Berita Wisata

Nikmati keindahan alam dan lumba-lumba di Pantai Lovina

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bali, luangkan waktu untuk bermain di pantai. Namun jika Anda bosan mengunjungi sejumlah pantai mainstream, detikBali punya rekomendasi pantai yang wajib Anda kunjungi, yaitu Pantai Lovina.

Memang lokasi Pantai Lovina cukup jauh dari hiruk pikuk kota Denpasar. Namun, Pantai Lovina menawarkan keindahan alam dan aksi lumba-lumba saat mencari makan di laut.

Nah, aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di Pantai Lovina? Jadi bagaimana Anda mengaksesnya? Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini yuk detikers.

Aktivitas di Pantai Lovina

Pantai Lovina memiliki pesona tersendiri dibandingkan sejumlah pantai di Pulau Dewata. Dirangkum dari beberapa situs biro perjalanan, berikut adalah atraksi Pantai Lovina yang mampu menarik wisatawan.

1. Lihat lumba-lumba

Atraksi favorit Pantai Lovina adalah menyaksikan lumba-lumba berenang di laut mencari makan. Untuk bisa melihat lumba-lumba, Anda harus berangkat pagi-pagi sekali sekitar pukul 06.00 WITA untuk menuju ke tengah laut dengan menggunakan perahu.

Namun jangan khawatir jika tidak memiliki perahu, di sekitar pantai Lovina terdapat jasa wisata yang menawarkan paket melihat lumba-lumba di laut dengan harga Rp 100.000 per orang.

2. Saksikan matahari terbit

Selain melihat lumba-lumba, Anda juga bisa menyaksikan sunrise atau matahari terbit di Pantai Lovina. Jadi, detikers tidak akan bosan saat berlayar di tengah laut untuk melihat lumba-lumba karena disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit yang indah.

3. Keindahan alam bawah laut

Pantai Lovina juga menawarkan dunia bawah laut yang indah. Dari atas perahu Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitar terumbu karang yang indah.

Lokasi dan Cara Menuju Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali tepatnya sekitar 10 km sebelah barat Kota Singaraja. Lokasi Pantai Lovina yang berada di Bali Utara membuat perjalanan cukup jauh dari kota Denpasar.

Jika Anda tinggal di kota Denpasar, akan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke pantai Lovina dengan mengendarai mobil. Namun jika Anda tinggal di kota Singaraja, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke pantai Lovina.

Pada umumnya wisatawan yang menghabiskan liburannya di Pantai Lovina memilih laut karena aksesnya yang lebih dekat. Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, Anda perlu berkendara dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam menuju Pantai Lovina.

Aktivitas menarik di Pantai Lovina

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai Lovina. Dikutip dari detikTravel, berikut sejumlah aktivitas menarik di Pantai Lovina.

1. Saksikan lumba-lumba

Daya tarik utama di Pantai Lovina adalah menyaksikan lumba-lumba berenang hingga ke permukaan laut, perlu diingat bahwa lumba-lumba hanya muncul di pagi hari, jadi sebaiknya Anda tiba di Pantai Lovina sekitar pukul 06:00 WITA.

Untuk bisa menuju ke tengah laut, detikers bisa menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp 100 ribu per orang. Perjalanan dari pantai ke tengah laut memakan waktu sekitar 20 menit.

Sesampainya disana, anda akan melihat kawanan lumba-lumba berenang di laut, jika anda beruntung anda bisa melihat atraksi lumba-lumba yang melompat-lompat di udara.

Sebagai informasi, outing bertemu lumba-lumba ini berlangsung dua kali sehari pada pagi hari, yaitu pada pukul 06:00 WITA dan pukul 08:00 WITA. Jadi jangan sampai ketinggalan!

2. Snorkeling

Selain melihat lumba-lumba, Anda juga bisa snorkeling di sekitar pantai Lovina. Memang, biota laut di pantai Lovina sangat terawat, sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitar terumbu karang.

3. Bersantai di pantai

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan adalah bersantai di pantai. Karena pantai Lovina cukup terkenal dengan keindahan sunrise atau matahari terbitnya. Selain itu, pantai Lovina cenderung lebih sepi, sehingga sangat ideal untuk menikmati suasana sekitar.

Fasilitas umum yang dapat digunakan

Ada berbagai fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan saat berkunjung ke Pantai Lovina. Aksesnya tidak begitu jauh, sehingga mudah untuk mencapainya dengan berjalan kaki atau dengan mobil dengan waktu tempuh yang singkat.

Berikut beberapa fasilitas umum di sekitar Pantai Lovina yang bisa Anda manfaatkan:

  • Toilet umum
  • SPBU (sekitar 8 menit dengan mobil)
  • Supermarket (sekitar 5 menit dengan mobil)
  • RSUD Buleleng (sekitar 15 menit dengan mobil)

Wisata seru di sekitar Pantai Lovina

Jika Anda ingin menjelajahi tempat wisata baru, ada sejumlah tempat wisata menarik lainnya di sekitar Pantai Lovina yang bisa Anda kunjungi. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, masih bisa ditempuh dengan mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 10-20 menit.

Berikut tempat wisata seru di sekitar Pantai Kedonganan:

  • Pemandian Air Panas Banjar (sekitar 25 menit dengan mobil)
  • Adjani Bali (sekitar 10 menit dengan mobil)
  • Kuil Brahmavihara Arama (sekitar 23 menit dengan mobil)
  • Pantai Pura Penimbang Barat (sekitar 15 menit dengan mobil)
  • Air Terjun Tembok Barak (sekitar 25 menit dengan mobil)

Demikian penjelasan mengenai Pantai Lovina dengan atraksi, lokasi, akses, aktivitas menarik, fasilitas umum yang bisa digunakan dan wisata seru. Bagi yang penasaran ingin melihat lumba-lumba berenang bebas di laut, tambahkan Pantai Lovina ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi selama di Bali!

Saksikan Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Kuliner Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(si/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button