Berita Wisata

Panduan Pameran Keris Bentara Budaya Jakarta, Jam Buka & Akses

KOMPAS.com – Peringatan 17 tahun pengakuan keris Indonesia oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, atau Sebuah mahakarya warisan kemanusiaan lisan dan takbendapameran keris dibuka untuk umum di Bentara Budaya Jakarta (BBJ).

Lokasi BBJ tepatnya di Jalan Palmerah Selatan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pameran bertajuk “Keris Indonesia Untuk Perdamaian dan Kemanusiaan” ini diselenggarakan oleh Komunitas Cinta Budaya, BBJ, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca juga :

“Ada sekitar 150 keris yang dipamerkan, juga berlangsung tukar menukar keris kiri dan kanan, serta peluncuran lima buku keris,” kata General Manager Bentara Budaya Jakarta Ilham Khoiri saat pembukaan pameran di BBJ, Selasa. . (23/11/2022).

Pengunjung dapat menemukan keris-keris ikonik dari masa Majapahit dan Singosari, hingga keris kontemporer masa kini, karya para empu (ahli membuat keris).

Keris yang dipamerkan berasal dari berbagai daerah di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Madura, Bali, dan Lombok.

Usai melihat pameran, pengunjung yang ingin menjadi kolektor keri atau sekedar ingin melihat-lihat bisa menuju ke area perdagangan keri yang terletak di kanan dan kiri bangunan utama.

Baca Juga: Pameran Keris Bentara Budaya Jakarta Menampilkan Keris Kuno Era Majapahit

Kawasan tersebut dipenuhi puluhan pedagang keri yang siap melayani dan menjawab pertanyaan pengunjung.

Tiket masuk, jam buka, akses pameran keris

Pameran “Keris Untuk Perdamaian dan Kemanusiaan” akan berlangsung mulai Rabu (23/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022) mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

Penukaran keris pada pameran Keris Indonesia Untuk Perdamaian dan Kemanusiaan di Bentara Budaya Jakarta pada Selasa (22/11/2022).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Keris berbincang di pameran Keris Indonesia Untuk Perdamaian dan Kemanusiaan di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Lokasinya di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), tepatnya di sebelah Menara Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

BBJ hanya berjarak sekitar 700 meter dari stasiun Palmerah. Jika ingin naik angkutan umum, Anda bisa menggunakan Commuter Line (KRL) dari Stasiun Tanahabang menuju Rangkasbitung.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Populer Sumenep, Ada Desa Wisata Keris

Kemudian berhenti di stasiun Palmerah dan terus berjalan menuju BBJ. Sebagai informasi, tidak ada tiket masuk ke pameran tersebut, atau gratis.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button