Berita Wisata

Ngarai Sianok pemandangan alam terbaru pecahan Rp 2.000 menjadi daya tarik wisata utama di Sumatera Barat

HARIANHALUAN.COM – Bank Indonesia merilis uang kertas terbaru mulai dari Rp100.000, Rp75.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000 dan Rp1.000.

Pecahan Rp 2.000 edisi 2022 yang menampilkan seorang perempuan menari piring dan mengenakan pakaian Minangkabau menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Barat.

Selain itu, uang kertas pecahan 2000 terbaru juga memuat foto pemandangan indah Ngarai Sianok. Salah satu destinasi favorit Sumatera Barat. Tepatnya di dekat menara jam di kota Bukittinggi.

Baca Juga: Cocok Liburan Tahun Baru, Kunjungi 5 Pantai Indah di Pasaman Barat Sumatera Barat

Tempat ini berada di kawasan Geopark Ngarai Sianok Maninjau. Secara administratif, Ngarai Sianok termasuk dalam wilayah kota Bukittinggi, sekaligus wilayah Kabupaten Agam.

Ngarai Sianok adalah nama sebuah lembah di pinggiran kota Bukittinggi. Kedalamannya sekitar 100 meter dengan panjang 15 km dan lebar 200 m. Ada tanaman rimbun yang bisa memanjakan mata.

Asal usul terbentuknya lembah ini terungkap berasal dari letusan gunung berapi purba yang terletak di Danau Maninjau. Sehingga mengakibatkan terbentuknya penurunan sebagian lempeng bumi dan menimbulkan rekahan berupa jurang yang curam.

Dari patahan panjang yang disebut patahan Semangko hingga membentuk dinding terjal tegak lurus lembah, di dasarnya mengalir Sungai Sianok yang airnya jernih. Dari situ terbentuklah lembah subur yang dikelilingi pemandangan indah.

Sungai Sianok juga memiliki fasilitas wisata arung jeram, kayak, dan kano. Ada spot foto yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Ngarai Sianok yaitu fiwing platform, dari sudut ini Anda bisa mengabadikan tempat ini dengan pemandangan lembah.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button