Berita Wisata

Obyek wisata candi prambanan, nikmati kemegahan candi peninggalan hindu terbesar di yogyakarta ini

JURNALACEH.COM- Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diperkirakan pembangunan candi ini dimulai pada pertengahan abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya, Raja Balitung Maha Sambu.

Hal itu dibuktikan dengan isi prasasti syiwaghra yang ditemukan di sekitar candi Prambanan yang kini disimpan di Museum Nasional di Jakarta.

Dari prasasti diketahui bahwa pembangunan candi ini untuk memuliakan 3 dewa Trimurti dalam agama Hindu yaitu Dewa Wisnu, Brahma dan Siwa.

Baca juga: Liburan ke Sumedang, Jangan Lewatkan Wisata Populer Ini

Kekhasan candi ini adalah pembangunannya yang berpedoman pada tradisi arsitektur Hindu kitab Wastu Sastra, yaitu pembangunan candi mengikuti model mandala dan ketinggian yang menjulang khas agama Hindu.

Candi Prambanan memiliki bentuk yang mengikuti Gunung Mahameru yang dikeramatkan yang konon merupakan tempat tinggal para dewa. Pola kompleks itu sendiri juga mengikuti alam semesta, yang dalam agama Hindu dibagi menjadi beberapa lapisan, yaitu bumi, alam, atau tempat.

Candi ini meliputi 3 candi utama yang melambangkan Trimurti agama Hindu, yaitu candi Wisnu, candi Brahma dan candi Siwa.

Selain 3 candi utama, juga terdapat 277 candi, yaitu 3 candi Wahana, 2 candi Apit, 4 candi Kelir, 4 candi Patok dan 224 candi Perwara. Dengan demikian, jumlah keseluruhan candi yang ada di kompleks candi Prambanan adalah 240 candi.

Candi ini oleh UNESCO dijadikan sebagai salah satu warisan dunia di Indonesia. Itu karena kemegahan dan keindahan candi berusia ratusan tahun ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button