Tempat Wisata

Observatorium Bosscha: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bandung tidak pernah berhenti menghadirkan tempat wisatanya. Sebagai pusat ibu kota Jawa Barat, selalu ada kebutuhan untuk berdiskusi mengenai kawasan ini, terutama terkait dengan banyaknya wisata yang ditawarkan di sana.

Sedikit bergeser ke wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), lebih khusus lagi wilayah Lembang, terdapat wisata unik dan menarik yang dijadikan sebagai ajang berlibur dan belajar. Tempat wisata ini menawarkan hiburan dan pengetahuan yang sangat baik untuk memperluas wawasan anak-anak.

Observatorium Bosscha atau biasa disebut wisata teropong Bosscha-Bandung merupakan tempat melihat bintang luar angkasa tertua di Indonesia. Wahana penjelajahan luar angkasa ini digagas oleh mahasiswa astronomi ITB. Jadikan tempat ini sebagai sarana pembelajaran dan alternatif liburan yang menyenangkan.

Fasilitas di Observatorium Bosscha

Sebagai salah satu tempat penelitian luar angkasa pada masanya, Observatorium Bosscha Lembang Bandung kini memiliki 5 teleskop yang digunakan sebagai alat penelitian luar angkasa dan taman wisata edukasi murah di Bandung.


  1. Bima Sakti Schmidt

Teropong ini digunakan untuk mengetahui Bima Sakti, observasi asteroid, dan spektrum bintang supernova. Teleskop ini juga dapat mengambil foto benda-benda luar angkasa. Dengan alat ini Anda dapat mengamati berbagai galaksi di tata surya.


  1. Refraktor ganda Zeiss

Teleskop ini berfungsi sebagai alat untuk menentukan koordinasi orbit bintang, mengukur jarak bintang, menentukan pergerakan bintang, mengamati komet, planet Mars, Saturnus, dan Jupiter, hingga spektrum bintang Be.


  1. Refraktor Bamberg

Sedangkan teleskop ini dapat digunakan untuk menentukan jarak skala bintang, mengamati kawah di bulan, mengukur fotometri gerhana, serta mengamati matahari dan objek luar angkasa lainnya.


  1. Refraktor unitron

Teleskop ini sering digunakan oleh mahasiswa ITB di bidang astronomi dan digunakan untuk mengamati semua benda luar angkasa. Anda juga dapat menggunakan teleskop ini untuk melihat dan melihat berbagai objek di luar angkasa.


  1. Teleskop Gotos Cassegrain

Berbeda dengan teleskop asal Jepang, alat ini dapat digunakan untuk mengukur intensitas cahaya bintang dan mengamati spektrum galaksi bintang-bintang di langit tata surya.

Sejarah Observatorium Bosha

Observatorium Bosscha atau Tur Teropong Bintang Luar Angkasa berlangsung di kawasan wisata Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota Bandung. Dulunya Observatorium Bosscha bernama Bosscha Sterrenwacht dan digagas sebagai salah satu proyek terpenting pada masa Hindia Belanda.

Pembangunan tempat ini bukan tanpa alasan, pasalnya pada abad ke-20 para astronom Hindia Belanda memanfaatkannya untuk penelitian non-numerik. Pada 17 Oktober 1951, properti yang semula dikelola oleh Persatuan Bintang Hindia Belanda (NISV) itu diserahkan kepada pemerintah Indonesia.

Delapan tahun kemudian, tempat wisata bersejarah di Bandung ini dikelola oleh Perguruan Tinggi ITB Bandung. Dan hingga saat ini, situs Observatorium Bosscha masih sering dijadikan sebagai tempat penelitian luar angkasa tertua di Indonesia.

Berburu foto di Observatorium Bosscha

Tempat wisata di Lembang Bandung ini sangat cocok dijadikan wahana bermain sambil belajar tentang sistem astronomi di berbagai wahana stargazing yang ditawarkan. Tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Bagi Anda yang tak ingin melewatkan momen spesial berlibur di Taman Teropong Berbintang Bersejarah Bandung, ada beberapa tempat yang bisa Anda manfaatkan. Tempat wisata ini memiliki taman atau garden yang bisa dijadikan arena foto menghadap gedung Observatorium Bosscha Bandung Barat.

Bentuk bangunan unik berwarna putih dengan pemandangan sekeliling yang indah dan jadikan tempat ini sebagai tempat terbaik untuk berburu foto Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto dari berbagai sudut menarik di dalam gedung.

Biaya masuk ke Observatorium Bosscha

  • Biaya masuk pagi hari: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk pada malam hari: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Observatorium Bosscha

  • Selasa: 09.00 – 10.30
  • Rabu: 11.00 – 12.30
  • Kamis: 13.00 – 14.30
  • Jumat: 09.00 – 10.30, 13.00 – 14.30

Peta Observatorium Bosscha

Tips mengunjungi Observatorium Bosscha

Bagi Anda yang tertarik dengan benda-benda luar angkasa, tempat wisata hemat di Bandung ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun ketika Anda berkunjung ke sana, ada beberapa tips yang perlu Anda ingat.

  • Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan luar angkasa, berkunjung pada malam hari sangat cocok.
  • Untuk menghemat biaya perjalanan, gunakanlah kendaraan pribadi saja.
  • Ajak keluarga, saudara, dan teman kamu untuk menikmati liburan ini sambil belajar.

Ini beberapa ulasannya Observatorium Bosscha di Kabupaten Bandung Barat yang murah dan dapat menjadi pilihan taman bermain edukasi terbaik untuk bermain dan belajar tentang sistem tata ruang.

Galeri foto Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Potret pengunjung
Berburu foto di Bosscha
Potret Bosscha di malam hari
Mengamati bintang dan luar angkasa dari Observatorium Bosscha

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button