Berita Wisata

Mulai dari Pantai Batu Karas hingga Green Canyon, inilah destinasi wisata di Pangandaran

Bisnis.com, JAKARTA – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Pangandaran, bukan?

Pantai ini memang menjadi salah satu favorit wisatawan lokal maupun luar yang ingin menikmati pantai dengan biaya yang lebih murah.

Tak jarang Pantai Pangandaran dipadati pengunjung hingga bak cendol.

Ternyata di wilayah selatan Jawa Barat ini tidak hanya terdapat Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran memiliki banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan liburan keluarga.

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat:

1. Pantai Batu Karas

Meski tidak terlalu dekat dengan pantai Pangandaran, sayang sekali jika Anda berkunjung ke Kabupaten Pangandaran namun tidak mengunjungi pantai yang cocok untuk surfing.

Selain itu, pantai Batu Karas masih cukup sepi, sehingga Anda bisa terhindar dari keramaian wisatawan saat liburan tiba.

2. Pantai Karang Nini

Seperti namanya, pantai ini menampilkan pantai dengan bebatuan karang sebagai daya tarik utamanya. Nini dalam bahasa Sunda berarti nenek. Pantai ini menawarkan suasana tenang yang kondusif sembuh dengan ombak yang menghempas karang.

3. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak berada di sekitar Pantai Pangandaran, bisa menjadi rekomendasi wisata laut sebelum atau sesudah mengunjungi Pantai Pangandaran.

Mengutip situs resmi Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Pantai Karapyak akan memperlihatkan gradasi warna laut yang terlihat coklat kemerahan dengan biru laut, pada siang hari. Hal ini terjadi karena adanya pertemuan antara air sungai dan air laut.

4. Air Terjun Bojong Pangandaran

Jika Anda bosan dengan wisata laut, Anda bisa mencoba destinasi wisata yang satu ini. Curug Bojong Pangandaran terletak di desa Sukahurip, sekitar 8,7 km dan sekitar 20 menit dari tugu Pangandaran Marlin.

Meski terselip di tengah hutan dan hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua, pemandangan yang indah dan memanjakan mata akan membayar semua keringat yang dikeluarkan selama perjalanan.

5. Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran menampilkan beragam flora dan fauna seperti monyet ekor panjang, lutung, rusa, kelelawar, landak jawa, biawak, dan bunga rafflesia. Untuk mengakses Cagar Alam Pangandaran, Anda bisa melalui Gerbang Barat atau Gerbang Timur Pantai Pangandaran.

Mengutip situs resmi Pemerintah Kabupaten Pangandaran, di cagar alam ini juga terdapat peninggalan sejarah seperti Situs Batu Kalde, Situs Gua Parat, Situs Batu Meja, Gua Jepang, Gua Lanang, Gua Panggung dan Pemandian Cirengganis.

6. Cukang Taneuh, ngarai hijau

Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah tujuan wisata sungai dengan tebing alam yang menakjubkan terukir di kedua sisinya. Jaraknya sekitar 26 km dari Pantai Pangandaran dan terletak di Desa Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Ngarai ini terbentuk akibat erosi tanah dari aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun, sehingga masuk ke dalam goa stalaktit dan stalagmit yang diapit oleh dua bukit dengan bebatuan yang ditumbuhi pepohonan.

7. Body Rafting Ciwayang

Ciwayang adalah hulu Sungai Green Canyon. Pengunjung akan disuguhkan bentangan alam berbatu di kanan kiri sungai dan akan dikejutkan dengan beberapa spot arung jeram yang akan menguji adrenalin. Waktu yang biasa dihabiskan untuk menyusuri sungai ini sekitar 2,5 jam dan tentunya Anda dipandu oleh guide profesional.

Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Waktu tempuh dari Pangandaran kurang lebih 45 menit.

8. Konservasi penyu

Penyu adalah hewan migrasi yang sering melakukan perjalanan ribuan kilometer antara mencari makan dan bertelur. Tak heran jika populasinya tersebar di seluruh lautan dunia. Namun, saat ini hanya tujuh jenis penyu yang masih bertahan hidup, yaitu: penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing (Lepidochelys kempi), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys). coriacea), penyu pipih (Natator depressus) dan penyu tempayan (Caretta caretta) dan 5 dari 7 spesies di dunia terdapat di Suaka Penyu Batuhiu.

Di kawasan konservasi ini, pengunjung bisa bercengkrama dengan satwa laut tersebut, mulai mengelus, memberi makan, bahkan berfoto bersama penyu-penyu cantik di penangkaran. Jika beruntung, pengunjung diperbolehkan ikut pelepasan tukik (anak ayam panyu) ke laut bersama petugas konservasi.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Konten premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih mendalam Masuk / Daftar

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button