Tak Berkategori

Panorama Gunung Artapela Indah, Cocok untuk Pemula, Januari 2024

Gunung Artapela

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Sukapura, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378

Bandung memang belum begitu populer untuk wisata pendakian. Padahal ada beberapa gunung yang sangat menarik untuk didaki di kawasan Kabupaten Bandung. Salah satunya adalah Gunung Artapela yang terletak di sebelah selatan kota kembang. Dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Berbagai pesona unik menjadi daya tarik gunung ini.

Ciri khas Gunung Artapela adalah puncaknya berupa dataran luas. Dataran ini penuh dengan semak dan rumput liar yang khas. Pemandangan seperti ini jarang terjadi di tempat lain. Di bawah puncak terdapat sebuah danau yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, jalurnya dikatakan sangat ramah sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Biaya masuk Gunung Artapela

Saat mendaki gunung ini, tersedia base camp untuk memudahkan pendakian wisatawan. Sebelum pendakian, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000. Selain itu, pertimbangkan juga biaya parkir kendaraan.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp.15.000
PARKIR MOTOR Rp10.000

Biaya masuk Gunung Artapela Via Cirawa

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Kota Mini Lembang

Jam buka Gunung Artapela

Base camp pendakian gunung ini buka 24 jam sehari. Jadi wisatawan bisa datang kapan saja. Namun idealnya, Anda memulai pendakian pada pagi atau sore hari. Meski jalurnya bersahabat, namun pendakian pada malam hari lebih berisiko.

Pegunungan untuk pemula dengan pemandangan menakjubkan

Pemandangan pagi di puncak Gunung ArtapelaPemandangan pagi di puncak Gunung ArtapelaPuncaknya berupa tanah datar luas yang mampu menampung banyak tenda. Foto: Gmaps/Bayu Sapto Aji

Dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut, gunung ini bisa menjadi alternatif wisata pendakian di Jawa Barat. Namanya memang tak sepopuler Gunung Gede atau Gunung Papandayan. Namun jangan salah, Gunung Artapela mempunyai keindahan alam yang mempesona. Dari puncak, wisatawan bisa melihat megahnya pegunungan yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain itu bunga edelweis juga banyak tumbuh di gunung ini.

Walaupun jalur pendakian gunung ini masih tergolong baru, namun sudah sangat bagus. Puncaknya tidak terlalu tinggi, sangat cocok untuk pemula. Wisatawan akan merasakan pengalaman pendakian yang sungguh luar biasa. Perkebunan teh dan sayuran, padang rumput, serta danau-danau indah bisa dilihat di gunung ini.

Baca: Biaya Masuk TRANS STUDIO Bandung dan 11 Wahana

Hamparan luas perkebunan yang indah

Perkebunan yang luas di kaki Gunung ArtapelaPerkebunan yang luas di kaki Gunung ArtapelaPendakian gunung ini diawali dengan melintasi perkebunan milik warga. Foto: Gmaps/Ktira Kharisma

Wisatawan memulai pendakian dari base camp di desa Sukapura. Pada awal pendakian, jalur yang dilalui masih santai dan menyuguhkan pemandangan khas desa di kaki gunung. Wisatawan akan banyak bertemu dengan penduduk lokal yang lalu lalang. Mereka biasanya mengangkut kayu atau sayuran dari perkebunan.

Di awal pendakian Anda akan menemukan pemandangan yang indah. Areal perkebunan warga tertata jelas. Hijau mendominasi sejauh mata memandang. Segarnya udara pegunungan turut menambah kenikmatan pendakian.

Baca: 7 Gunung Populer di Bandung Cocok untuk Trekking

Jalur terbuka yang menghabiskan energi

Puncak Gunung Artapela merupakan lapangan terbukaPuncak Gunung Artapela merupakan lapangan terbukaKeistimewaan dari gunung ini adalah jalurnya yang terbuka sehingga Anda dapat dengan mudah melihat pemandangan indah di sekelilingnya. Foto: Gmaps/Farhan Apriliansyah

Setelah melewati perkebunan warga, wisatawan disambut jalan setapak berbukit yang mulai menanjak. Tentunya Anda harus sehat secara fisik untuk menyelesaikan rute ini. Jalur perbukitan ini merupakan jalur terbuka yang didominasi oleh rerumputan. Pohon-pohon tinggi sangat jarang ditemukan di kawasan ini. Hal itu akan menjadi tantangan tersendiri, terutama pada siang hari.

Melintasi kawasan ini pada siang hari akan cepat menguras energi Anda. Minimnya pepohonan membuat wisatawan langsung terpapar terik matahari. Namun pemandangannya begitu mempesona. Melihat ke belakang, wisatawan bisa mengagumi keindahan alam lereng Gunung Artapela.

Sawah, perkebunan, dan rumah warga terlihat jelas. Di lapangan terbuka ini terdapat sebuah gubuk yang bisa digunakan untuk beristirahat. Wisatawan bisa mengisi ulang tenaga sambil menikmati pemandangan.

Baca: Gunung Geulis Bandung tetap mempesona meski tidak tinggi

Mencapai puncak Gunung Artapela

Perkiraan pendakian ke gunung ini tidak terlalu lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak. Sebelum mencapai puncak, wisatawan harus melalui jalur berumput, namun lebih tertutup. Ada lebih banyak pohon dan terlihat lebih rindang.

Puncak gunung ini merupakan padang rumput luas yang ditumbuhi rumput liar. Ketika rumput liar tumbuh, pemandangan yang luar biasa terbuka. Gulma yang bergoyang tertiup angin menciptakan momen yang luar biasa. Di puncak gunung ini wisatawan juga bisa melihat bunga edelweis.

Baca : Tiket Masuk GUNUNG PURI Lembang dan Aktivitasnya

Bermalam di puncak gunung

Kelap-kelip lampu kota terlihat dari puncak gunungKelap-kelip lampu kota terlihat dari puncak gunungPada malam hari, wisatawan disuguhi pemandangan romantis kerlap-kerlip lampu kota. Foto: Gmaps/Depri Yatna

Kawasan puncak gunung ini memiliki wilayah datar yang luas. Jadi banyak sekali tempat yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Kawasannya sangat terbuka sehingga memungkinkan wisatawan menikmati pemandangan indah di malam hari. Kelap-kelip lampu di bawah gunung menciptakan momen romantis. Kabut tipis yang menyelimuti dan sejuknya udara pegunungan sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat.

matahari terbit dan matahari terbenam

Keindahan yang ditawarkan Gunung Artapela di pagi hariKeindahan yang ditawarkan Gunung Artapela di pagi hariDi pagi hari, saat cuaca cerah, wisatawan bisa mengagumi pesona pegunungan tinggi yang begitu indah. Foto: Gmaps/Kushendra Taswana

Wisatawan tidak boleh bangun terlambat. Di pagi hari pesona megah menanti Anda. Momen terbitnya matahari terlihat begitu indah dari tempat ini. Dari kejauhan pegunungan di kawasan Jawa Barat ini terlihat sangat megah. Di bawahnya awan bergerak, menciptakan momen seperti Khayangan.

Selain matahari terbit, matahari terbenam di puncak gunung ini juga indah. Jadi pastikan Anda bangun di sana sebelum malam.

Pesona Danau Aul

Di kaki Gunung Artapela terdapat sebuah danau yang eksotis. Namanya Danau Aul. Dari puncak gunung danau ini dapat terlihat dengan sangat jelas. Wisatawan juga bisa mengunjungi danau tersebut. Wisatawan juga bisa mengunjungi danau sambil menuruni gunung. Hanya berjarak sekitar 30 meter dari kaki gunung.

Fasilitas Gunung Artapela

Meski tergolong baru, namun fasilitas yang ada sudah sangat memadai. Di base camp terdapat tempat parkir, toilet dan kamar mandi, musala, sambungan listrik dan warung makan. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online sehingga mempermudah prosesnya.

Lokasi Gunung Artapela

Base camp pendakian gunung ini terletak di Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button