Berita Wisata

Pada hari terakhir liburan sekolah, lalu lintas objek wisata Lembang menuju Bandung macet

Laporan wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT – Kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada hari terakhir libur sekolah, Minggu (8/1/2023).

Sejumlah ruas jalan dari Lembang hingga Kota Bandung macet karena banyak wisatawan yang kembali ke tempat asal setelah berlibur bersama anak-anaknya di sejumlah tempat wisata.

Kemacetan lalu lintas terjadi di sekitar Lembang Scenic Market dan jalan-jalan utama seperti di sekitar perempatan Beatrix dan di kawasan objek wisata Lembang Farmhouse dan The Great Asia Africa (TGAA).

“Arus lalu lintas pada hari terakhir libur panjang di Lembang meningkat. Untuk mengurangi kepadatan, kami melakukan rekayasa kendaraan di jalan raya,” kata Kapolsek Lembang Kompol Hadi Mulyana di Lembang, Minggu (8/1/2020). 2023).

Menurut dia, kemacetan pada sore hari terjadi karena wisatawan sudah meninggalkan Lembang dan sekitarnya untuk kembali ke daerah asalnya, sehingga lalu lintas meningkat.

Baca Juga: Tersangka korupsi aset desa senilai Rp 30 miliar, Lurah Cibogo Lembang diskors

“Maka untuk mengurai kemacetan, anggota Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi memberlakukan buka tutup agar kendaraan tidak macet,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengoptimalkan beberapa jalur alternatif menuju Kota Bandung karena kondisi lalu lintas di jalur alternatif seperti Punclut dan Dago Giri yang padat dan padat.

“Bagi masyarakat yang akan keluar Lembang, kami ingatkan untuk berhati-hati karena siang ini cuaca dilanda hujan lebat,” kata Hadi.

Humas pasar terapung, Intania Setiati mengatakan, sejak liburan Natal dan Tahun Baru 2023 hingga masa liburan sekolah, dalam satu hari ribuan wisatawan turun ke objek wisata pasar terapung.

Baca Juga: Wisata Religi Sejarah Di Pulau Penyengat Kepualan Riau Ada Masjid Unik Putih Telur

“Ada kenaikan 30% jumlah wisatawan karena sekarang cuacanya juga bagus,” ujarnya.

Kunjungan wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru serta liburan sekolah, kata Intan, didominasi wisatawan dari luar seperti Jakarta, Bogor, Depok, dan Karawang.

“Bahkan ada yang dari Sumatera dan Jawa Tengah. Tapi Jabodetabek masih mendominasi,” kata Intan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button