap langsung ke hutan belantara.

Selain asyik dijadikan tempat nongkrong karena bentuknya yang cukup unik, spot dancok cafe ini juga sering dijadikan tempat nongkrong. Pekerjaan Foto pengunjung.

7. Berburu foto

photohunt-coban-rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Berburu foto di Coban Rondo Anda tidak akan keluar Pekerjaan-miliknya.

Di tempat wisata ini banyak Pekerjaan nenek cantik instagis yang dapat digunakan Pekerjaan Foto. noda Ini mengacu pada tempat-tempat air terjun, taman bunga, kebun binatang dan kebun buah-buahan atau Café Dancok.

Alamat Coban Rondo

Tempat wisata ini beralamat lengkap di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Lokasinya tidak jauh dari kota Malang yang hanya berjarak satu jam perjalanan. Jika aksesnya dari pusat Kota Batu, jaraknya tentu lebih sedikit lagi yakni hanya sekitar 12 kilometer.

deskripsi-coban-rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, serta angkutan umum.

Bagi yang dari luar kota bisa ke Kota Malang dulu baru dilanjutkan ke Kota Batu. Setibanya di Kecamatan Pujon, carilah pertigaan patung sapi.

Kemudian dari pertigaan ini masuk ke Gang Sapi dan terus ikuti jalur yang akan membawa anda ke situs Coban Rondo.

Jam buka Coban Rondo

Tempat wisata ini buka selama 24 jam setiap hari.

Tapi itu sama dengan saya Coba Rais atau Coban Talun, Anda bisa memilih waktu terbaik untuk berkunjung, apakah ingin datang di pagi hari pukul 08.00 atau 09.00 hingga 12.00, atau siang hari antara pukul 15.00 hingga 17.00.

Hari jam operasi
Setiap hari 24 jam

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

tiket masuk coban rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung harus membeli tiket masuk.

Tiket masuk tempat wisata ini dijual dengan harga berbeda untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain membeli tiket masuk, Anda juga harus membeli tiket wahana jika ingin mencoba salah satu atau semua wahana yang tersedia.

Daftar Harga tiket masuk dan tiket wahana Coban Rondo dapat dilihat pada tabel berikut ini:

jenis tiket Harga
Tiket masuk (hari kerja) Rp 15.000 (wisatawan lokal) – Rp 25.000 (wisatawan mancanegara)
Tiket masuk (hari libur) Rp 18.000 (wisatawan lokal) – Rp 30.000 (wisatawan mancanegara)
kebun binatang Rp 5.000 (Emengeksplorasi tanaman toga) – Rp 5000 (pakan rusa)
jalan pohon Rp 200.000
merekam video Rp 10.000
sepeda gunung Rp5.000
Segways Rp30.000
Tabung yang menyenangkan Rp35.000
taman labirin Rp 10.000

Fasilitas umum di Coban Rondo

Selain wahana permainan, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Diantara fasilitas yang kita temukan di tempat ini adalah tempat parkir, mushola, toilet, toko souvenir dan warung makan.

Akomodasi Coban Rondo

Sedangkan di kawasan wisata Coban Rondo belum ada penginapan.

Namun jika ingin menginap terutama untuk pengunjung dari luar kota, maka Anda bisa mencari penginapan di kawasan wisata Songgoriti.

Di kawasan ini terdapat hotel dan vila yang disewakan dengan harga mulai dari Rp 150.000 per malam.

penginapan-coban-rondoinstagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Baca juga: Tempat wisata di Malang

Kesimpulan

Demikian gambaran atau rating objek wisata tersebut Coban Rondo Malang.

Obyek wisata ini sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga dimana Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan yang memukau dan berbagai jenis wahana.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button