Berita Wisata

Padahal memiliki desa wisata terbaik di dunia

Jakarta

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Yogyakarta merupakan provinsi termiskin di Pulau Jawa. Padahal kawasan ini memiliki banyak tempat wisata yang menjadi sumber penghasilan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi pertanyaan Yogyakarta sebagai destinasi wisata unggulan namun tergolong provinsi miskin. Menurutnya, BPS memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan tingkat kemiskinan, namun bukan berarti pariwisata di Yogyakarta juga lamban.

“BPS tentu punya perhitungan sendiri, tapi yang jelas Yogyakarta punya destinasi yang luar biasa,” kata Sandiaga dalam jumpa pers mingguan, Selasa (24/1/2023).

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

“Jadi ada desa wisata terbaik di dunia di desa wisata Nglanggeran Gunung Kidul, ada desa wisata Sari yang penting di Sleman, ada desa wisata Tinalah di Kulon Progo,” tandasnya.

Menurut Sandiaga, Yogyakarta sudah tepat mendorong sektor pariwisata untuk menggairahkan perekonomian. Memang, pariwisata terbukti mampu menyediakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat.

“Ternyata pariwisata melalui berbagai data yang kami olah mampu menciptakan lapangan kerja 6 kali lipat. Kami melihat dengan penambahan lapangan kerja, tambahan pendapatan, kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan ini yang akan kita dorong di Asean Tourism Forum,” ujarnya.

Forum Pariwisata ASEAN akan diselenggarakan dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 di Yogyakarta. Sandiaga menjelaskan persiapan sudah mencapai 97% dan Yogyakarta siap menyambut para delegasi.

“Kami berharap semakin banyak investasi di sektor pariwisata, membuka peluang usaha dan lapangan kerja sehingga kesejahteraan meningkat dan penambahan lapangan kerja ini tentunya akan meningkatkan taraf hidup sehingga angka kemiskinan berkurang,” ujarnya.

Sebelumnya, menurut BPS, pada September 2022, Yogyakarta memiliki angka kemiskinan 11,49% dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 463.630 jiwa. UMP Yogyakarta tahun 2023 sebesar Rp 1.981.782,36 atau terkecil kedua setelah Jawa Tengah.

Sedangkan Yogyakarta masih menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Jumlah wisatawan di Yogyakarta hingga Oktober 2022 sebanyak 5,9 juta orang.

Simak videonya ” Sandi Tegaskan Kesetiaannya pada Gerindra, Siap Dukung Keputusan Partai “
[Gambas:Video 20detik]
(bulan/bulan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button