Berita Wisata

Nakara Cafe, Cafe Berkonsep Literasi di Bandung

TEMPO.CO, Jakarta – Berbagai kafe menarik terus bermunculan di berbagai kota, termasuk Bandung. Wisatawan yang datang ke kota kembang bisa mencoba mampir ke salah satu kafe baru dengan konsep literasi yaitu Nakara Cafe.

Nakara Cafe didirikan oleh PT Nakara Aksara Dunia yang tumbuh dari komunitas literasi berbasis media sosial bertajuk Komunitas Nulis Aja Dulu. Kafe yang bernama lengkap Nakara Café-Books-Learning Space ini tidak hanya menyajikan makanan dan minuman. Selain itu, kafe ini menawarkan kursus pelatihan, mulai dari bahasa asing hingga menulis.

Pendiri Write Only Community First, Irma Susanti Irsyadi mengatakan sejak awal Nakara Café
dimaksudkan sebagai tempat penampungan atau tempat pertemuan yang mengedepankan literasi sesuai dengan tujuan awal pembentukan komunitas. “Dari awal kita sudah berada di segmentasi tertentu yaitu pasar literasi, disinilah letak keunggulan kita,” ujarnya dalam siaran persnya, Senin, 1 November 2022.

Pengunjung dapat mengikuti berbagai kegiatan yang berkaitan dengan literasi. Dari sekadar membaca buku di tempat atau membeli buku hingga menghadiri berbagai kursus pelatihan. Pelatihan yang dapat diambil antara lain pelatihan penulisan berita dan artikel, baik reguler maupun ad hoc dalam bentuk seminar atau workshop serta kursus bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Korea, Perancis, dll. Tentunya pelatihan tersebut dilakukan dengan konsep belajar dalam suasana yang nyaman sambil menikmati snack dan minuman.

Koleksi buku di Nakara Cafe. Dermaga. tulis dulu

Menurut Irma, Nakara juga bisa menjadi tempat pertemuan atau forum diskusi berbagai komunitas dan klub hobi, seperti klub Inggris, klub sejarah, klub sains dan lain-lain tergantung minat. Nakara juga siap berkolaborasi dengan beberapa komunitas rekreasi dan literasi serta dengan mentor yang mengajar di kelas yang berbeda.

Suasana café yang nyaman dengan menu homemade

Nakara Cafe terletak di Jalan Lengkong Besar nomor 51 Bandung. Soft launching kafe literasi ini dilakukan pada Kamis, 27 Oktober dengan mengundang para aktivis pendidikan dan YouTuber Guru Gembul.

Bangunan kafe ini terdiri dari tiga lantai dimana seseorang merasa nyaman dan betah. Hidangan yang disajikan akan memberi Anda kesan menyantap masakan khas rumahan. Menu yang bisa dicoba antara lain makanan pembuka seperti dimsum, cuanki, bumbu cireng rujak, batagor, mini brats dan aneka risol. Kemudian menu utama meliputi aneka ayam, sop iga, nasi goreng kampung, nasi goreng ibu dan nasi goreng Nakara.

Menu snack yang tersedia antara lain sumpia udang, emping galing, sagon, dan emping nasi. Menu yang tidak boleh Anda lewatkan dan nikmati saat membaca buku adalah kopi. Nakara Cafe menawarkan kopi single origin dari Toraja, Ciwidey, Dieng, Wine dan Yellow Catur. Bagi yang tidak suka kopi, pengunjung kafe bisa memilih berbagai jenis teh. Harga menu mulai dari Rp 10 ribu hingga 40 ribu.

Baca juga: Kopi terasa di atas awan, coba kopi di Gunung Telomoyo Magelang

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button