Berita Wisata

Operasi lilin hari kedua, polisi memantau lalu lintas di tempat wisata dan gereja

INDOPOS.CO.ID – Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) lebih fokus memantau pergerakan kendaraan ke sejumlah jalur wisata Tanah Air. Ini merupakan bagian dari hari kedua Operasi Lilin 2022.

Operasi Lilin 2022 dilakukan selama dua minggu, sejak 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka verifikasi persiapan keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Kegiatan (Operasi Lilin) ​​hari ini, kita tetap fokus pada kelancaran arus lalu lintas terutama di jalur wisata, kemungkinan ada peningkatan spot wisata di kawasan ujung dan kawasan wisata lainnya,” ujar Dirjen Hukum. Penegakan Hukum (Dirgakum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Aan Suhanan di Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Pihaknya menerapkan reverse traffic engineering atau sistem kontrol, yang dilakukan untuk mengubah sebagian arah arus lalu lintas kendaraan agar tidak terjadi kemacetan.

“Tadi pagi kami salah jalan dari Ciawi ke Gadog karena ada peningkatan lalu lintas,” kata Aan.

Pada malam hari, fokus pada pengaturan lalu lintas di sekitar tempat ibadah untuk pesta Natal 2022. Rekayasa lalu lintas mungkin terlibat.

“Malam ini kita akan fokus ke tempat ibadah, untuk jalur di sekitar tempat ibadah, bisa dilakukan rekayasa lalu lintas di beberapa area untuk mempermudah di sekitar tempat ibadah,” jelas Aan.

Jika sesuai prakiraan dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, puncak arus masuk liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan terjadi selama dua hari. Dari kemarin dan hari ini. Namun, tidak ada peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan. “Malam sampai dini hari (tadi malam) tidak terjadi, kebangkitan yang berarti,” kata Aan.

“Mungkin hari ini. Kita masih antisipasi, mungkin. hari ini masih ada trip timur atau barat ke tempat wisata, yang jelas ada peningkatan ya seperti di Puncak Bogor,” imbuhnya. (dan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button