Tempat Wisata

Pantai Bandar Segara, wisata bahari dengan panorama alam yang mempesona di Probolinggo

Ketika Anda mengunjungi Pantai Bandar Segara di Probolinggo Anda tidak perlu khawatir bosan karena pantai yang indah ini memiliki banyak daya tarik yang ditawarkan.

harga tiket: 2.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: JL Bandar Segara, Gandean Ngemplak, Dringu, Kec. Dringu, Kab.Probolinggo, Jawa Timur; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Yang sering liburan ke Probolinggo jangan lupa untuk mengunjungi pantai Bandar Segara. Meski namanya tidak sepopuler wisata pantai lainnya di Probolinggo, wisata pantai ini memiliki beberapa daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, wisatawan wajib mengunjunginya setidaknya sekali seumur hidup.

Wisata pantai yang indah ini tidak hanya memiliki keunggulan pemandangan alam, tetapi juga berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di sini, pengunjung tidak pernah bosan. Tentunya hal ini dapat menambah nilai sebuah destinasi wisata.

Pada umumnya orang memilih mengunjungi pantai pada sore hari karena pemandangannya matahari terbenam Di sini tidak kalah indahnya dengan pemandangannya matahari terbenam di Bali dan Lombok. Warga Jawa Timur yang ingin berlibur ke pantai yang indah tidak perlu jauh-jauh ke Bali dan cukup cek saja wisata pantai di Probolinggo ini.

Cek hotel murah di probolinggo

Atraksi yang ditawarkan Pantai Bandar Segara

Objek wisata pantai Bandar SegaraFoto: Google Maps/Zall R

Sebelum wisatawan mengunjungi suatu destinasi wisata tertentu, mereka perlu mengetahui atraksi apa saja yang ditawarkan oleh destinasi wisata tersebut. Hal ini juga berlaku jika seseorang ingin mengunjungi pantai indah di Probolinggo ini. Berikut beberapa daya tarik Pantai Bandar Segara yang wajib diketahui banyak orang:

✦ Panorama alam yang menakjubkan

Wisata pantai ini sering disebut sebagai pesona tersembunyi di Kabupaten Probolinggo. Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak betapa indahnya pemandangan alam di sini. Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa salah satu daya tarik pantai indah ini adalah pemandangannya.

Ratusan pohon cemara berdiri berdampingan di kawasan pantai membuat suasana sejuk semakin terasa. Bahkan banyak juga pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai kawasan sebelum pernikahan, karena panorama alamnya sangat indah. Nantinya, pengunjung bisa semakin menikmati keindahan alam dengan menaiki perahu motor yang telah disediakan.

✦ Tempat berburu kuliner

Daya tarik selanjutnya dari Bandar Segara adalah terdapat banyak restoran bagus di sekitar pantai. Sehingga pengunjung tidak perlu keluar untuk menikmati kelezatan masakan tersebut. Setelah mengisi, calon pengunjung bisa kembali bermain di kawasan pantai.

Mulailah dengan makanannya makanan laut, makanan khas Probolinggo, hingga minuman menyegarkan tersedia disini dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, wisata bahari cocok tidak hanya sebagai tempat permainan air, tetapi juga sebagai tempat wisata kuliner.

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

✦ Tampilan hiu tutul langka

Alasan lain semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sini adalah karena setiap akhir tahun pengunjung bisa melihat hiu macan tutul berenang di sekitar pantai. Namun saat berwisata, pengunjung harus tetap waspada karena hiu adalah ikan yang cukup ganas.

Secara umum, orang bisa melihat hiu macan tutul ini dengan menyewa perahu milik nelayan setempat. Dengan penyewaan perahu ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya dengan lebih santai. Momen liburan bisa menjadi lebih tak terlupakan dengan cara ini.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Bandar SegaraFoto: Google Maps/Didiek AS

Pantai Bandar Segara berada di kawasan strategis yaitu di jalur Pantura, Desa Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pantai mempesona ini tidak jauh dari Pasar Dringu, tepatnya hanya sekitar 2,6 km. Jika Anda datang dari arah Pasar Dringu, hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit.

Meski belum ada petunjuk arah yang jelas menuju lokasi, kami sarankan untuk memulai perjalanan dari arah utara Distrik Dringu. Setelah sampai di perempatan sisi utara kecamatan, pengunjung hanya perlu menempuh jarak maksimal 1 km.

Oleh karena itu, jalur ini lebih direkomendasikan untuk pengunjung dari luar kota. Dua jenis medan jalan yang harus dilalui selama wisata pantai, yaitu jalan beraspal sepanjang 800 meter dan jalan tanah sepanjang 200 meter. Kedua jenis medan jalan ini harus diperhatikan agar kenyamanan perjalanan bisa lebih mudah dicapai.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pantai Bandar SegaraFoto: Google Maps/Hafid Nur Bakhtiar

Pantai yang buka 24 jam ini tidak memungut biaya masuk kepada para pengunjungnya, sehingga minat masyarakat untuk berkunjung semakin meningkat. Meski tidak ada tiket masuk yang harus dibayar oleh pengunjung, namun wisata pantai ini menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Beberapa dari mereka adalah:

1. Memancing

Masyarakat yang memiliki hobi memancing dapat memanfaatkan keberadaan Pantai Bandar Segara untuk menekuni hobinya. Saat memancing di kawasan pantai yang indah ini, pengunjung bisa menyewa perahu milik nelayan setempat. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan karena para nelayan menjamin keamanan pengunjung.

2. Bermain air di Pantai Bandar Segara

Aktivitas lain yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Bandar Segara adalah bermain air. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa yang ingin bersenang-senang. Orang tua yang mengajak anaknya bermain di air harus selalu memantau gerak-gerik anaknya.

Hal ini harus dilakukan demi keselamatan para pengunjung itu sendiri. Pengunjung yang tidak bisa berenang tetapi ingin bermain air di pantai bisa membawa dan menggunakan jaket pelampung. Karena di kawasan pantai ini masih belum ada tempat persewaan pelampung.

3. Piknik

Karena terdapat ratusan pohon cemara yang berdiri berdekatan di sekitar Pantai Bandar Segara, membuat pengunjung tertarik untuk berpiknik di bawah kesejukan pohon-pohon tersebut. Banyak pengunjung yang datang ke sini membawa tikar sendiri untuk piknik.

Angin sepoi-sepoi, udara yang sejuk, dan pasir yang lembut akan semakin menambah kenyamanan pengunjung saat bersantai. Oleh karena itu, tidak heran jika jumlah pengunjung pantai ini semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan, ada beberapa pengunjung yang juga memilih berkemah di pinggir pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas pantai Bandar SegaraFoto: Google Maps/Cahyo Dian

Dibandingkan dengan wisata pantai yang sudah terkenal, fasilitas di Pantai Bandar Segara masih tergolong kurang baik. Meski demikian, wisata pantai ini tetap memiliki beberapa fasilitas yang dibutuhkan pengunjungnya. Berikut fasilitas yang tersedia di area pantai:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • ruang pencuci piring
  • warung makan dan minum
  • paviliun
  • persewaan perahu

Meski saat ini jumlah fasilitas masih terbilang sedikit, namun manajemen akan terus melakukan perbaikan agar pengunjung semakin nyaman berlibur di sini. Tidak menutup kemungkinan wisata bahari akan dilengkapi fasilitas yang lebih banyak dalam beberapa tahun mendatang.

Anda tidak perlu berkendara jauh-jauh ke Bali untuk menikmati pemandangannya matahari terbenam Ini indah karena Pantai Bandar Segara Probolinggo juga memiliki pemandangan yang menakjubkan ini. Bahkan, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati segala macam aktivitas di sini. Tentunya hal ini dapat mengakibatkan wisatawan lebih menghemat biaya liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button