Berita Wisata

Pantai Bambang, wisata pantai yang indah dan eksotis di Kabupaten Lumajang

Wisata Pantai Bambang merupakan objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 24 km sebelah selatan kota Lumajang. Wisata Pantai Bambang terkenal cukup indah dan menarik. Salah satu tempat wisata menarik dan tempat liburan keluarga yang wajib dikunjungi.

objek wisata pantai bambangGoogle maps tempat wisata pantai bambang. sumber : BADRIYO SUSANTO

Pantai Bambang menawarkan pemandangan laut lepas yang eksotis dan indah, garis pantainya dipenuhi pasir hitam dan bebatuan, pasir tersebut berasal dari Gunung Bromo. Pasir yang mengalir terbawa oleh aliran lahar dan sungai. Pasir dengan karakteristik hitam legam dan kandungan besi tinggi.

Selain sebagai objek wisata, Pantai Bambang juga merupakan penghasil batu hias atau batu taman. batu-batu itu berasal dari laut yang terbawa ke darat oleh ombak yang pecah. Pola dan bentuknya biasanya bulat dan lonjong dengan warna yang berbeda. Semua batu hias ini dijual sesuai dengan pola dan bentuknya.

Di tempat wisata ini wisatawan akan menemukan spot foto yang keren dan menarik. Berfoto selfie dengan latar belakang pantai, pasir hitam dan pemandangan yang indah. Ada juga beberapa spot yang tersedia bagi pengunjung yang hobi memancing. Terdapat gazebo dan bangku yang dilindungi payung bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan laut.

Alamat Pantai Bambang

  • Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Biaya masuk

Petunjuk arah ke Pantai Bambang

Pantai Bambang terletak di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jaraknya 24 km sebelah selatan kota Lumajang. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari kecamatan Pasirian.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan lintas selatan. Ada beberapa petunjuk arah yang akan memudahkan wisatawan untuk mencapai tempat wisata Pantai Bambang.

Angkutan

Akses jalan menuju lokasi Pantai Bambang mudah diakses, cukup baik dan sudah diaspal. Jaraknya sekitar 24 km sebelah selatan kota Lumajang. Transportasi menuju lokasi pantai ini bisa ditempuh dengan mobil atau motor.

Yang Baru di Pantai Bambang

pantai bambang lumajangpantai bambang lumajang. Peta Google. sumber: Luqman Nur Hakim

Pantai Bambang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Lumajang. Menawarkan pemandangan laut lepas yang megah dan eksotis dengan garis pantai yang dihiasi pasir hitam dan bebatuan yang indah.

Ada berbagai aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Seperti bermain air, piknik keluarga, berkemah, dll.

Bermain air di pantai

pantai bambangpantai bambu. Peta Google. sumber: Kunjungi Lumajang
bermain di pantai bambangbermain di pantai bambang. Peta Google. sumber: moh. Andi Rosyad

Bagi wisatawan yang ingin bermain air di pantai, disarankan berhati-hati dan jangan terlalu jauh. Ombak di pantai ini cukup besar hingga mencapai ketinggian sekitar 3 meter. Bermain air di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut lepas Pantai Bambang.

piknik keluarga

piknik keluargapiknik keluarga. Peta Google. sumber: Cah Plosok

Objek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan piknik keluarga. Anda bisa membawa makanan sendiri atau membelinya di warung-warung yang ada di sekitar pantai.

Untuk menikmati makanannya, Anda bisa di gazebo atau dengan menggelar tikar di pinggir pantai. Piknik keluarga yang menyenangkan dengan pemandangan laut yang indah.

Berkemah di Pantai Bambang

Pengelola wisata juga memperbolehkan wisatawan untuk berkemah di pantai Bambang. Kemungkinan mendirikan tenda di tempat yang lebih landai. Disarankan untuk tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan pantai demi alasan keselamatan dan keamanan.

Untuk kegiatan berkemah di sini Anda harus membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri. Anda tidak perlu khawatir dengan perbekalan karena di sekitar pantai terdapat warung yang menjual makanan.

Produsen Batu Hias atau Batu Taman

batu hias atau batu tamanbatu hias atau batu taman. Peta Google. sumber: Cak Yoes

Pantai Bambang juga terkenal sebagai penghasil batu hias atau batu taman. Batu hias memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda. Dari segi bentuk ada yang lonjong, pipih dan bulat. Ada yang teksturnya kasar dan ada yang halus.

Warnanya bervariasi dari hitam, abu-abu, merah dan putih kebiruan. Ukurannya bervariasi dari 1 cm hingga 10 cm. Keunikan dan ciri khas tersebut terbentuk secara alami dari sedimen muara sungai di pesisir pantai.

Harga batu hias yang ditawarkan bervariasi sesuai kondisi alam. Karena pada saat-saat tertentu seperti air pasang sangat sulit untuk mendapatkannya. Umumnya untuk warna selain hitam, harganya lebih mahal karena jumlahnya terbatas.

Biasanya batu hias alam ini digunakan untuk keperluan dekorasi interior. Untuk dekorasi taman, pejalan kaki, dekorasi kolam dan sebagainya.

Tempat foto yang menarik

Matahari terbenam di pantai BambangMatahari terbenam di pantai Bambang. Peta Google. sumber: Aqwam Tariq
selfie di pantai Bambangselfie di Pantai Bambang. Peta Google. sumber: Vemi Susanti

Spot foto keren dan menarik bisa kamu dapatkan di objek wisata Pantai Bambang ini. Berfoto selfie dengan latar belakang pemandangan pantai. Atau sore hari dengan latar belakang matahari terbenam atau senja yang indah.

Fasilitas Pantai Bambang

Obyek wisata Pantai Bambang telah dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas yang nyaman bagi pengunjung.

  • Area parkir yang luas untuk kendaraan
  • Warung makan dan jajanan turis
  • Toilet umum
  • ruang sholat
  • Tempat foto
  • Payung dan tikar pantai
  • Belvedere
  • Markas besar
  • Area perkemahan

Tempat Wisata Di Sekitar Pantai Bambang

  • Pantai Watu Pecak
  • Pantai Watu Godeg
  • Wisata Gunung Tambuh Raya Idaman

Video Pantai Bambang

Video Pantai Bambang berikut dikutip dari channel: PIKIK GRATIS

Penutupan

Wisata Pantai Bambang merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Wisata pantai yang cukup terkenal menawarkan keindahan laut lepas dengan ombak yang cukup besar.

Memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Tempat piknik dan liburan keluarga didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai dan nyaman bagi wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button