Tempat Wisata

Museum Airlangga: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga atau teman Anda, tetapi Anda belum tahu ke mana harus pergi? Mau wisata edukasi? Mungkin Museum Airlangga adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Museum ini terletak di dekat Gua Selomangleng, tepatnya di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri. Museum yang menyimpan arca batu dan berbagai peninggalan dari masa kejayaan Mataram Hindu ini memiliki nilai sejarah yang sangat menarik. Oleh karena itu, sayang sekali jika Anda sedang berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Nama museum ini diambil dari nama Raja Airlangga yang lahir di Bali pada tahun 990 M dan diperkirakan meninggal pada tahun 1049 M di kawasan belahan Gunung Penanggungan. Airlangga juga bisa diartikan parit Ini adalah pendiri kerajaan Kahuripan dan memerintah dari tahun 1009 hingga 1042. Bangunan museum ini memiliki atap piramida dengan dinding kaca dan papan kayu museum. Ada Patung Penjaga di sudut paling kiri dan kanan. Patung di sebelah kanan menyerupai singa dengan kaki depannya terangkat, sedangkan di sebelah kiri berbentuk raksasa dengan naga di kakinya.

Fasilitas dan akomodasi di Obyek Wisata Museum Airlangga

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Fasilitas tersebut bertujuan agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata ini. Terdapat tempat parkir kendaraan roda dua atau empat yang tidak jauh dari lokasi museum Airlangga, sehingga Anda tidak perlu lagi pusing mencari tempat parkir. Ada juga restoran terdekat untuk pengunjung yang lapar.

Tempat ibadah juga telah disediakan bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajibannya. Tak ketinggalan toilet yang tersedia di beberapa kawasan wisata bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Selain berkesempatan belajar sejarah, Anda juga bisa berfoto ria bersama teman atau keluarga selama menginap. Percuma jika tidak mengabadikan momen-momen tersebut bersama di Museum Airlangga.

Saat ini hunting foto di obyek wisata Museum Airlangga

Jika anda ingin mengunjungi objek wisata Museum Airlangga bersama teman atau keluarga dan berfoto ria, ada beberapa hal yang harus anda ketahui Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa berfoto baik di luar maupun di dalam objek wisata atau dengan patung-patung dan berbagai peninggalan yang ada di Museum Airlangga. Dijamin bikin foto kamu jadi lebih keren dan up-to-date!

Anda juga diperbolehkan memotret pengunjung yang sedang bersantai di dekat objek wisata, namun dengan syarat harus meminta izin terlebih dahulu sebelum memotret. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, lebih baik persiapkan semua rencana Anda dengan matang!

Baca Juga: Museum Cakraningrat, Menjelajahi Wisata Sejarah di Pulau Madura

Akses jalan menuju obyek wisata Museum Airlangga

Tentunya bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan menuju Museum Airlangga. Jangan sampai nyasar, mau ke tempat wisata ini karena buang-buang waktu. Sebenarnya akses jalan menuju Museum Airlangga cukup mudah lho. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. KH Wakhid Hasyim, jalur atau jalur tercepat menuju Museum Airlangga. Untuk informasi lebih lanjut, lihat peta di bawah ini:

Atau bisa juga melalui Jl. Raya Kediri – Pare dan Selongmangleng yang merupakan jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat atau angkutan umum untuk menuju Museum Airlangga. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Tiket masuk obyek wisata Museum Airlangga

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka wisata museum Airlangga

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00

Tips Liburan di Objek Wisata Museum Airlangga

Jika Anda telah mempersiapkan semuanya dengan matang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda berangkat. Pertama, untuk menghormati petugas yang bekerja di objek wisata, Anda diminta untuk tidak meninggalkan sampah di area objek wisata ini. Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Anda juga bisa menyiapkan makanan atau minuman sebelum berkunjung. Yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan saat berwisata atau di Museum Airlangga.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Museum AirlanggaMari berwisata sambil belajar sejarah di Kabupaten Kediri. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Galeri foto Museum Airlangga di Kediri

Selamat datang di Museum Airlangga, Kediri
Pintu masuk ke museum
Peninggalan bersejarah di museum
Suasana pengunjung di dalam museum
Situs di luar museum
Spot foto di Museum Airlangga

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button