Tempat Wisata

Palutungan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Tempat wisata alam seringkali menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi saat musim liburan dimulai. Selain wisata alam, ada juga bumi perkemahan yang bisa dijadikan destinasi liburan dan rekreasi. Salah satunya bumi perkemahan di kota Kuningan Jawa Barat yaitu Palutungan.

Wisata bumi perkemahan ini merupakan jalur pendakian Gunung Ciremai. Jadi jika anda berencana mendaki Gunung Ciremai pasti akan menemukan bumi perkemahan ini. Selain itu, di Palutungan terdapat Curug Putri yang terkenal dengan eksotisme dan mistisnya.

Fasilitas di Palutungan

Pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas agar pengunjung bisa merasa nyaman saat berkunjung ke bumi perkemahan ini. Fasilitas termasuk kantor tiket, tanda, pusat informasi, instalasi air, dll tempat berlindung. Selain itu, terdapat tempat parkir yang luas dan keamanan yang terjamin. Ada juga toilet dan kamar mandi yang terjaga kebersihannya.

Selain itu, di Palutungan juga terdapat lapangan voli untuk pengunjung yang ingin bermain voli bersama pengunjung lainnya selain untuk beraktifitas. Mushola juga tersedia bagi pengunjung yang ingin berdoa. Jika pengunjung lapar, pengelola juga menyediakan warung kecil atau warung makan. Lengkap dengan gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil bersantap.

Tempat wisata di Palutungan ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menawarkan bumi perkemahan dan wahana permainan seperti rubah terbang. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, pihak pengelola telah menyiapkan tenda, matras, tikar, dll. tempat tidur, persediaan kayu bakar dan banyak lagi. Selain berkemah sebagai kegiatan utama di Patulungan, ada juga kegiatan lain seperti; Permainan lucu, keluarDan perayaan keluarga.

Keindahan Palutungan

Nama Palutungan berasal dari lutung, sejenis monyet yang biasa ditemukan di sekitar Gunung Ciremai. Luas tanah ini sekitar 50 hektar dan dilengkapi dengan air terjun bernama Ciputri. Dari Palutungan, sekitar 300 jalur menuju ke tempat Air Terjun Ciputri berada. Air terjun dan bumi perkemahan ini populer di kalangan pemanjat tebing sehingga banyak pengunjung yang betah berada di kawasan wisata ini.

Objek wisata di Palutungan ini termasuk dalam kategori wisata alam. Daya tarik wisata ini terletak pada nuansa alam perkemahan dan panorama hutan yang asri. Wisata alam ini juga cukup sejuk karena suhunya berkisar antara 20 hingga 24 derajat Celcius.

Ada cerita unik di balik wisata perkemahan ini. Konon, pada zaman penjajahan Belanda, bapak-bapak Belanda yang mencari putri cantik harus memandikan putri mereka di air terjun atau riam. Air terjun ini sering digunakan untuk memandikan putri-putri Belanda, itulah sebabnya air terjun ini disebut Curug Putri.

Ketinggian Curug Putri mencapai sekitar 20 meter. Sumber airnya berasal dari mata air Gunung Ciremai. Banyak pengunjung yang mengunjungi Curug Putri tidak hanya untuk rekreasi, tetapi juga untuk mencari berkah, mencari jodoh, pekerjaan, dll. Biasanya, pada awal bulan suci Ramadhan, Curug Putri ramai karena banyak pengunjung yang menyucikan diri di sini.

Berburu foto di Palutungan

Tempat terbaik dan menarik untuk fotografi di perkemahan ini adalah air terjun Putri yang mistis. Sifat misterius dan eksotik dari air terjun ini tentunya sangat menarik untuk dijadikan objek foto atau diabadikan dengan jepretan kamera. Ada juga saat-saat berkemah dan bermain rubah terbang Sayang juga jika tidak difoto sebagai kenang-kenangan perkemahan ini.

Biaya masuk dan jam buka Palutungan

Tarif masuk kawasan Palutungan adalah Rp 13.000 per orang. kendaraan rubah terbang Ada biaya Rp 20.000 per orang. Untuk tiket keluar atau Permainan lucu harganya Rp 10.000 per orang. Ada juga paket sebelum pernikahan dengan kapasitas maksimal 10 orang Rp 250.000.

Harga tiket camping adalah Rp 13.000 untuk satu malam. Namun untuk harga camping lengkap plus service dikenakan biaya Rp 50.000 per malam. Harga tiketnya adalah Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4. Bumi perkemahan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Lokasi Akses ke Palutungan

Bumi perkemahan ini terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Untuk menuju Palutungan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, dan yang datang berombongan dengan bus suit juga bisa masuk. Palutungan berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Kuningan. Kondisi jalan sudah diaspal, sehingga nyaman untuk dilalui.

Tips Wisata di Palutungan

  • Jangan lupa membawa kamera dan lensa luas dan tripod untuk mengabadikan momen tak terlupakan di bumi perkemahan Palutungan dan Air Terjun Putri.
  • Bawa perlengkapan berkemah biasa, mis. B. kompas, senter, korek api, obat nyamuk, dan obat lintah atau Pacet.
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Bawa perlengkapan medis seperti sabun, sampo, tisu basah, dan antiseptik.
  • Bawalah jas hujan dan payung untuk berjaga-jaga, karena di tempat ini sering turun hujan.
  • Jangan lupa bawa baju tebal dan jaket karena tempatnya dekat pegunungan sehingga suhu udaranya bisa dingin.
  • Pastikan kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda berada di kota Kuningan atau ingin mendaki Gunung Ciremai, jangan lupa untuk mampir ke lokasi camping Palu Itu. Bukan sekedar mendirikan tenda dan bermain rubah terbangAnda juga bisa mengunjungi Curug Putri yang terkenal dengan mistisismenya. Tentunya camping dan berwisata ke Curug Putri bersama keluarga, saudara, kerabat dan sahabat akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Galeri Foto Palutungan

Selamat datang di Palutungan
Potret pohon pinus
Para pendaki melewati Palutungan
Palu di pagi hari
Fasilitas kedai kopi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button