Berita Wisata

Pantai Bandengan, Tempat Wisata Terbersih Kabupaten Jepara

Jepara Jawa Tengah-Kompas86.com

memiliki pasir pantai dengan tekstur halus yang berwarna putih bersih. Romantisme di pantai yang sangat indah bagi setiap pasang mata yang memandangnya. pantai yang dimaksud adalah Pantai Tirto Samudro, atau orang biasa menyebutnya Pantai Bandengan.

Pantai Kabupaten Jepara dikelola oleh pemerintah setempat bersama dengan masyarakat setempat sehingga kualitas wisata dan keindahan alam pantai yang ditawarkan tidak berubah sejak awal.

Selain pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki banyak unsur sejarah yang bisa digali sebagai hal yang menarik. Konon RA Kartini pernah mengunjungi tempat ini bersama teman-temannya. Apalagi Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria yang menyebarkan ajaran Islam, melewati pantai yang penuh bandeng ini dan menamakannya Bandengan.

Pantai adalah tempat paling berkesan bagi pecinta matahari terbenam atau “anak-anak senja”, istilah yang cukup terkenal di kalangan Gen Z. Pantai adalah tempat yang nyaman bersama “sahabat” dan keluarga, untuk sekadar mengisi ulang atau mencari inspirasi, sambil menikmati matahari dan secangkir kopi. . Dan kenyamanan ini dapat ditemukan di Pantai Bandengan yang diakui sebagai pantai terbersih di antara tempat wisata di kabupaten Jepara.

Pj Bupati Jepara Edy Suprianta mengatakan kepada Kompas86.com bahwa kebersihan pantai wisata Bandengan harus dijaga agar status pantai terbersih dapat dipertahankan sehingga dapat dijadikan acuan dan contoh oleh pengelola pariwisata lainnya.

Sementara itu, Pengelola Pantai Bandengan Subiyanto mengatakan, “Kolaborasi dan kerjasama semua pihak, mulai dari masyarakat (pengunjung pantai dan warga sekitar), pengelola pantai, menjadi kunci sukses dalam mengelola keindahan dan kebersihan pantai. ,” jelasnya.

Juga menurut direktur, dasar dari kerjasama tentu saja adalah identifikasi masalah yang mendalam, perumusan masalah, rencana aksi dan solusi yang disepakati bersama dan terintegrasi. Terakhir, pelibatan masyarakat secara umum dan peningkatan SDM pengelola pantai menjadi kunci utama percepatan keberhasilan pengelolaan pariwisata, kata Subiyanto. (Bulat)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button