Tempat Wisata

Mushroom Hill Gresik: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk liburan. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Gresik, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Gresik ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan harga murah, contohnya Gunung Jamur.

Bukit Jamur Gresik merupakan objek wisata di Desa Bungah Kecamatan Bungah. Bosan dengan tempat wisata yang biasa seperti pantai atau taman air, anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang menawarkan keunikan yang belum pernah anda lihat sebelumnya di tempat lain seperti yang ada di bukit jamur ini. Banyak pengunjung atau orang yang suka traveling datang ke tempat ini, apalagi setelah Bukit Jamur Gresik dijadikan acara wisata terkenal di salah satu channel TV swasta.

Obyek wisata ini menyuguhkan pemandangan yang mirip ngarai di Semarang, Jawa Tengah. Perbukitan berwarna coklat seperti lumpur kering. Uniknya, payung jamur di gundukan ini berwarna hitam sehingga memberikan kesan sangat mirip dengan jamur asli. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang berdiri sendiri dan mencapai ketinggian 7 meter, ada yang setinggi manusia, ada yang bergerombol, bercabang dan lain sebagainya. Sungguh fenomena alam yang sangat unik yang membuat banyak orang penasaran.

Sedikit sejarah dari gundukan jamur ini adalah gundukan jamur gresik ini dulunya merupakan tambang batu kapur sebelum muncul dalam bentuknya yang sekarang. Seiring berjalannya waktu, tiba-tiba muncul fenomena alam yang disebut “batu jamur”, yaitu perubahan bentuk tanah berbatu menyerupai jamur.

Tanah yang membatu seperti di tempat wisata ini memiliki tingkat kepadatan yang berbeda-beda. Dengan batu jamur, batuan lebih padat di bagian atas, sehingga volumenya tidak mudah berubah. Lapisan di bawahnya bersifat halus dan karenanya mudah tertiup angin. Sudah seperti ini untuk waktu yang cukup lama. Dari sinilah muncul fenomena bukit jamur Gresik.

Fasilitas di Bukit Jamur Gresik

Sayangnya, bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata yang satu ini harus menerima kenyataan bahwa Anda tidak akan menemukan banyak fasilitas karena Bukit Jamur Gresik masih digunakan untuk proyek-proyek. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan;

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Meski harus jalan kaki sedikit, setidaknya tidak perlu khawatir lagi mencarinya.

– Lahan untuk parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung. Tempat parkirnya juga dijamin aman karena ada penjaganya.

– Bilik atau tempat makan

Agak jauh dari Bukit Jamur Gresik Anda bisa menemukan warung dan rumah makan yang menjual makanan dan minuman khas Gresik dengan harga terjangkau. Jika sudah puas dengan kenikmatan jamur batunya, Anda bisa langsung mengisi perut.

Semoga ke depannya pemerintah atau pengelola kabupaten Gresik bisa lebih memperhatikan tempat ini dan membangun fasilitas lain yang dibutuhkan untuk wisatawan.

Berburu foto di Bukit Jamur Gresik

Tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata tanpa membawa kamera untuk berfoto ria bersama keluarga atau teman. Di Bukit Jamur Gresik ini Anda bisa menemukan beberapa tempat menarik untuk fotografi. Kebanyakan anak muda atau pengunjung lain yang datang suka duduk di tengah gugusan bongkahan jamur atau memanjat bongkahan jamur yang lebih tinggi dan stabil untuk pemandangan yang lebih bagus. Pemandangan spot berwarna coklat agak kekuningan ini dari permukaan tanah, ditambah dengan Mushroom Rocks yang unik, akan membuat foto Anda terlihat sangat Instagrammable. Jangan lupa setelah mengunggah banyak foto ke berbagai media sosial yang Anda miliki dan perkenalkan destinasi wisata ini kepada masyarakat luas.

Baca juga: Gunung Surowiti, Di Jejak Siar Sunan Kalijogo

Akses jalan menuju bukit jamur gresik

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan berkendara ke arah barat dari kota Gresik melalui jalur pantura. Setelah melewati jembatan di atas sungai Bengawan Solo Sembayat, Anda akan menemukan pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini, belok kiri dan ikuti petunjuk menuju Dukun. Setelah kurang lebih 1 km ada jalur di sisi kanan jalan menuju ke area penambangan bukit kapur dan pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang, lurus saja sampai ada pertigaan di ujungnya, belok kiri dan ikuti saja jalan tersebut, kemudian akan terlihat gundukan jamur di sisi kanan jalan.

Tiket masuk Bukit Jamur Gresik

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Bukit Jamur Gresik

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke Bukit Jamur Gresik

  • Pastikan kendaraan dalam kondisi baik
  • Bawalah topi dan kacamata jika diperlukan karena cuaca sangat panas di siang hari
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Jangan mencoret-coret batu di sana

Galeri foto Bukit Jamur di Gresik

Selamat datang di Bukit Jamur
Batu menyerupai bentuk jamur
bukit jamur
tempat foto
Berburu foto di Mushroom Hills

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button