Tempat Wisata

Pantai Anging Mammiri, nikmati panorama pantai sambil bersantap di Makassar

Pantai Anging Mammiri, nikmati panorama pantai sambil bersantap di Makassar
harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Anging Mammiri adalah satu kesatuan kawasan resort milik Pantai Akarena yang sebelum pantai ini ada Pantai Tanjung Merdeka dan Pantai Tanjung Bayam setelah itu kenapa namanya berbeda? Ini hanya karena perbedaan manajemen yang mengelolanya.

Pantai ini bisa menjadi objek wisata yang perlu masuk dalam daftar Anda dan juga keluarga atau teman Anda. Pantai di Makassar ini memiliki air yang sangat jernih dan juga pemandangan yang sangat indah, selain itu terdapat beberapa fasilitas seperti penginapan di dekat pantai.

Pantai Anging Mammiri sendiri berarti angin yang berhembus dalam bahasa Indonesia. Anda bisa menikmati deburan ombak dan angin sambil bersantai atau sekedar bermain pasir. Selain itu pantai ini juga bersih, jadi pasti akan sangat menyenangkan untuk berkunjung kesini. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail tentang pantai ini dan mengamatinya hingga siap.

Daya Tarik Pantai Anging Mammiri

Daya Tarik Pantai Anging MammiriSumber gambar: Google Maps Abhy Azki

Setelah mengenal beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Anging Mammiri, Anda pasti ingin tahu kenapa pantai ini selalu ramai pengunjung? Inilah daya tariknya.

1. Dikelola oleh masyarakat setempat

Pantai Indah ini merupakan pantai yang dikelola oleh masyarakat adat di kawasan pesisir, namun kebersihan dan wahana yang ditawarkan sama sekali tidak kalah dengan pantai lainnya.

2. Pemandangan alam yang indah

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang menambah asri suasana disini, apalagi anda juga bisa berwisata ke pondok nelayan dan melihat langsung kehidupan para nelayan di sekitar pantai ini.

3. Tempat acara outdoor

Selain itu, bagi Anda yang ingin merayakan pernikahan di alam seperti di pantai, Pantai Anging Mammiri adalah tempat untuk menjajal pernikahan yang terlarang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Anging MammiriKredit foto: Google Maps Andi Fachriansyah

Untuk rute menuju pantai ini bisa dimulai dari Jalan Metro Tanjung Bunga, akses menuju pantai ini merupakan jalan kecil, sehingga bagi anda yang membawa kendaraan roda empat perlu ekstra hati-hati. Untuk tempat parkirnya sendiri sudah banyak disepanjang jalan menuju pantai yang sudah disediakan oleh warga setempat.

Seperti yang sudah dijelaskan, di Pantai Anging Mammiri ini dikelola oleh masyarakat yang tinggal di sekitarnya, sehingga tempat parkirnya juga berada di sekitar rumah warga.

Tempat parkir mobil utama sendiri juga dekat dengan pantai dan cukup luas jadi jangan khawatir jika parkir di sekitar jalan menuju pantai terlalu jauh untuk anda, anda bisa menitipkan kendaraan anda di tempat parkir utama di pantai ini. Jam operasional wisata pantai ini tidak terbatas pada 24 jam operasional. Alamat lengkap pantai ini adalah J;. kereta bawah tanah tj Bunga, Tj Merdeka, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan 90225.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga atau tiketnya sendiri bervariasi, Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 50.000 untuk bus. Harga tersebut tergolong murah untuk tempat wisata alam dengan banyak fasilitas dan wahana.

Tenang saja, tiket tersebut sudah termasuk orangnya sehingga Anda tidak perlu membayar tiket sendiri lagi.

Bagi anda yang ingin menikmati suasana malam di Pantai Anging Mammiri tidak perlu khawatir karena disekitar pantai terdapat beberapa penginapan yang bisa anda sewa dengan fasilitas yang terjangkau.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Anging Mammiri

Aktivitas seru di Pantai Anging MammiriKredit foto: Google Maps Yunus T

Ketika Anda pergi berlibur, Anda pasti sudah merencanakan apa yang akan dilakukan di tempat yang akan Anda kunjungi, bukan? Berikut adalah beberapa kegiatan atau hal yang dapat dilakukan di wisata laut ini.

1. Berenang

Pastinya ketika datang ke pantai tujuan utamanya adalah untuk bermain air dan berjemur atau sekedar menikmati keindahannya bukan? Berenang diperbolehkan di pantai ini, namun dilarang berenang pada waktu-waktu tertentu demi keselamatan pengunjung.

Bagi Anda yang datang bersama anak Anda, Anda bisa menyewa ban pelampung untuk menjaga keamanan anak Anda. Ombak dan gelombang poni pantai memang tidak terlalu besar, namun tetap saja sebagai orang tua harus selalu memperhatikan keselamatan buah hati Anda.

2. Santai

Jika tidak suka bermain air, Anda bisa bersantai di pantai atau di gazebo-gazebo yang disediakan warga setempat. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini bersih sehingga Anda bisa duduk-duduk di atas pasir pantainya. Pesisir Pantai Anging Mammiri cukup panjang, sehingga Anda bisa bersantai dimanapun Anda merasa nyaman.

Perlu diketahui bahwa pantai indah ini, meskipun akses jalan agak sulit dan melewati jalan-jalan kecil, selalu ramai terutama di akhir pekan atau saat musim liburan. Jadi pastikan Anda sudah menentukan tempat di mana Anda ingin bersantai. Biaya untuk menyewa gazebo adalah Rp 20.000, tetapi jika Anda tidak ingin menyewa Anda bisa duduk di pasir pantai.

3. Wisata Kuliner

Pantai ini sama dengan pantai pada umumnya, bedanya banyak warga yang mendirikan tenda untuk berjualan di sekitar pantai. Tidak banyak kafe atau restoran, tapi jajanan tepi pantai ini juga bisa membuat Anda kenyang.

Jajanan juga tak kalah dengan resto bintang lima yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman untuk dinikmati selama berkunjung ke Pantai Anging Mammiri. Ada berbagai makanan laut dan makanan lain yang bisa Anda santap setelah beraktivitas di pantai.

4. Menikmati matahari terbenam

Sudah bukan rahasia lagi jika sunset di pantai makassar merupakan sunset terindah, sehingga anda bisa mengabadikannya dengan handphone atau kamera anda. Perpaduan antara langit sore dan air laut yang jernih pasti bikin malu kan?

5. Nikmati wahananya

Pantai ini juga menawarkan berbagai wahana air yang bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga. Anda bisa menyewa banana boat atau mencoba mengendarai perahu untuk menjelajahi Pantai Anging Mammiri. Karena pantainya sangat luas, berjalan kaki bisa sangat melelahkan, bukan? Wahana banana boat menampung hingga 6 orang dalam satu putaran. Untuk menikmati wahana ini Anda perlu menyiapkan uang Rp 100.000.

Sedangkan peralatan seperti ban besar dan sedang bisa disewa dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tanpa batas waktu.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai Anging MammiriKredit foto: Karikatur Profesor Google Maps

  • Toilet
  • Akomodasi
  • restoran
  • area parkir
  • ban mengapung

Bagaimana tentang? Apakah Anda sudah penasaran dan ingin pergi ke pantai ini? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai dan jangan meninggalkan sampah!

Ini adalah informasi tentang Memancing Pantai Mammiri yang dapat disampaikan semoga informasi diatas bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button