Berita Wisata

Nikmati pesona Pantai Greweng di Yogyakarta, tempat eksotik yang cocok untuk camping dan tahun baru

INSIDEN24.COM – Wisata di Yogyakarta sepertinya tidak ada habisnya untuk memukau para wisatawan, segala macam destinasi wisata seru bisa anda kunjungi mulai dari wisata budaya, kuliner dan pantai.

Anda bisa mengunjungi Pantai Greweng di Yogyakarta bersama keluarga dan teman saat liburan akhir tahun.

Pantai Greweng terletak di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Wediombo yang lebih dikenal masyarakat.

Baca juga: The Kharma Villas, pilihan menginap estetika Bali dengan kolam renang pribadi di Yogyakarta

Letaknya hanya di sisi timur Pantai Wediombo bahkan bisa ditempuh dengan tracking dari Pantai Wediombo.

Untuk mencapai Pantai Greweng dibutuhkan waktu 2 jam dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 74 km seperti yang tertera pada visitjogja.jogjaprov.go.id.

Akses menuju Pantai Greweng cukup sulit, karena setibanya di tempat parkir pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km untuk mencapai pantai ini.

Dibutuhkan 20 menit berjalan kaki untuk menikmati pantai Greweng. Namun jangan khawatir, karena di sepanjang jalan pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang indah untuk disaksikan.

Saat berjalan menuju pantai, pengunjung akan menemukan hutan yang dipenuhi batu karst di sekitarnya, hutan ini disebut hutan batu.

Batuan karst ini banyak dijumpai di kawasan Gunungkidul. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menemukan sungai yang mengalir menuju pantai.

Sungai yang memisahkan hutan dan pantai ini berasal dari salah satu sumber air terdekat. Jika pengunjung berjalan atau menyusuri Pantai Wediombo, maka akan menjumpai hamparan sawah dan kebun warga yang asri.

Baca Juga: Bakso Sumsum Yogyakarta, Yuk Nikmat Gurih dan Nikmat, Dijamin Bikin Nagih!

Selain itu, pengunjung dapat menemukan gua yang berdekatan dengan Pantai Greweng. Konon di gua inilah Presiden Soekarno bersemedi di sana.

Gua ini dianggap sebagai gua sempit yang dipenuhi bebatuan tajam. Siapapun tidak diperbolehkan memasuki gua ini.

Tidak berhenti sampai di situ, pengunjung bisa menemukan area yang ditumbuhi pepohonan di sekitar jalan. Menurut masyarakat setempat, lokasi tersebut merupakan pasar ghaib atau pasar jin. Ada banyak cerita mistis tentang pasar alam magis ini.

Selain itu, Pantai Greweng menawarkan panorama pantai yang khas dengan pasir putih, air laut yang biru dan suara ombak, garis pantai Pantai Greweng relatif kecil, hanya sekitar 150m.

Pantai Greweng diapit oleh 2 bukit karst di setiap sisinya yang membentuk teluk, dilihat dari atas menggunakan drone.

Perbukitan yang tinggi ini menutupi Pantai Greweng, sehingga ombak yang dihasilkan tidak begitu kuat karena terhalang oleh perbukitan karst.

Pantai Greweng juga merupakan tempat yang populer untuk berkemah. Letaknya yang terpencil, pantai yang cukup landai, ombak yang kecil serta suasana yang tenang membuat pengunjung ingin berkemah di sana.

Baca juga: Gudeg Mercon Bu Tinah Yogyakarta Gurihnya Bikin Ngakak, Pedasnya Bikin Geleng-geleng Kepala, Berani Coba?

Jangan heran jika saat akhir pekan banyak didirikan tenda di sini. Sebaiknya bawa perlengkapan camping sendiri ya, karena tidak ada perlengkapan camping atau tenda yang bisa disewa di sini.

Tiket masuk ke Pantai Greweng dikenai biaya Rp 10.000 per orang. Tiket sudah termasuk Pantai Wediombo.

Untuk biaya parkir motor Rp 3.000 untuk sekali berkunjung dan Rp 5.000 untuk menginap semalam. Dan parkir, Rp 5.000 untuk berkunjung dan Rp 10.000 untuk bermalam.***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button