Berita Wisata

Padang Mangath: Selandia Baru Indonesia di sebelah barat Sumatera, pemandangannya menakjubkan

INDOZONE.ID – Soal pemandangan alam, Indonesia juaranya. Seperti di wilayah Sumatera Barat yang memiliki alam yang eksotis dan indah. Salah satunya yang membuat saya takjub adalah Padang Mangateh yang terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Tempat wisata alam di Padang Mangateh ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan alam yang menakjubkan ditambah dengan hamparan padang rumput hijau yang luas sehingga menjadi ciri khasnya.

Bahkan Padang Mangatah juga dijuluki sebagai New Zealand-nya Sumatera Barat. Jarak dari Padang Mangateh ke kota Padang sekitar 136 km, dan dari kota Payakumbuh hanya sekitar 12 km.

lapangan mangathPadang Mangateh, Sumatera Barat. (Kreator Z/Rivo Wijaya)

Di balik keindahannya, tahukah Anda bahwa Padang Mangath sebenarnya adalah peninggalan zaman penjajahan Belanda. Yang mana, dahulu tempat ini digunakan sebagai peternakan kuda kemudian pada tahun 1936 digunakan sebagai peternakan sapi yang didatangkan dari Bengal, India.

Karena saat itu Belanda sedang dalam masa jayanya, produk peternakan sapi ini dikirim ke beberapa negara lain. Karena kualitas daging sapinya sendiri cukup bagus, itulah sebabnya Belanda terus mengembangkan peternakan ini.

lapangan mangathPadang Mangateh, Sumatera Barat. (Kreator Z/Rivo Wijaya)

Namun, ketika Perang Dunia Kedua pecah, Belanda mulai meninggalkan Nusantara. Pada akhirnya, lahan pertanian ini menjadi salah satu peninggalan yang hingga saat ini masih digunakan sebagai peternakan berbagai jenis ternak.

Diketahui, peternakan ini resmi dikelola oleh Balai Tinggi Ternak dan Makanan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangateh di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Dan untuk populasi sapi potong BPTU Padang Mangateh saat ini sebanyak 1.387 ekor, dibandingkan tahun sebelumnya, total populasi sapi meningkat 20,95%.

lapangan mangathPadang Mangateh, Sumatera Barat. (Kreator Z/Rivo Wijaya)

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke New Zealand, Sumatera Barat, Anda tidak perlu khawatir untuk membayar tiket masuk, karena masuk ke sini gratis dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung. Namun, ada syarat dan prosedur yang ditetapkan oleh BPTU-HPT.

Langkah pertama adalah mendaftar di situs web resmi peternakan. Kemudian isi data diri anda sesuai dengan identitas anda, karena pada halaman ini anda akan dimintai beberapa data pribadi para wisatawan yang akan mengunjungi anda.

lapangan mangathPadang Mangateh, Sumatera Barat. (Kreator Z/Rivo Wijaya)

Hal ini tidak terlepas dari kejadian sebelumnya yang menutup tempat ini untuk sementara waktu. Tepatnya pada tahun 2015 ketika lokasi peternakan melihat jumlah kunjungan yang luar biasa.

Kondisi ini tampaknya sangat mempengaruhi ternak di daerah tersebut yang tidak mau makan sehingga menghambat proses reproduksi. Karena itulah tempat ini kemudian ditutup untuk turis dan baru dibuka kembali pada tahun 2019 dengan aturan dan ketentuan yang cukup ketat.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita serumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah keren! Bergabunglah dengan Z Creators dengan mengklik di sini.

Z-penciptaZ-pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button