Berita Wisata

Paman Birin: Situs Gua Liang Bangkai adalah salah satu pesona Geopark Meratus

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sumber daya alam terbarukan merupakan salah satu program skala besar yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan Paman Birin.

Pariwisata yang menjadi bagian dari program tersebut menjadikan Meratus Geopark sebagai andalan dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam Kalimantan Selatan dan Indonesia yang sangat besar.

Geopark atau taman terestrial adalah satu kesatuan wilayah geografis, dimana situs geologi dan bentang alamnya dikelola secara holistik. Dimana komponen pengembangan kawasan geopark meliputi pengembangan masyarakat, pengembangan ekonomi dan konservasi.

Dari sekian banyak situs yang termasuk dalam Geopark Meratus, salah satunya adalah situs “Gua Liang Bangkai” yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Batulicin, situs gua Liang Bangkai menawarkan pesona alam yang sangat menarik bagi wisatawan yang menyenangi suatu bentuk wisata di kawasan alam.

Inilah yang dilakukan tim Geopark Meratus di penghujung tahun bersama Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar tepatnya, Sabtu (31/12/2022).

Tempat yang menyimpan misteri peristiwa alam ratusan juta tahun silam ini, Anda akan menemukan banyak stalagnit di dinding goa, termasuk keberadaan karang yang menempel dan makhluk laut (siput) yang tersebar luas.
Sensasi banyaknya kotoran kelelawar yang menempel di dinding dapat dirasakan seiring dengan rasa lembab sebuah goa.
Di kawasan ini, di goa lain, pengunjung juga bisa menemukan kerangka manusia purba seizin penguasa setempat, karena kawasan ini benar-benar terjaga kelestariannya.

“Kami ingin keasrian kawasan goa ini tetap terjaga dan selalu kami pantau pengunjung yang datang agar tidak merusak flora dan fauna yang ada,” jelas Kabayan.

Pengelolaan situs Goa Liang Bangkai juga telah mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kalsel, Paman Birin yang juga terus menyosialisasikan pentingnya kita dalam melestarikan mahakarya Taman Bumi atau Geopark Meratus yang telah mendapat pengakuan nasional dan saat ini sedang diperjuangkan. untuk internasional atau di UNESCO.

“Saat ini kami sedang memperjuangkan 50 situs Unesco Meratus Geopark yang terbagi menjadi beberapa bagian, seperti:
Situs takbenda, situs budaya, situs infrastruktur, situs alam, situs geologi dan sosial ekonomi,” jelas Paman Birin.

Apresiasi ini tentunya menjadi gambaran keseriusan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam menjaga aset Taman Bumi sebagai energi terbarukan untuk masa depan.

Penerbit: Abadi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button