Tempat Wisata

Pantai Banyu Tibo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang menawarkan banyak wisata indah. Kabupaten ini terletak di sebelah barat daya Provinsi Jawa Timur, dengan Provinsi Jawa Tengah di perbatasan baratnya. Pacitan juga disebut sebagai kota 1001 goa. Karena di Pacitan terdapat ribuan gua. Tidak hanya terdapat beberapa goa yang eksotis namun juga objek wisata pantai yang indah seperti pantai-pantai lainnya di Indonesia. Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu pantai terindah di Samudera Selatan.

Banyu Tibo adalah istilah Jawa untuk air yang jatuh. Di tempat ini terdapat air terjun kecil yang jatuh dari sungai di atas tebing. Nama ini jelas menggambarkan lokasi pantai tersebut, dimana di sudut pantai di atas batu besar mengalir air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Di kiri dan kanan pantai terdapat bebatuan besar, menjulang tinggi dan terjal yang melengkapi eksotisme Pantai Banyu Tibo.

Sekilas mungkin anda mengira pantai ini identik dengan pantai lainnya, namun ada hal unik yang bisa anda temukan disini yaitu adanya air terjun di pantai ini, dimana anda tidak hanya bisa bermain air sesuka hati, melainkan Underwater. air terjun yang airnya tidak pernah berhenti walaupun musim kemarau. Anda dapat menikmati momen ini bersama teman atau keluarga Anda. Menariknya, meskipun dekat dengan pantai, airnya tidak asin karena merupakan air tawar dari sungai dan pegunungan di wilayah Pacitan. Jika Anda suka memancing, Anda tidak hanya bisa bermain air di sana, tetapi juga menangkap ikan. Biasanya setiap malam pantai Banyu Tibo ramai oleh masyarakat lokal yang ingin menangkap ikan. Karena tebing berada di atas pantai, Anda bisa mencoba teknik memancing untuk menikmati memancing.

Luas Pantai Banyu Tibo sendiri sebenarnya tidak begitu luas, bahkan jika Anda datang pada saat air pasang, Anda hanya bisa menikmati pemandangan dari atas tebing. Namun saat air surut, Anda bisa bermain bebas di pantai dengan pasir lembut berwarna putih kecoklatan dan merasakan kesegaran air terjun dari dekat. Batuan karst yang mengelilingi pantai ini juga menambah keindahan alam yang membuat wisatawan semakin jatuh cinta.

Karena letaknya yang agak tersembunyi, pantai ini masih belum banyak dikunjungi orang, jadi manfaatkan kesempatan ini karena Anda bisa bermain bebas di pantai tanpa terganggu keramaian.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Pantai Banyu Tibo jangan khawatir karena ada beberapa fasilitas yang bisa anda temukan dan gunakan seperti :

– Kamar mandi umum

Pastinya kamar mandi merupakan fasilitas yang sering dicari wisatawan saat berkunjung ke pantai, karena setelah berjam-jam bermain di pasir pantai, kita perlu membilas badan sebelum melanjutkan perjalanan pulang. Sangat mudah untuk menemukan kamar mandi di sini yang juga memiliki ruang ganti setelah bermain di pantai.

– Area parkir

Jika Anda membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, Anda juga tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraan Anda di mana karena tempat wisata ini menawarkan tempat parkir kendaraan bermotor yang cukup luas dengan biaya yang murah.

– Bilik atau tempat makan

Setelah berjam-jam bermain di bawah air terjun atau di pantai, Anda juga akan merasa haus dan lapar. Malas menyiapkan makanan dan minuman dari rumah? Tenang saja, di sekitar Pantai Banyu Tibo sudah ada beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman untuk wisatawan. Harganya juga cukup terjangkau.

Berburu foto di Pantai Banyu Tibo

Meski tempat ini tidak terlalu luas, Anda tetap bisa berfoto dengan leluasa. Dengan background pantai yang indah, kamu bisa berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan pemandangan di sekitar pantai, terutama di dekat air terjun yang tidak banyak terdapat pantai. Dari atas tebing juga bisa dijadikan tempat yang menarik untuk berfoto karena pemandangannya lebih jelas. Saat matahari terbenam, Anda juga bisa menikmati pemandangan indahnya langit jingga yang kontras dengan birunya lautan.

Baca Juga: Sungai Maron, Wisata di Jawa Timur dengan Sensasi Ala Hutan Amazon

Akses jalan menuju Pantai Banyu Tibo

Kota Pacitan: Jika ingin ke Pantai Banyu Tibo, bisa ke Kecamatan Punung terlebih dahulu. Setelah sampai di kecamatan Punung, lurus menuju pertigaan Kalak (yaitu menuju Goa Gong). Setelah sampai di pertigaan Kalak, anda bisa belok kiri dan itu adalah jalan menuju Pantai Klayar. Setelah 50 meter Anda akan sampai di pertigaan. Di pertigaan ambil arah kanan mengarah ke Pantai Buyutan dan Pantai Banyu Tibo. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti jalan beraspal hingga bertemu pertigaan dan tinggal belok kiri menuju jalan beton. Anda sudah hampir mencapai Pantai Banyu Tibo. Anda tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Banyu Tibo dan Anda akan sampai di tempat tujuan.

Biaya masuk ke Pantai Banyu Tibo

  • Biaya masuk: Rp 8.000/orang (tidak termasuk parkir)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Banyu Tibo

Tips berlibur ke Pantai Banyu Tibo

  • Jangan lupa membawa baju ganti
  • Kenakan sepatu yang nyaman karena Anda harus berjalan menuruni tebing untuk sampai ke pantai
  • Jangan dibuang
  • Hati-hati menuruni tebing

Galeri foto Pantai Banyu Tibo

Selamat datang di Pantai Banyu Tibo
Gambar Pantai Banyu Tibo
Menikmati keindahan pantai
Air terjun di Pantai Banyu Tibo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button