Berita Wisata

Panorama Pantai Kertasari di KSB Jadi Salah Satu Tempat Wisata Handal |

Oleh: Nelly Nurjannah
Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Semester V, Universitas Samawa (UNSA)

Pantai Kertasari yang terletak di Desa Labuhan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga, sahabat, dan pacar. harga masuk terjangkau dan lokasi tidak jauh dari tempat penghuni rumput laut, sekitar 500 meter.

Selain air lautnya yang jernih, pantai Kertasari juga terkenal dengan ombaknya yang cukup tinggi sehingga menjadi primadona para peselancar.

Pantai Kertasari juga memiliki hamparan pasir putih yang begitu bersih dengan tekstur pasir yang lembut dan halus akan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk merasakan bertelanjang kaki. Di tengah laut, terdapat sebuah pulau kecil bernama Gili. pulau kecil tidak berpenghuni, hanya terdiri dari gundukan batu dan pasir putih.

Di pantai ini tersedia berbagai fasilitas bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Kertasari, seperti area parkir kendaraan, warung makan, berbagai spot foto, toilet atau kamar mandi, area berkemah, persewaan perlengkapan surfing dan penginapan.
Pantai Kertasari letaknya tidak jauh dari pusat kota Taliwang, untuk menuju ke sana anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat, akses jalan yang mudah membuat perjalanan anda semakin nyaman dan pemandangan dari kanan kiri juga menyenangkan.

“Cuma 15 menit dari kota Taliwang atau 30 menit dari pelabuhan lintas Poto Tano.”

Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. bagi pengunjung yang ingin menyewa perlengkapan surfing pantai kertasari dengan bandroll seharga Rp 20.000 per papan. Harga sewa ini sudah termasuk biaya belajar bagi pemula.

Selain alamnya yang indah, Kertasari memiliki wisata budaya yang mempesona, dimana seseorang bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari cumping hingga belajar tentang budidaya rumput laut. Pemandangan gunung dengan warna biru sejuk diselimuti awan tipis menambah estetika yang menjadi daya tarik tempat ini. mayoritas penduduk Kertasari menjadikan rumput laut sebagai mata pencaharian utama mereka. (Nelly)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button