Tak Berkategori

Nikmati keindahan Pantai Tembles, pantai pasir hitam menakjubkan di Jembrana

Rasakan pesona Pantai Tembles di Jembrana, tempat terbaik untuk menikmati keindahan pantai pasir hitam eksotis yang memanjakan mata dan jiwa.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pemutaran, distrik. Mendoyo, Cab.Jembrana, Bali; Map: Periksa lokasinya

Koleksi pantai-pantai di Jembrana, Bali merupakan suguhan yang tak terlupakan. Ke mana pun Anda pergi, masing-masing memiliki kekhasan dan kekhasannya masing-masing.

Termasuk Pantai Tembles yang keunikannya terletak pada warna dan tekstur pasirnya. Biasanya pasirnya berwarna putih, namun kali ini berwarna hitam dan teksturnya bervariasi.

Pantai ini tidak banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya, hanya pada waktu-waktu tertentu saja ada pengunjungnya. Kebanyakan dari mereka adalah penduduk lokal atau mereka yang melakukan perjalanan dan menjelajahi pantai.

Namun keindahan alam yang dihadirkan tak kalah dengan pantai-pantai populer di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Pantainya membentang cukup panjang, namun tidak terlalu lebar. Untuk berpindah dari satu ujung ke ujung lainnya, Anda memerlukan setidaknya 30 menit.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Dinding-dinding batu yang berjejer rapi membatasi satu sama lain di sepanjang pantai. Pemandangan ini semakin eksotis, pasir hitamnya seolah menyatu dengan bebatuan tahan aus.

Daya Tarik Pantai Tembles

Daya Tarik Pantai TemblesFoto oleh Pradnya Pradipa di Google Maps

Pantai cantik ini mempunyai beberapa daya tarik yang mungkin tidak ditemukan di pantai lain. Memang tidak terlalu ramai, namun selalu ada wisatawan yang datang untuk menikmati keindahannya.

Pasir hitamnya yang unik, garis pantai yang panjang, dan suasananya yang damai menjadi daya tarik utamanya.

Keindahan Pantai Tembles

Dibandingkan pantai lain di Bali, mungkin kali ini kurang mempesona. Namun tetap memiliki ciri dan keindahan tersendiri. Misalnya saja dari pantai yang hampir lurus.

Di sekitar pantai terdapat tanggul batu alam yang berbentuk seperti bendungan untuk mencegah abrasi dan air pasang.

Pemandangan di Pantai Tembles Jembrana sungguh indah, apalagi jika dipadukan dengan pasir hitamnya yang halus. Saat Anda berjalan di atasnya, sebagian pasir beterbangan karena lembut sekali.

Pasir ini juga mempunyai keistimewaan yaitu ketika terkena sinar matahari. Saat itu bersinar seperti kristal karena masih mengandung garam.

Warna airnya yang tidak kebiruan atau hijau memancarkan pesona laut lepas. Pantai cantik ini berwarna agak coklat namun tetap jernih dan enak dipandang.

Ombaknya relatif tenang dan hanya terjadi angin kencang pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, tidak mampu menimbulkan gelombang tinggi sehingga cocok untuk aktivitas air.

Suasana damai dan tenang

Pantai Tembles belum terlalu banyak dikunjungi sehingga suasananya cukup tenang dan damai. Wisatawan yang suka keramaian kurang cocok kesini.

Namun bagi yang menginginkan suasana damai, pantai ini menjadi tujuan utamanya. Selain itu, banyak tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar kawasan wisata sehingga menambah asri suasana.

Bersantai di tepi pantai sekaligus menikmati suasana alam adalah pilihan yang tepat. Hembusan angin tak hanya membuat dedaunan bergoyang, tapi juga membelai permukaan kulit.

Selain itu, terdapat paviliun dan area tempat duduk di beberapa pantai. Anda bisa menggunakannya sebagai sarana penyembuhan dengan ketenangan yang sesungguhnya.

Pantai yang bersih dan terawat

Jika sepi pengunjung, bukan berarti Pantai Tembles tidak memiliki kelebihan. Faktanya, hal ini bisa menjadi potensi keuntungan bagi sebagian wisatawan.

Selain suasananya yang damai dan tenang, pantai ini juga relatif bersih. Pengunjung tidak akan menemukan sampah berserakan di sepanjang pantai.

Anda juga tidak akan melihat adanya sampah yang mengapung di permukaan laut. Hanya beberapa helai daun yang tertiup angin menjadi sampah di sini. Selain bersih, kondisinya juga tampak terawat dan cukup rapi.

Gazebo dan bangku tersedia, berjajar rapi dan dalam kondisi baik. Untuk memudahkan akses wisatawan, terdapat akses berupa tangga menuju pantai.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai TemblesFoto oleh Hanami Bali di Google Maps

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Pantai Tembles setelah membaca pembahasan diatas? Pertama anda perlu mengetahui lokasinya yaitu di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

Jarak dari Alun-alun Kota Negara pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 13 kilometer yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Anda dapat mengunjungi kota ini menggunakan kendaraan pribadi, penyedia jasa perjalanan atau bahkan angkutan umum. Namun untuk menghemat biaya, lebih disarankan menggunakan sepeda motor atau mobil sendiri.

Anda tidak perlu khawatir mengenai rutenya karena dijamin mudah ditemukan. Jika anda berangkat dari pusat kota, silahkan menuju Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk.

Sesampainya di Alun-Alun Pergung, ambil arah menuju Pasar Tegal Cangkring. Jalur terdekat menuju Pantai Tembles Jembrana adalah Jalan Pudak, sekitar 4 kilometer dari pasar.

Berjalan lurus di jalur utama sekitar 600 meter dan Anda akan sampai di Jalan Setre Tembles, dimana pantai indah ini berada. Segala pesona dan keindahan pantai ini bisa dinikmati kapan saja, bahkan setiap hari.

Sebab, tidak ada jam operasional yang ditetapkan, atau bisa dibilang buka 24 jam setiap harinya. Anda tidak perlu membeli tiket karena tiket masuk ke kawasan pantai ini masih gratis.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Pantai TemblesFoto oleh Kadek Asek di Google Maps

Tidak dipungut biaya masuk ke kawasan wisata bahari ini, namun bukan berarti Anda tidak akan merasakan sesuatu yang menarik.

Sebaliknya, selain berbagai atraksi di atas, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan. Semuanya menarik dan mengasyikkan, pilihannya tergantung individu masing-masing.

1. Menikmati suasana khas pantai

Tidak terlalu indah, tapi masih layak untuk dilihat dan dinikmati. Apalagi bagi yang belum pernah mengunjungi pantai ini, pantai ini bisa Anda jadikan pilihan utama.

Suasana Pantai Tembles benar-benar terasa, suara deburan ombak, semilir angin sepoi-sepoi, dan aroma laut yang khas. Keadaan hening membuat pikiran menjadi tenang dan tenteram.

2. Berjemur di pinggir Pantai Tembles

Jangan sampai ketinggalan dengan wisatawan mancanegara yang gemar berjemur di tepi pantai karena aktivitas serupa juga bisa Anda lakukan di Pantai Tembles.

Namun berbeda dengan pantai populer lainnya di Bali yang tersedia tikar, bangku, atau payung. Ini tidak tersedia di sini jadi harap bawa sendiri dari rumah.

3. Bermain dengan pasir

Selain dua aktivitas seru di atas, Anda juga bisa bermain pasir di pinggir Pantai Tembles Jembrana. Teksturnya yang lembut cocok sebagai pembawa permainan.

Anda bisa menggali lubang yang terisi air saat ada ombak. Kegiatan ini semakin seru jika Anda datang bersama keluarga, terutama anak-anak.

4. Bersantai di gazebo

Laut, pasir hitam, tanggul batu – inilah pemandangan yang Anda dapatkan di Pantai Tembles. Setelah bendungan terdapat jalan setapak yang memungkinkan akses keindahan pantai.

Di samping jalan setapak ini terdapat beberapa paviliun yang tertata indah di mana Anda dapat bersantai, berteduh, dan menikmati suasana.

5. Kegiatan foto

Jika selama liburan Anda tidak mencari spot foto, maka aktivitas Anda bisa dianggap kurang lengkap. Apapun tempat wisata yang Anda kunjungi, terutama pantai. Faktanya, tidak ada properti khusus yang bisa dijadikan spot foto.

Kebetulan keindahan alam dan suasana sekitar pantai bisa dijadikan backdrop untuk pengambilan gambar yang sempurna.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai TemblesFoto oleh Agung Nursabil di Google Maps

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Tembles memang belum banyak, namun cukup memadai. Tempat parkir yang nyaman tersedia untuk pengemudi dan pengendara sepeda motor. Terdapat kios-kios yang menjual makanan dan minuman di area tersebut.

Jika perlu Anda bisa menggunakan toilet yang letaknya tidak jauh dari kandang. Fasilitas lainnya meliputi paviliun dan bangku untuk tempat duduk santai.

Bali selalu dikenal dengan alamnya yang indah dan mempesona. Ada banyak pilihan untuk merencanakan liburan Anda, terutama jika menyangkut pantai. Semuanya mempunyai daya tarik dan ciri khas tersendiri.

Jika Anda menginginkan suasana tenang dan damai, Pantai Tembles di Jembrana bisa menjadi pilihan utama Anda karena pengunjung di sana masih sangat sedikit.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button