Tempat Wisata

PANTAI BALONGAN INDAH: Harga tiket, jam buka dan aktivitas

Pantai Balongan yang indah

  • Biaya masuk: Rp7.500 – Rp12.500
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Jalan Raya Balongan, Balongan, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia, 45217

Bali 2 sering menjadi sebutannya Pantai Balongan yang indah. Bali merupakan singkatan dari nama Balongan Indah. 2 diartikan sebagai pantai yang keindahannya mirip dengan Bali, dan yang pertama ada di Bali. Untuk mendukung nama tersebut, kawasan pantai juga dihiasi berbagai ornamen khas Bali.

Pantai ini terbilang paling kecil di antara pantai-pantai lain di Indramayu. Namun pantai ini juga menyandang predikat terbersih. Wisatawan bisa berjalan santai di pinggir pantai tanpa terhalang sampah yang berserakan. Di sini juga terdapat taman bermain anak yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Biaya masuk Pantai Balongan Indah

Syarat masuk di sini adalah wisatawan harus membayar biaya masuk antara Rp 7.500 hingga 12.500. Harga berbeda antara pengunjung dewasa dan harga anak-anak. Tergantung kendaraannya, biaya parkir juga harus dibayar. Namun harga masih terjangkau dan sepadan dengan keindahan pantai ini.

Jenis tiket Tarif Hari Kerja/Akhir Pekan
Tiket masuk untuk anak usia 3 – 10 tahun Rp.7.500 / Rp.10.000
Tiket masuk dewasa Rp 10.000 / Rp 12.500

Biaya masuk Pantai Balongan Indah

Baca: Tiket dan Objek Wisata Pantai Tiris

Jam buka Pantai Balongan Indah

Objek wisata ini buka sepanjang hari dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk menikmati pantai adalah pagi atau sore hari.

Hari jam buka
Sehari-hari 07.00 – 17.00 WIB

Jam buka Pantai Balongan Indah

Pesona Pantai Bersih dan Indah di Indramayu

Perahu bersandar di dermagaPerahu bersandar di dermagaPerahu bersandar di dermaga. Foto: Gmap/Ardi Art

Pasirnya yang berwarna hitam kecokelatan menyambut wisatawan saat memasuki kawasan pantai. Butirannya yang halus seperti merica membuat siapapun yang memasukinya merasa nikmat. Ombak yang bergulung-gulung menimbulkan suara khas yang terdengar dimana-mana. Air lautnya terlihat berwarna biru kecokelatan sehingga memberikan kesan eksotis.

Tak jauh dari bibir pantai terdapat deretan bebatuan yang berfungsi sebagai pemecah gelombang. Hal ini berguna untuk menghalau gelombang besar agar tidak terjadi abrasi dan tidak masuk ke kawasan pantai. Pemecah abrasi ini sebelumnya tidak ada, namun karena sering terjadi abrasi maka dibangunlah pemecah gelombang. Namun kehadirannya menambah keindahan tersendiri di pantai ini.

Selain pemecah gelombang, juga terdapat dermaga beton yang menjorok ke laut. Dari dermaga ini wisatawan bisa mengambil foto lebih dekat ke laut. Kapal nelayan dan kapal wisata juga berlabuh di dermaga ini. Perahu yang diparkir ini juga menjadi pemandangan menarik di kawasan pantai.

Ornamen khas Bali dan spot foto ikonik

Ikon aksara Bali di depan pantaiIkon aksara Bali di depan pantaiIkon aksara Bali di depan pantai. Foto: Gmap/Hilman Firmansah

Meski jauh dari Pulau Bali, namun tempat ini juga bernuansa Bali. Dimana pantai ini penuh dengan ornamen khas Pulau Dewata. Seperti payung berjenjang, kain poleng persegi yang dililitkan pada pohon, bahkan gerbang batu bata. Di sini Anda benar-benar bisa merasakan nuansa pantai Bali.

Selain itu, terdapat tempat ikonik di pintu masuk sebelum menuju pantai. Tempat dengan tulisan warna-warni “Bali” dan “Balongan Indah”. Wisatawan kerap menjadikan tempat ini sebagai spot foto populer. Untuk menunjukkan bahwa Anda pernah mengunjungi objek wisata ini.

Bermain air dan berenang di pantai

Pantai Balongan Indah memiliki ombak yang relatif tenang. Hanya sesekali ombak tinggi saat air pasang. Oleh karena itu, kawasan pantai ini cukup aman untuk berenang.

Wisatawan bisa langsung berenang di kawasan pantai. Sebab saat ini kedalaman air masih dangkal. Pelampung juga sering digunakan wisatawan untuk bermain. Anak-anak juga terlihat bermain kendaraan hias ditemani orangtuanya.

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain di area berpasir di pinggir pantai. Pasir lembut sangat menyenangkan untuk dimainkan. Selain itu bisa dibentuk menjadi istana pasir. Permainan favorit anak-anak di pantai.

Berburu foto bersama eksotik Matahari

Matahari terbit di pantaiMatahari terbit di pantaiMatahari terbit di pantai. Foto: Gmap/eko-Revelation

Objek wisata ini terkenal dengan keindahan matahari terbit dan terbenamnya. Saking eksotiknya, pemandangan khas pantai tropis. Untuk menikmati pemandangan ini, wisatawan bisa datang saat fajar. Saat matahari belum terbit.

Wisatawan bisa menunggu kemunculan matahari di pesisir pantai atau di kawasan pelabuhan. Pemecah gelombang di depan pantai tidak menghalangi pandangan. Wisatawan tetap bisa menyaksikan keindahan matahari yang muncul secara perlahan dan tanpa hambatan.

Begitu pula wisatawan bisa menunggu matahari terbenam di sore hari. Pemandangan langit biru perlahan mulai gelap seiring matahari mulai bersinar kembali. Membawa suasana siang hari yang panas tergantikan dengan semilir angin sore yang sejuk menyejukkan. Momen-momen tersebut sangat indah jika diabadikan melalui foto.

Area pemecah gelombang yang menarik

Pemecah Gelombang Pemecah GelombangPemecah Gelombang Pemecah GelombangPemecah Gelombang Pemecah Gelombang. Foto: Gmap/Supri Yatno

Selain pantai, ada kawasan lain yang sayang untuk dilewatkan Pemecah gelombang. Tumpukan batu berbagai ukuran dengan bentuk abstrak tersebar di pinggir pantai. Wisatawan bisa berfoto di kawasan tersebut Pemecah gelombang Itu.

Pemandangan menjadi semakin menawan ketika ombak menerjang kawasan tersebut Pemecah gelombang. Ombaknya akan terlihat tinggi dan megah. Sebuah fenomena alam yang unik dan menarik.

Taman bermain anak yang seru

Terdapat juga taman bermain anak-anak di area pantai. Wisatawan dapat menggunakan permainan di sini secara gratis. Ada jungkat-jungkit, ayunan, perosotan dan permainan lainnya.

Taman bermainnya juga sangat nyaman karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Hal ini membuat area bermain menjadi teduh.

Fasilitas indah di Pantai Balongan

Fasilitas umum di sini tersedia dalam kondisi memadai. Terdapat mushola, kamar kecil, tempat parkir, toilet dan warung. Warung di sini berada di bangunan semi permanen dan menjual makanan, minuman, dan oleh-oleh.

Lokasi yang indah di Pantai Balongan

Pantai ini terletak di Jalan Raya Balongan, Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button