Berita Wisata

Musim liburan sebentar lagi, temukan tips menjaga kesehatan anak sebelum pergi berlibur

TEMPO.CO, Jakarta – Sebentar lagi akan tiba momentum liburan sekolah yang bertepatan dengan liburan natal dan tahun baru, tentunya ini adalah saat yang tepat bagi orang tua untuk mengajak anaknya berlibur. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan orang tua sebelum mengajak anak berlibur.

Dokter Spesialis Anak Rista Harwita Putri mengatakan hal terpenting saat mengajak anak berlibur adalah menjaga kesehatannya. Tidak hanya saat liburan, tapi juga sebelumnya.

Tips mengajak anak berlibur

Untuk menjaga kesehatan buah hati, menurut Rista, orang tua bisa melakukan beberapa hal, di antaranya memastikan anaknya mengonsumsi asupan gizi seimbang dan istirahat yang cukup sebelum bepergian. “Lengkapi vaksinasi anak sesuai jadwal sebelum berangkat liburan. Anak-anak di atas usia enam tahun juga harus divaksinasi Covid-19,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 15 Desember 2022.

Agar anak mendapatkan istirahat yang cukup, sebaiknya orang tua membatasi jam bermain dan mengatur waktu istirahat anak selama liburan. “Waktu bermain dan istirahat yang seimbang membuat sistem kekebalan tubuh anak tetap optimal,” kata Rista.

Tak kalah pentingnya, anak-anak harus memastikan mereka makan makanan bergizi selama berlibur. Anak-anak membutuhkan diet seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Hal lain yang juga perlu dipersiapkan adalah pakaian yang sesuai dengan daerah yang akan Anda kunjungi untuk berlibur, memantapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan yang tepat, khususnya untuk destinasi anak-anak yang ramai pengunjung. Jika anak masih belum bisa patuh memakai masker atau masih bayi, sebaiknya orang tua menghindari destinasi yang terlalu ramai.

Selain itu, selalu sediakan termometer, obat penurun panas, dan obat lain yang biasa diminum anak jika rutin mengonsumsi obat tertentu. “Gejala penyakit yang harus diwaspadai seperti timbulnya gejala seperti demam, batuk, pilek, diare setelah lebaran merupakan gejala yang sering terjadi saat lebaran,” ujar Rista.

Hal-hal yang harus diperhatikan orang tua

Selama liburan, anak-anak mungkin sakit atau mengalami gangguan kesehatan. Rista mengatakan jika anak demam, segera ukur suhu anak lalu berikan obat anti demam sesuai usia dan berat badan anak.

“Orang tua juga bisa mengompres hangat pada tubuh anak dan memakai baju tipis yang nyaman dan pastikan anak mau banyak minum air putih,” ujar Rista.

Jika anak batuk dan pilek, periksa kondisi serius seperti sesak napas, bibir pucat, dan tarikan dada ke dalam. Anak batuk dan pilek sebaiknya tidak beraktivitas di tempat ramai dan perlu istirahat yang cukup. Jika anak mengalami diare atau muntah, pastikan kebutuhan cairannya selalu terpenuhi.

Nah bagi para orang tua, sumbangsih dr Rista ini bisa menjadi panduan sebelum pergi berlibur bersama anak agar kesehatan tetap terjaga dan waktu liburan menjadi menyenangkan.

Baca juga: 6 ide liburan bersama anak untuk musim liburan

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button