Berita Wisata

Pagatan Pantai Goyang HKN ke-58 yang semarak

TANAH BUMBU – Ada yang istimewa dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Pantai Pagatan, dimana pihak dinas kesehatan menghadirkan seorang lansia yang masih fit dan sehat di hari tuanya.

“Alhamdulillah orang tua kita bisa berdiri.” Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Setia Budi mengatakan, usianya tak lagi muda namun tetap sehat, Sabtu (11/12/2022).

HKN ke-58 tahun 2022 dengan tema ‘Gunung Indonesiaku Sehat, Negeriku’ digelar di Pantai Pagatan, Kabupaten Kusan Hilir, menampilkan jajaran Dinas Kesehatan, 14 Puskesmas, Laboratorium Kesehatan, RSUD Andi Abdurrahman Noor dan tenaga kesehatan swasta .

Budi mengatakan tujuan pelaksanaan HKN ini sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan RI dengan beberapa tahapan hingga puncak HKN.

Kegiatan mulai dari ziarah ke makam pahlawan, upacara Hari Kesehatan Nasional ke-58 yang akan dilaksanakan pada 14 November 2022 di kantor Bupati Tanah Bumbu, khitanan massal, vaksinasi dan kegiatan lainnya.

Seputar kegiatan hari ini (kemarin), melaksanakan kegiatan ramah tamah HKN, perlombaan, kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan HKN, dimana ketua tim orientasi PKK Wahyu Windarti Zairullah Azhar dan Ketua Himpunan Organisasi Wanita ( GOW) Suci Anisa Rusli.

“Kami dari jajaran kesehatan juga akan melakukan kegiatan tambahan pada puncak hari kesehatan nasional yang akan dilaksanakan pada hari senin, dengan melakukan khitanan, pemasangan implan dan vaksinasi Covid-19, Alhamdulillah sudah sampai 6.000 vaksinasi,” ujarnya. dikatakan. dikatakan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mariani atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu mengucapkan selamat HKN ke-58.

Mariani mengatakan kesehatan telah menjadi tantangan konstan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia, termasuk di Tanah Bumbu.

“Rasanya Covid-19 belum juga berakhir, kita kembali terkena masalah cacar monyet, dan akhirnya sangat memilukan ketika diketahui lebih dari 140 anak Indonesia meninggal karena gagal ginjal. kata Asisten I Ir Mariani MP Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Hal lain, kata dia, yang mengkhawatirkan anak-anak Tanah Bumbu adalah masalah stunting, gizi buruk, dan perilaku keluarga.

Ia sangat berharap, Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini menjadi pendorong penilaian bidang kesehatan untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang sehat.

“Dengan momentum ini yang mengangkat tema Indonesiaku Bangkit, Negeriku Sehat, diharapkan menjadi semangat pembangunan, termasuk masyarakat umum, dan khususnya para pegiat bidang kesehatan untuk terus berkarya,” kata Mariani.

Secara internal, pemerintah daerah juga akan menilai infrastruktur sanitasi yang telah dibangun selama ini.

HKN diadakan setiap tahun dan dimulai pada tanggal 12 November 1964 atas keberhasilan pemberantasan malaria yang menjadi titik tolak persatuan seluruh komponen bangsa Indonesia dalam membangun kesehatan di Indonesia. (MAS)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button