Berita Wisata

Nikmati keindahan Pantai Oetune, gurun pasir ala NTT yang eksotis

Newsletter Indonesia News.com

TIMOR TENGAH SELATAN, NTT — Siapa sangka negara tropis seperti Indonesia juga memiliki gurun pasir yang eksotis? Bukan gurun pasir semata, melainkan pantai dengan hamparan pasir putih luas yang terlihat seperti gurun pasir. Pantai tersebut adalah Pantai Oetune yang terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Wisata Gurun Oetune dikenal luas sebagai gurun terluas di Indonesia, dengan luas sekitar 100 meter persegi. Pantai Oetune memiliki ombak yang sangat unik, ombaknya bergulung silih berganti. Selain itu, kondisi pasirnya sangat lembut.

Pengunjung yang datang biasanya karena penasaran dan ingin merasakan sensasi berjalan di atas butiran pasir berwarna coklat tersebut. Mereka kemudian mengabadikan momen tersebut dengan berfoto seolah sedang berada di gurun Sahara.

Dengan gundukan pasir alami yang terbentuk oleh angin dan hamparan langit biru yang indah, tempat ini menarik untuk berfoto. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berjalan-jalan dan mengabadikan momen di atas butiran pasir putih seolah berada di Gurun Sahara, Anda bisa mengunjungi Pantai Oetune.

Lokasi pantainya sangat luas, sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Di sekitar pantai juga terdapat pohon Kasuru yang berjejer sekitar 6-8 meter dan bisa dipastikan sudah berumur puluhan tahun.

Memang Pantai Oetune sangat mirip dengan Pantai Parangtaritis di Yogyakarta, keduanya memiliki gumuk pasir atau gurun pasir. Satu-satunya perbedaan adalah warna pasirnya. Jika di Pantai Parangtritis memiliki warna pasir hitam sedangkan di Pantai Oetune memiliki warna pasir putih.

Banyak pantai di Oetune yang dipilih sebagai lokasi foto sebelum pernikahan karena lokasinya yang indah dan menawan. Di kawasan pantai ini juga banyak tumbuh pohon lontar, tak heran anak-anak sekitar pantai menjual buah lontar kepada pengunjung, biasanya harga per buah lontar sekitar Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Wisatawan sudah bisa menikmati segarnya air dan daging buah lontar sambil menikmati keunikan suasana dan keindahan Pantai Oetune.

Beberapa infrastruktur pendukung juga telah dibangun di pantai ini. Dari jalan setapak di pinggir pantai, aneka kios, hingga toilet, sudah ada sebagian di pantai Oetune. Selain itu juga terdapat lopo atau rumah khas penduduk pulau Timor yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat atau relaksasi.

Pantai Oetune berjarak sekitar 115 kilometer dari pusat kota Kupang dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam. Pengunjung dapat terlebih dahulu menyewa kendaraan di Kota Kupang atau menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju pantai. Tiket masuk untuk menikmati pantai Oetune sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per orang.

Seperti itu:

Saya suka memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button