Tempat Wisata

Pantai Ancol Jakarta – Objek Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Ancol Jakarta – Objek Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Ancol Jakarta menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur. Tak hanya menawarkan panorama yang mempesona, atraksi dan fasilitasnya akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Harga tiket: Rp 25.000, Jam beroperasi: 06.00-18.00, Alamat: J L. Lodan Raya, Ancol, Kab. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Jakarta bukan hanya kota metropolitan yang ramai, tapi juga sangat menarik untuk pariwisata. Pariwisata di Jakarta sangat beragam dan Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai utama. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan ingin menghabiskan akhir pekan, Pantai Ancol bisa menjadi alternatifnya. Dan bagi warga luar Jakarta, pantai populer ini pun tak kalah menariknya. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca ulasan berikut ini.

➥ Wisata Kepulauan Seribu 2T1N

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Ancol

Shutterstock Daya tarik Pantai AncolFoto: Shutterstock/Cahyadi Sugi

Pantai Ancol merupakan salah satu tempat wisata di kota Jakarta yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini juga bisa disebut sebagai pantai terlengkap dibandingkan pantai lainnya. Ancol tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga menjadi titik pendaratan utama pengunjung yang hendak menuju Kepulauan Seribu. Warga Jakarta tidak hanya memanfaatkannya sebagai dermaga perahu, tapi juga sebagai destinasi olahraga air yang seru.

Ancol sendiri dibangun pada tahun 1954 dan selesai pembangunannya pada tahun 1968. Namun objek wisata ini baru dibuka pada tahun 1966. Tujuan dibangunnya Ancol tentu saja untuk memberikan hiburan di tengah padatnya kota Jakarta. Mengunjungi tempat ini akan membuat Anda sejenak lepas dari kemacetan dan hiruk pikuk kota. Tak heran jika Pantai Ancol tetap menjadi pantai populer hingga saat ini.

Perlu anda ketahui kalau Pantai Ancol terbagi menjadi 6 kawasan yaitu Pantai Karnaval Ancol, Pantai Ancol Ria, Pantai Lagoon Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Marina Ancol, Pantai Ancol Indah dan Pantai Kolam Renang. Saat pertama kali menginjakkan kaki Anda akan disambut dengan semilir angin yang terasa begitu segar. Angin sepoi-sepoi ini memberikan kesejukan mengingat Jakarta memiliki suhu yang panas.

Jika anda berwisata bersama anak, kawasan pantai Ria Ancol sangat cocok untuk dikunjungi. Terdapat pantai berpasir putih yang bisa dijadikan tempat bermain anak. Pantai Ancol juga mempunyai jembatan yang cukup panjang, jembatan melengkung ini dinamakan Jembatan Cinta. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi karena Anda bisa menikmati pemandangan dengan lebih leluasa.

➥ Penawaran Hotel di Jakarta Utara

Alamat dan rute menuju pantai

Pantai Ancol terletak di Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Untuk mencapai pantai ini sangat penting karena wilayahnya berada di ujung Jakarta. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum. Bagi Anda yang berlibur ke Ancol dengan kendaraan pribadi, rutenya bisa langsung ditelusuri menggunakan rambu-rambu jalan yang tersebar. Jika Anda khawatir tersesat, Anda bisa menggunakan GPS ponsel cerdas Anda.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan TransJakarta menuju Ancol. Jika tidak ingin menggunakan TransJakarta, bisa menggunakan KRL menuju Stasiun Jakarta Kota. Namun perjalanan tetap dilakukan menggunakan bus atau transportasi online. Harap bersabar saat berkendara ke Ancol karena harus menghadapi kemacetan khas kota metropolitan ini.

➥ Wisata Pulau Pari 2D1N Via Muara Angke

Biaya masuk wisata bahari

Keindahan Pantai Ancol sungguh mempesona. Dan jika Anda ingin mengunjunginya, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiketnya pun cukup murah, hanya sekitar Rp 25.000 per orang. Harga tiket ini bisa dibilang terjangkau, apalagi dibandingkan destinasi wisata lain di Jakarta. Harga tiket belum termasuk biaya perjalanan atau parkir.

Namun jika sekedar menikmati pantai saja tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun. Tentu saja harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menganggarkan anggaran lebih banyak, terutama jika Anda akan berlibur di musim liburan. Tarif parkir mobil mulai Rp 20.000, sedangkan kendaraan roda dua sekitar Rp 15 ribu.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai AncolFoto: Shutterstock/Infiksjournal

Ada banyak aktivitas atau kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selama berlibur di Pantai Ancol. Saat Anda berkunjung ke pantai ini, Anda memang akan merasakan beragam aktivitas rekreasi. Kawasan Ancol tidak hanya cocok untuk nongkrong bersama teman, tapi juga untuk rekreasi keluarga. Pasir putihnya yang panjang menawarkan pengunjung kesempatan untuk melakukan banyak aktivitas menyenangkan.

Dari bersantai sambil menikmati semilir angin pantai, bermain sandball atau aktivitas olah raga lainnya, berenang dan masih banyak lagi. Ada beberapa area di mana berenang diperbolehkan dan aman. Meski demikian, tetap ada aturan yang harus dipatuhi pengunjung demi alasan keamanan. Umumnya anak-anak ditemani orang tuanya saat bermain air di Pantai Ancol. Tidak jarang ban atau pelampung digunakan.

Bermain pasir adalah suatu keharusan ketika mengunjungi pantai. Pasir di Pantai Ancol yang putih dan lembut membuat Anda bisa leluasa bermain di atasnya. Membangun istana pasir atau lainnya pasti akan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Pantai Ancol memang menjadi tempat bermain yang sangat cocok untuk beraktivitas. Anda juga bisa mencari foto-foto menggemaskan untuk diunggah ke media sosial.

Jika tidak ingin bermain air, Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan. Pantai Ancol merupakan pantai dengan jalan pejalan kaki yang mengelilingi pantai. Zona pejalan kaki selebar 8 meter juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati pantai ini dengan cara berbeda. Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk menjelajahi kawasan dengan lebih nyaman dan tanpa merasa lelah.

Kawasan ini juga sering dijadikan tempat selfie atau foto dengan latar belakang laut. Terdapat taman kebugaran di beberapa tempat yang bisa digunakan untuk berolahraga. Berkunjung ke Pantai Ancol belum lengkap rasanya jika tidak mencari foto instan. Ada banyak spot foto dan dekorasi yang bisa dinikmati pengunjung. Spot-spot ini bisa dijadikan background bagi Anda yang suka berpose di depan kamera.

Puas jalan-jalan dan bermain, Anda bisa menikmati kuliner di pinggir pantai. Ada banyak menu yang bisa menggugah selera saat menunggu malam tiba. Karena tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pantai Ancol tanpa melihat matahari terbenam. Rona oranye di cakrawala membuat pantai ini semakin mempesona. Suasana menjadi romantis apalagi jika Anda habiskan bersama orang tercinta.

Akomodasi murah di sekitar pantai

Tidak cukup hanya menghabiskan waktu seharian menikmati keindahan Pantai Ancol. Apalagi jika Anda berasal dari luar kota karena banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Oleh karena itu, bermalam menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih wisatawan. Tenang saja, di dekat Pantai Ancol banyak terdapat hotel dan penginapan. Anda tinggal menentukannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi budget Anda.

Sebaiknya pilih akomodasi atau hotel yang dekat dengan Pantai Ancol. Ada beberapa pilihan seperti Mercure Convention Center Hotel dan lain-lain. Untuk menuju Pantai Ancol Anda hanya perlu berjalan kaki. Berada dekat dengan destinasi wisata dapat menghemat waktu dan uang Anda. Menjelang musim liburan, ada baiknya untuk memesan jauh hari sebelumnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai AncolFoto: Shutterstock/N Rudianto

Sebagai tempat wisata yang sangat terkenal, Pantai Ancol juga menawarkan fasilitas untuk memanjakan pengunjungnya. Anda bisa menemukan fasilitas yang sangat lengkap. Di sini Anda akan menemukan fasilitas seperti zona pejalan kaki yang juga dilengkapi dengan berbagai atraksi kuliner. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai indah ini. Taman bermain, musala, dan toilet juga mudah ditemukan.

Selain itu, pilihan transportasi akan memudahkan pengunjung untuk berkunjung. Seperti kereta wisata Sato Sato yang memudahkan Anda menjelajahi setiap jengkal Pantai Ancol. Selain itu, Pantai Ancol juga menjadi kawasan dengan destinasi wisata penting lainnya. Jadi Anda bisa melanjutkan liburan Anda di destinasi sekitar pantai ini.

Pantai utama di Jakarta ini sangat cocok dijadikan destinasi persinggahan di Jakarta. Tak hanya dikunjungi warga lokal saja, banyak juga wisatawan dari berbagai daerah yang tak melewatkan keindahan Pantai Ancol. Selain itu pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Seberapa tertarikkah Anda untuk menambahkan Pantai Ancol ke daftar liburan Anda?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button