Berita Wisata

Pagar Runtuh, Bangunan Masjid di Dusun Wisata Gir Pasang Klaten Terancam Longsor – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pagar Masjid di Gir Pasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, ambruk akibat tergerus air hujan, Sabtu (14/1/2023) siang. (Khusus/BPBD Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Longsor terjadi di Dusun Gir Pasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Longsor mengancam bangunan masjid di dusun yang kini dikenal sebagai tempat wisata alam di lereng Merapi itu.

Berdasarkan data yang terkumpul Solopos.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, longsor terjadi pada Sabtu (14/1/2023) siang. Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur lereng Gunung Merapi.

Jangan lewatkan promonya, Mercedes-Benz memberikan promo akhir tahun yang menarik

Hujan deras yang mengguyur membuat tebing di pinggir jalan dekat masjid longsor selebar 7 meter dan tinggi 15 meter. Material longsor yang menutup jalan desa.

Beriklan dengan kami

Longsor juga terjadi di pagar masjid dengan panjang 15 meter, tinggi 3 meter, dan lebar 2,5 meter. “Tidak ada korban jiwa. Kemudian ada kerja bakti membersihkan material longsoran dan dilanjutkan Selasa [17/1/2023]kata Sekretaris BPBD Klaten Nur Tjahjono Suharto Solopos.comSenin (16/1/2023).

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Klaten melakukan asesmen terhadap kejadian longsor di Gir Pasang. Selain itu, BPBD akan segera mengirimkan gabion wire mesh dan karung pasir sesuai kebutuhan untuk penanganan sementara.

“Tujuan logistik ini untuk mencegah terjadinya gempa susulan. Harapannya ada penguatan permanen oleh pihak terkait,” ujar Nur. Nur mengimbau warga untuk berhati-hati dan waspada saat melintasi kawasan tebing yang rawan longsor.

Selain itu, saat ini curah hujan masih signifikan. Selain itu, Nur mengimbau warga mewaspadai angin kencang yang mungkin masih terjadi pada Januari-Februari 2023.

Beriklan dengan kami

Gianto, salah seorang warga Dusun Gir Pasang, Klaten, mengatakan longsor tidak membahayakan warga atau mengganggu aktivitas wisata. Namun, longsornya pagar masjid mengancam bangunan masjid.

Warga berharap segera ada perawatan permanen untuk mengatasi longsor di pagar masjid. “Saat ini pilar teras masjid sudah dekat dengan tepi pagar yang roboh,” kata Gianto.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button