Tempat Wisata

Pantai Barombong, keindahan alam yang mempesona, ombak yang tenang, dan pemandangan matahari terbenam yang mempesona di Makassar

Nikmati keajaiban Pantai Barombong di Makassar dengan keindahan alamnya ombak yang menakjubkan, tenang, dan matahari terbenam yang spektakuler.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Selat, Barombong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.; Map: Periksa lokasinya

Pantai tersebut saat ini masih menjadi tujuan wisata populer banyak orang. Sebagian besar wilayah Indonesia mempunyai pantai, termasuk Makassar. Pantai Barombong menjadi salah satu yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Bukan tanpa alasan daya tariknya menarik setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Mengunjungi wisata bahari ini memang selalu menyenangkan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Umumnya mereka yang datang ke pantai indah ini menghabiskan waktu seharian penuh. Ada yang berjemur, bermain air, berenang dan juga bermain pasir. Semuanya seru, terutama bagi anak-anak.

Pantai ini memiliki pasir hitam lembut yang kalah menarik dibandingkan pasir putih. Hanya karena kelembutannya yang hampir tidak terasa saat diinjak, banyak pengunjung yang merasa nyaman dan memanfaatkannya untuk bermain. Ombaknya relatif tenang, namun ada juga saat gelombang tinggi dan angin kencang.

Daya Tarik Pantai Barombong

Objek Wisata Pantai Barombong MakassarFoto oleh Irwan Joyanto / Google Maps

Pantai Barombong Makassar setiap hari ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya warga lokal, wisatawan dari kota pun juga menyempatkan diri untuk mampir. Bukan tanpa alasan banyak sekali daya tarik yang ada di pantai eksotik ini. Berikut adalah beberapa dari banyak atraksi yang dapat kami kumpulkan!

1. Keindahan lingkungan

Secara keseluruhan, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Air lautnya relatif jernih di bagian tengah, kadang hijau, kadang biru. Perbedaan warna ini umumnya disebabkan oleh arus laut. Saat arusnya kuat, air biasanya berubah warna menjadi coklat. Sebaliknya jika arusnya tenang, air terlihat lebih jernih dan hijau.

Di Pantai Barombong Anda bisa menikmati lebih dari sekedar pemandangan laut. Di sebelah kiri pantai terdapat dermaga yang berfungsi sebagai tempat pendaratan perahu nelayan. Sedangkan di sebelah kanan terdapat jalan yang terbuat dari bebatuan karang yang menjorok ke laut. Nelayan mencari ikan di pantai ini.

Jadi, selain melihat pantai, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas para nelayan setempat. Mereka mendapatkan ikan dengan jaring, jenis ikannya bermacam-macam. Di sisi lain, pasir hitam yang terbentang jauh juga indah. Pada siang hari, butiran pasir ini sedikit berkilau karena mengandung garam yang terkena sinar matahari.

2. Pantai dengan ombak yang tenang

Seperti yang sudah disebutkan, ombak di Pantai Barombong tergolong tenang. Kebanyakan ombaknya tidak terlalu tinggi, hanya ombak kecil yang mendekati bibir pantai. Meski terkadang terjadi ombak besar, namun hal ini sangat jarang terjadi. Biasanya ombak besar disertai angin kencang.

Karena ombaknya tenang, aktivitas pantai tidak terlalu mengkhawatirkan. Anda bisa bermain air atau bahkan berenang di tepiannya. Selain itu, Anda juga bisa bermain di pasir yang lembut. Namun bagi yang ingin berenang sebaiknya berhati-hati karena beberapa waktu lalu sempat terjadi kasus wisatawan tenggelam.

3. Tersedia tempat memancing

Dengan bebatuan yang menjadi akses jalan menuju tengah laut, Pantai Barombong Makassar menjadi tempat memancing yang sangat cocok. Ikan biasanya bersembunyi di bebatuan tersebut untuk mencari dan menunggu mangsa. Beberapa ikan yang menjadi incaran pemancing adalah ikan kakap merah dan ikan kakap putih, ada juga ikan kerapu.

Selain jalan berbatu, area bawah dermaga juga kerap dijadikan tempat memancing. Tentu hal ini tidak mengherankan, karena ikan biasanya berkumpul di sana. Namun, karena tidak ada tempat persewaan alat pancing di area tersebut, Anda perlu membawa alat pancing sendiri dari rumah dan umpan jika diperlukan.

4. Pemandangan matahari terbenam

Pantai Barombong tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Makasar pada umumnya. Di sini juga terdapat pemandangan alam matahari terbenam yang menakjubkan. Umumnya warga sekitar datang ke sini pada sore hari untuk menikmati pemandangan alam yang indah tersebut. Sore harinya juga cukup banyak pengunjung dari luar kota.

Biasanya mereka datang pada siang atau sore hari. Keindahan matahari terbenam atau terbenamnya matahari memang tiada tandingannya. Warna oranyenya menyatu dengan cerahnya langit biru di sore hari. Perpaduan kedua warna ini menciptakan gradasi yang indah. Belum lagi awan putih yang menggantung, panoramanya pun terlihat semakin sempurna.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Barombong MakassarFoto oleh Irwan Joyanto / Google Maps

Mengunjungi Pantai Barombong Makassar tidaklah sulit karena lokasinya yang strategis. Jarak dari pusat kota diperkirakan hanya 15 kilometer. Biasanya jalur ini dapat ditempuh kendaraan bermotor dalam waktu 40 menit. Tentunya waktu tersebut tergantung pada kondisi jalan dan juga kecepatan rata-rata kendaraan.

Mengenai rutenya, ada banyak pilihan dan tentu saja tergantung dari arah mana Anda datang. Jika Anda datang dari pusat kota atau alun-alun, sebaiknya ambil arah Jalan Toddopuli Raya lalu Jalan AP Pettarani. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Sultan Alauddin, lalu Jalan Baji Minasa dan Jalan Manunggal 22.

Jarak dari Pantai Barombong masih sekitar 6 kilometer dari titik ini. Silakan ambil rute ke Jalan Danau Tanjung Bunga. Dari sini Anda akan melewati banyak pantai, seperti Pantai Ak because dan Pantai Tanjung Bayang. Sesampainya di Jalan Permandian Alam, ikuti rambu yang ada di sekitar lokasi hingga tiba di destinasi wisata.

Jika Anda bepergian dengan kendaraan pribadi, silakan langsung menuju tempat parkir setibanya di lokasi. Pantai indah di Makasar ini tidak memerlukan tiket masuk alias gratis. Hanya saja Anda perlu mengubah sewa kavling untuk parkir kendaraan. Bagi yang membawa sepeda motor dikenakan tarif sebesar 2.000 rupiah, sedangkan bagi yang membawa mobil dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Barombong MakassarFoto oleh Irwan Joyanto / Google Maps

Pantai Barombong Makassar tidak hanya menarik, banyak juga aktivitas yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya dalam hal ini tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Anda bisa berenang, bermain air, bermain pasir, memancing dan lain sebagainya.

Nikmati pemandangan alam

Pantai di Makassar ini sangat indah dan sangat layak untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati semua panorama sambil bersantai di sela-selanya. Anda juga bisa melakukan hal lain, seperti berjalan menyusuri tepian pantai atau berjalan kaki hingga ke ujung dermaga. Deburan ombak, pasir hitam, dan hembusan angin selalu menemani pantai ini.

Cobalah spot mancing di Pantai Barombong

Seperti yang telah disebutkan, ada tempat memancing yang populer di Pantai Barombong. Tak hanya dari sekitar, ada juga yang sengaja datang dari luar kota. Jika Anda suka memancing, tidak ada salahnya mencoba spot baru. Cobalah untuk menggunakan umpan hidup karena ikan besar biasanya lebih menyukainya.

Berenang dan bermain air

Faktanya, tidak semua pantai bisa dijadikan resor tepi laut. Bahkan ada pula yang dilarang karena dianggap berbahaya. Tidak demikian halnya di pantai eksotik ini, di sini Anda bisa berenang dan bermain air dengan leluasa. Namun demi keamanan, sebaiknya jangan melangkah terlalu jauh di tengah dan juga berhati-hati terhadap gelombang yang datang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Barombong MakassarFoto oleh Irwan Joyanto / Google Maps

Meski saat ini gratis untuk dikunjungi, namun fasilitas di Pantai Barombong Makassar tidak kalah dengan pantai berbayar lainnya. Fasilitas penting tersedia di sini antara lain tempat parkir mobil, toilet, dan musala. Tak jauh dari tempat wisata terdapat warung-warung yang menjual berbagai menu makanan dan minuman, terutama aneka seafood.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata bahari di Makassar ini. Tentu banyak pertimbangan sebelum mengunjungi tempat wisata. Setelah membaca review yang kami berikan, kemungkinan besar Anda akan setuju kalau Pantai Barombong masih layak untuk dikunjungi saat akhir pekan atau liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button