Tempat Wisata

Museum Zoologi Bogor: tiket masuk, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika Anda sering berwisata ke Kota Bogor, Jawa Barat, pasti sudah tidak asing lagi dengan Kebun Raya Bogor dengan koleksi tanamannya yang beragam. Usai menikmati indahnya suasana Kebun Raya, tidak ada salahnya untuk melihat-lihat koleksi satwa di Museum Zoologi Bogor. Museum ini berusia 110 tahun dan terletak di tengah rimbunnya pepohonan di kompleks Kebun Raya Bogor. Lokasi Museum Zoologi berada di Jalan Ir. H. Juanda No.9 Bogor.

Museum Zoologi berisi koleksi hewan yang dibekukan dengan merkuri. Museum ini terbagi menjadi dua bagian. Salah satunya dibuka untuk umum setiap hari dan berisi ruang pameran. Museum lainnya sekarang dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober sebagai tempat koleksi.

Fasilitas di Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi ini memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan seperti akomodasi atau hotel dengan tempat parkir kendaraan yang luas. Mushola dan toilet yang ada juga mencukupi.

Keindahan Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi didirikan atas gagasan seorang ahli botani asal Jerman bernama JC Koningsberger yang tinggal di Belanda. Pada awal pembangunannya pada tahun 1894, tempat ini difungsikan sebagai laboratorium zoologi yaitu wadah penelitian zoologi dan pertanian. Dalam perkembangannya, Museum Zoologi pun mengalami perubahan nama sesuai dengan fungsinya.

Karena pendiri museum ini tinggal di Belanda, maka gaya arsitektur bangunan Museum Zoologi kurang lebih bergaya Belanda. Bangunannya memiliki tembok kokoh dengan pintu dan jendela yang tinggi dan lebar. Selain itu, pencahayaan di museum ini agak redup dan suasananya tenang. Pencahayaan muram ini digunakan untuk menjaga warna koleksi museum agar tidak mudah pudar.

Museum Zoologi mempunyai 24 ruangan dan menampilkan 954 jenis satwa berupa tubuh asli yang diawetkan dan sebagian lagi dalam bentuk replika. Koleksi ilmiah museum ini meliputi kategori mamalia, reptil dan amfibi, ikan, burung, moluska, serangga, dan invertebrata lainnya.

Di sekeliling koleksi satwa terdapat ruangan kaca menyerupai akuarium sehingga menciptakan suasana sangat dekat dengan habitat aslinya. Dilengkapi dengan pepohonan dan bebatuan nampaknya hewan-hewan tersebut masih hidup dan bisa kita lihat langsung di habitat aslinya. Dari sini kita dapat mempelajari tentang bentuk, penampakan, tingkah laku dan cara hidup suatu jenis hewan dan ekosistemnya.

Koleksi dan daya tarik terbesar Museum Zoologi adalah kerangka asli paus biru raksasa. Ikan ini ditemukan mati terdampar di Pantai Pameungpeuk Priangan Garut Selatan pada tahun 1916. Paus ini memiliki panjang 27,25 meter dan berat 119 ribu kilogram dengan berat cangkang 64 ribu kilogram. Mamalia ini merupakan mamalia terbesar di dunia.

Koleksi ular yang diawetkan juga terdapat di museum ini. Koleksinya antara lain ular tikus yang panjangnya mencapai 2 meter, dan ular gadung yang mampu meracuni saraf. Ada juga koleksi beruang awetan yang pernah hidup di hutan lebat mulai dari Sumatera, Kalimantan, Malaysia hingga Burma bagian utara.

Berburu foto di Museum Zoologi Bogor

Meski kerangka dan hewan yang diawetkan masih tergeletak tak bergerak di dalam ruangan kaca, namun tetap sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Tempat menarik yang wajib diabadikan di depan kamera adalah kerangka paus biru raksasa yang menjadi simbol Museum Zoologi.

Akses Lokasi ke Museum Zoologi Bogor

Untuk mengunjungi Museum Zoologi kita harus masuk melalui Kebun Raya Bogor. Ada dua cara untuk mencapai hal ini:

  1. Dari Terminal Baranangsiang

Keluar dari Terminal Baranangsiang menuju Tugu Kujang. Di pertigaan, belok kiri menyusuri Jalan Otto Iskandardinata. Jalan lurus dan temui gerbang utama Kebun Raya Bogor.

  1. Dari stasiun kereta api bogor

Jika berangkat dari Stasiun Bogor, Anda bisa naik angkutan umum No. 02 Merah dan berhenti tepat di depan pertigaan angkutan umum Jalan Surya Kencana. Dari situ Anda bisa melihat gerbang utama Kebun Raya Bogor.

Setelah memasuki Kebun Raya, Museum Zoologi berjarak sekitar 50 hingga 75 meter ke kiri atau ke barat.

Biaya masuk Museum Zoologi Bogor

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 25.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Museum Zoologi Bogor

  • Buka hari kerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore
  • Pada akhir pekan buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Museum Zoologi Bogor

  • Jika berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu suasananya cukup ramai.
  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri karena makanan ringan yang tersedia di kompleks Kebun Raya Bogor sangat sedikit.
  • Di beberapa tempat ada fotografer keliling yang menawarkan foto siap pakai. Layanan ini bisa menjadi alternatif jika Anda lupa membawa kamera.
  • Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan pengelola museum zoologi.

Inilah wisata Museum Zoologi di Bogor yang bisa dijadikan destinasi liburan keluarga. Melihat koleksi satwa yang ada di museum ini, kita banyak mendapatkan informasi tentang fauna yang sudah punah dan hampir punah. Tur ke Museum Zoologi Hal ini tentunya akan bermanfaat dan menyadarkan kita akan perlunya menjaga keharmonisan dunia hewan.

Galeri foto Museum Zoologi

Kebun Raya Bogor, tempat dimana Museum Zoologi berada
Museum Zoologi di Bogor
Suasana di museum
Potret burung kasuari di museum
Potret kerangka
Berburu foto di museum

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button